Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SD

KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SD

LATIHAN 1

1. Pendapat saya, semua masalah bisa untuk dijadikan perbincangan tidak ada salahnya, apalagi masalah yang merupakan kepentingan bersama, itu perlu karena negara kita ini adalah negara demokrasi setiap orang berhak untuk mengutarakan pendapat, gagasan serta ide. Contoh masalah yang sangat sering kita dengar menjadi perbincangan adalah pileg, pilgup dan pilpres. Itu semua yang akan menjadi perbincangan yang sangat besar untuk masyarakat karena menyangkut kemajuan negara.
Salah satu contoh persoalan sipil militer, mengapa masyarakat masih terlalu riskan untuk memperbincangkan masalah tersebut padahal hal itu juga termasuk masalah negara ? karena masyarakat kita masih melihat bahwa masih terjalin keharmonisan antara militer dengan masyarakat yang ada di sekitarnya. Perlu kita pahami bahwa militer adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat. Bahkan yang menjadi militer adalah seluruh rakyat yang sedang bertugas sebagai kekuatan bersenjata untuk membela negara.
Berdialog, karena fungsi utama dialog adalah bertukar pikiran, mencapai mufakat atau merundingkan suatu masalah. Berdialog dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan bahkan tentang apa saja. Berdialog dapat dilakukan sepanjang waktu bisa pagi, sore, bahkan malam.
2. Hal-hal yang membedakan musyawarah dengan diskusi.
a. Dalam musyawarah ada istilah Voting, sedangkan dalam diskusi tidak ada
b. Dalam musyawarah dipimpin oleh pinpinan sidang sedangkan dalam diskusi dipimpin oleh moderator.
c. Dalam musyawarah kesimpulan diambil dari perpaduan dari beberapa pendapat. Sedangkan diskusi kesimpulan diambil dari alasan yang masuk akal.
3. Musyawarah merupakan suatu sistem pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan mengakomodasi semua kepentingan sehingga tercipta satu keputusan yang di sepakati bersama dan dapat dijalankan oleh seluruh peserta yang mengikuti musyawarah. Selain itu, musyawarah dapat digunakan untuk mendapatkan solusi untuk menghadapi berbagai masalah dalam hidup bermasyarakat. Dengan musyawarah pengetahuan dan wawasan akan bertambah, serta melatih argumen.
Dalam musyawarah dapat dilakukan sesuai dengan karakteristik masyarakat itu sendiri, ciri lain dari musyawarah yaitu bersifat kekeluargaan. Sedangkan diskusi hampir sama dengan musyawarah adalah suatu pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Dalam diskusi proses kesimpulan di laksanakan berdasarkan alasan yang masuk akal. Selain itu, kesimpulan diambil dari banyaknya persamaan pendapat.
4. Cara mempersiapkan diri untuk berpidato.
a. Menyiapkan bahan untuk pidato
b. Membuat naskah pidato.
c. Pemilihan cara berpidato (metode naskah)
d. Memerlukan latihan.
Langkah-langkah pidato yang menarik perhatian pendengar adalah :
1. Langsung menyebutkan pokok persoalan
2. Melukiskan latar belakang masalah
3. Menghubungkan dengan peristiwa mutakhir atau kejadian yeng tengah menjadi pusat perhatian khalayak.
4. Menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati.
5. Menghubungkan dengan tempat komunikator berpidato.
6. Menghubungkan dengan suasana emosi yang tengah meliputi khalayak.
7. Menghubungkan dengan kejadian sejarah yang terjadi di masa lalu.
8. Menghubungkan dengan kepentingan vital pendengar.
9. Memberi pujian kepada khalayak atas prestasi mereka.
10. Memulai dengan pertanyaan yang mengejutkan.
11. Mengajukan pertanyaan provokatif dan serentetan pertanyaan.
12. Menyatakan kutipan.
13. Menceritakan pengalaman pribadi.
14. Mengisahkan cerita faktual, fikir atau situasi hipotesis.
15. Menyatakan teori atau prinsip-prinsip yang diakui kebenarannya.
16. Membuat humor.


Print PDF


































Posting Komentar

0 Komentar