Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

MATERI PELAJARAN I (BAGIAN 1) : VARIASI GERAK DASAR LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR, DAN MANIPULATIF DALAM PERMAINAN BOLA BESAR KELAS 4


Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari orang dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melalui permainan sepak bola, pemain diarahkan saling bekerja sama bersikap disiplin dan sportif, serta bertanggung jawab. Gambar di atas menunjukkan anak-anak sedang bermain sepak bola. Pada permainan sepak bola, terdapat variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar dalam permainan sepak bola? Mari, kita pelajari bersama-sama.

Pada Gambar 1.1, tampak beberapa anak bermain sepak bola. Aktivitas fisik tersebut termasuk permainan bola besar. Contoh aktivitas fisik lain yang termasuk permainan bola besar adalah permainan bola voli dan bola basket. Dalam permainan bola besar, terdapat variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Jika dilakukan secara disiplin dan sportif, aktivitas bermain bola besar dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Kamu ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, bukan? Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, berolahragalah secara rutin. Kamu hendaknya bersyukur dikarunia tubuh sehat dan bugar dengan cara menjaga kesehatan.

A. Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar. Dalam permainan ini, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh). Sebelum membahas variasi gerak dasar dalam permainan sepak bola, lakukan kegiatan berikut.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kamu dapat menunjukkan variasi (macam) gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola. Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam sepak bola? Bagaimana mempraktikkan variasi gerak dasar tersebut? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola
 
Bagaimana bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola? Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan aktivitas berpindah tempat. Variasi gerak dasar lokomotor dapat dilakukan dalam gerakan
menendang, menghentikan, dan menggiring bola.

a. Melangkah dan Berlari

Amatilah variasi gerak dasar lokomotor seperti Gambar 1.2. Pada gambar, tampak seorang anak berjalan dan berlari (gerak lokomotor). Aktivitas berjalan dan berlari menunjukkan pergerakan tanpa bola. Peragakan gerakan seperti gambar.


Gambar 1.2 menunjukkan gerak melangkah dan berlari. Melangkah dan berlari merupakan contoh variasi gerak lokomotor. Kamu dapat melakukan gerak melangkah dan berlari ke berbagai arah.

b. Berjalan dan Berlari Berkelok-kelok


Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor seperti Gambar 1.3? Diskusikan variasi gerak dasar lokomotor dalam berjalan dan berlari berkelok-kelok bersama orang tuamu! Gunakan berbagai
sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. 

c. Berlari dan Melompat

Bagaimana gerak berlari dan melompat dalam permainan sepak bola? Amatilah variasi berlari dan melompat seperti Gambar 1.4. Peragakan variasi gerak tersebut seperti Gambar 1.4 secara disiplin.
Amatilah gerakanmu dengan video yang kamu rekam melalui handphone dan bandingkan dengan gerakanmu yang selanjutnya. Jelaskan hasil pengamatanmu di dalam sebuah buku dan laporkan kepada gurumu.


Variasi gerak dasar lokomotor ini dapat dilakukan dalam gerakan menyundul bola. Variasi gerak dasar ini diawali dengan berlari, kemudian melompat. Saat melayang di udara, ikuti ayunan lengan untuk memperoleh gaya dorong. Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk mengoper bola kepada kawan satu tim atau mencetak gol ke gawang tim lawan.

2. Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola. Selanjutnya, kamu akan berlatih variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola. Bagaimana caranya?

a. Menekuk dan Mengayun Kaki

Amatilah variasi gerak nonlokomotor seperti gambar 1.5! Gambar tersebut menunjukkan variasi gerak menekuk dan mengayun kaki. Bagaimana caranya?
  1. Buka kaki selebar bahu. Satu kaki ditekuk (misalnya kaki kiri) dan kaki kanan ditarik ke belakang. 
  2. Ayunkan kaki kanan ke depan. Pandangan ke arah depan. 
  3. Lakukan gerakan mengayun dengan kuat. Gerakan ini diikuti ayunan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

b. Berdiri, Menekuk Kaki, dan Menarik Kaki

Apa yang dapat dilakukan saat menerima operan dari teman? Menekuk dan menarik kaki, jawabannya! Dalam gerakan ini, kamu dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor. Amatilah Gambar 1.6 berikut.


Apa yang dapat kamu ceritakan dari Gambar 1.6? Gambar tersebut menunjukkan variasi gerak dasar nonlokomotor. Langkah-langkah variasi gerak dasar nonlokomotor sebagai berikut.
  1. Sikap awal, berdiri tegap, kaki sejajar. Pandangan lurus ke depan.
  2. Pelaksanaannya, angkat kaki sambil menekuk lutut.
  3. Sikap akhir, tarik kaki ke arah belakang. Gerakan ini digunakan untuk belajar menghentikan bola.
c. Meliukkan Badan ke Belakang dan Mengayunkan Badan 

Bagaimana cara melakukan variasi gerak meliukkan badan ke belakang dan mengayun badan ke depan? Dalam permainan sepak bola, variasi gerak ini tampak dalam gerakan menyundul bola. Awalnya, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Badan diliukkan ke belakang, kedua tangan diangkat di samping kepala. Ayunkan badan ke depan. Amatilah Gambar 1.7 berikut.


d. Berdiri dan Mengayunkan Lengan

Amati saat pesepak bola melakukan lemparan bola ke dalam. Dalam gerakan ini, kamu dapat melihat variasi gerak dasar nonlokomotor. Pesepak bola tersebut berdiri, meliukkan badan, dan mengayun lengan dalam lemparan bola ke dalam. Lakukan gerakan yang kamu amati tanpa menggunakan bola. 

3. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan sepak bola. Selanjutnya, kamu akan belajar variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola. Lakukan pembelajaran ini secara sungguh-sungguh. Bagaimana caranya?

a. Menggelindingkan dan Menendang Bola

Dalam sepak bola, gerakan menendang bola sangat sering digunakan. Gerakan ini dapat diawali dengan menggelindingkan bola ke depan. Bagaimana cara melakukan variasi gerak menggelindingkan dan menendang bola? Amatilah Gambar 1.8 berikut.


Gambar 1.8 menunjukkan gerakan menggelindingkan dan menendang bola. Awalnya, bola digulirkan sedikit ke depan, kemudian diikuti menendang bola. Pelaksanaan gerakan ini merupakan variasi gerak dasar manipulatif.

b. Menghentikan dan Menendang Bola

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar manipulatif dalam menghentikan dan menendang bola? Pembelajaran variasi gerak dasar ini dapat dilakukan secara kelompok. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Bentuklah kelompok terdiri atas 8–10 orang. Bagi kelompok menjadi dua yang berdiri saling berhadapan sejauh 6–8 meter. Misalnya, kelompok A dan kelompok B. Berbarislah dalam kelompok secara tertib dan disiplin.
  2. Anggota kelompok A yang berdiri paling depan (pemain A1) menendang bola ke arah anggota kelompok B paling depan (pemain B1). Bola ditendang dengan kaki kanan bagian dalam. Setelah menendang, pemain A1 berlari ke arah belakang dari barisannya. 
  3. Pemain B1 menghentikan bola dengan kaki kanan bagian dalam. Bola ditendang dengan kaki kanan bagian dalam ke arah pemain A2. Pemain B1 segera berlari ke arah belakang dari barisannya. 
  4. Lakukan gerakan ini hingga semua anggota kelompok melakukan variasi gerak menendang dan menghentikan bola. Lakukan dengan kaki kanan dan kiri secara bergantian.
c. Menggiring dan Menendang Bola

Bagaimana cara melakukan variasi gerak menggiring dan menendang bola? Variasi gerak dasar dasar ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan disiplin. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 8–10 orang, misalnya kelompok C, D, dan seterusnya. Berbarislah dalam kelompok masing-masing secara tertib dan disiplin. Siapkan tiang pancang atau corong (cone) untuk tanda garis awal (titik X) dan akhir (titik Y) sejauh 5–7 meter. 
  2. Anggota kelompok C paling depan (pemain C1) menggiring bola ke arah tiang pancang akhir (titik Y). Pemain C1 menggunakan kaki kanan saat menggiring bola. Sesampainya di titik Y, pemain C1 menendang bola ke arah teman kelompoknya (pemain C2). Bola dihentikan oleh pemain C2 dengan kaki kanan bagian dalam. 
  3. Pemain C2 menggiring bola menuju titik Y. Langkah-langkahnya sama seperti pemain C1. Begitu seterusnya, hingga semua anggota kelompok menerima giliran. 
  4. Lakukan latihan ini dengan variasi kaki kanan terlebih dahulu, kemudian kaki kiri. Ingat, perhatikan unsur keselamatan dan keamanan saat berlatih sepak bola.
kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola. Setiap gerak dasar tersebut harus dikuasai pemain sepak bola. Agar dapat menguasai keterampilan variasi gerak dasar, kamu harus berlatih secara disiplin dan tanggung jawab. Sikap inilah yang harus kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar

0 Komentar