Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

LATIHAN MODUL 4 PEMBELAJARAN 2 PADA MATA KULIAH PERSPEKTIF GLOBAL

Print PDF

  1.    Negara terbelakang adalah negara yang kemampuan SDM-nya masih sangat rendah dalam menguasai dan memanfaatkan IPTEK untuk menggali sumber daya alam serta lingkungan bagi kemakmurannya. Negara sedang berkembang adalah negara yang kemampuannyadan penguasaan IPTEK-nya lebih maju. Kelompok ini telah memanfaatkan IPTEK dalam mengolah sumber daya alam dan lingkungan. Meskipun masih berbobot tradisional. Negara maju adalah negara yang telah menguasai dan memanfaatkan IPTEK canggih dalam kehidupannya. Negara-negara ini identik dengan negara industri. Tingkat pendidikan dan ekonomi dan pendapatannya sudah rata-rata tinggi.
  2.     “menjadi tuan dirumah orang, dan menjadi budak di rumah sendiri” maksudnya adalah suatu negara yang kaya akan sumber daya alam, tidak dapat menikmati kemakmuran dari potensi sumber daya tersebut jika kemampuan budaya (penguasaan IPTEK) masih sangat rendah. Kebalikannya negara yang lingkungannya hanya memiliki sumber daya alam yang terbatas. Mampu memanfaatkan sumber daya yang terbatas tadi bagi kemakmuran masyarakatnya bahkan bagi masyarakat terakhir ini. selain itu sumber daya yang ada di negara lain, dapat mereka manfaatkan. Jadi makna dari ungkapan tersebut adalah memanfaatkan kekayaan dari suatu negara untuk negaranya sedangkan kekayaan dari negaranya sudah sangat menipis.
  3.    Saling ketergantungan memiliki makna yakni saling membantu baik antar negara, wilayah, masyarakat, dll. Yang memerlukan bantuan serta menyumbangkan sesuatu kepada yang membutuhkan sesuai dengan kemampuan yang memiliki.
  4.       Keterkaitan antara kekuasaan, konflik dengan perdamaian dalam kehidupan sosial. Kekuasaan merupakan suatu faktor penting di dalam masalah konflik. Mengapa, karena konflik  bisa terjadi dikarenakan adanya perebutan kekuasaan. Sedangkan konflik merupakan kondisi yang selalu potensial untuk terjadi. Sedangkan perdamaian adalah kondisi yang sangat rawan bisa terjadinya konflik. Karena ada faktor kecil saja yang memicu konflik yang mengarah pada perang panas dapat terjadi.
  5.       Jati diri adalah merupakan karakter internal yang dimiliki bangsa, negara, masyarakat, keluarga dan pribadi yang menjadi modal dasar mengantisipasi masalah-masalah regional, internasional, serta global yang menggangu dan mengancam diri kita sendiri. Sedangkan kemandirian merupakan kekuatan internal yang menjaga diri dari pendiktean permainan pihak lain yang bermaksud mencari keuntungan dari kelemahan kita. Dalam dinamika kerja sama dan saling ketergantungan, kemandirian ini memperkuat kedudukan kita di tengah-tengah.

Posting Komentar

0 Komentar