Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

ROBERT BOYLE ADALAH AHLI GAS DAN KIMIA

Robert Boyle adalah seorang putra bangsawan inggris yang kaya raya. Robert Boyle merupakan putra ke empat belas dari Earl of Cork. Robert Boyle memiliki keinginan untuk mengungkap misteri yang menyelubungi alam semesta. Dalam benda padat ada hukum yang berlaku, berarti dalam benda cair dan gas pasti memiliki hukum yang berlaku juga.
Pada tahun 1654, Robert Boyle kembali ke Inggris dan menetap di Oxford.  Robert Boyle baru membuat tabung gas dan memperhatikan tabung tersebut, Dia merasa bahwa dirinya tidak dapat mengadakan percobaan hanya dengan seorang diri.
Udara yang terdapat dalam tabung bisa di keluarkan dengan cara di hisap, hal ini dibuktikan bahwa udara dalam tabung dapat dikosongkan.
Didalam ruangan hampa udara, bunyi tidak bisa menjalar. Hal ini memperkuat teori Galileo bahwa sebongkah timah hitam dan bulu unggas akan jatuh dengan kecepatan yang sama bila tidak ada udara.
Udara sangat berfungsi dalam menyampaikan suara atau bunyi. Tanpa udara, bunyi atau suara tidak akan bisa sampai ke tempat yang dituju seperti telingan kita.
Robert Boyle melakukan percobaan dengan berbagai gas. Akhirnya ia mengemukakan teorinya tentang gas, jika gas tersebut mendapat tekanan. Hukum atau teorinya tersebut dikenal sampai sekarang dengan Hukum Boyle.
Kesimpulannya bahwa semua penemuan dan percobaan yang dilakukan Robert Boyle ternyata dapat dibuktikan.
Dikutip dari buku :
Astia. 2011.Tiga Orang Penemu Ilmu Pengetahuan. Jakarta Timur. Penerbit Multazam Mulia Utama.

Posting Komentar

0 Komentar