RANGKUMAN MATERI IPA : CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP


Ciri-ciri makhluk hidup dapat dibedakan dengan benda mati yaitu memerlukan makanan, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan (iritabilita), bergerak, bernafas, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan (beradaptasi). Makhluk hidup ada di sekitar kita, manusia, hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup. Batu, pasir, besi dan lainnya merupakan bukan makhluk hidup. Bagi Makhluk hidup makanan berguna untuk mendapatkan tenaga atau energi, mengganti bagian sel-sel yang mati atau rusak, membantu pertumbuhan, dan mengatur semua proses di dalam tubuh. Sumber makanan makhluk hidup bermacam-macam contohnya makanan manusia berasal dari tumbuhan dan hewan, sumber makanan hewan adalah tumbuhan dan hewan lain, sedangkan tumbuhan membuat makanannya sendiri.

Pertumbuhan tubuh makhluk hidup mulai dari kecil hingga besar disebut tumbuh. Pertumbuhan makhluk hidup dipengaruhi oleh faktor makanan, usia dan kesehatan, makhluk hidup itu sendiri. Berkembang biak adalah suatu cara makhluk hidup memperbanyak diri agar tidak punah. Tumbuhan berkembang biak dengan cara kawin (generatif) dan tidak kawin (vegetatif). Hewan berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Manusia berkembangbiak dengan cara melahirkan. setiap makhluk hidup dapat menerima dan menanggapi rangsangan yang berasal dari lingkungan.

Makhluk hidup bergerak untuk mencari makan, menghindari musuh, menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tumbuhan bergerak, tapi tidak berpindah tempat. Manusia dan hewan dapat bergerak berpindah tempat. 

Makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya, agar dapat melangsungkan hidupnya dengan baik.bernafas pada makhluk hidup terjadi pada siang dan malam hari. pemeliharaan hewan sangat dipengaruhi oleh makanan, kesehatan dan kandang. Pertumbuhan tanaman sangat di pengaruhi oleh hama, tanah, pupuk dan air.

hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup,makanan, penutup tubuh, cara bergerak, cara berkembang biak dan cara bernafas. 
  • Berdasarkan tempat hidupnya, hewan di kelompokkan menjadi hewan darat, hewan air, hewan amfibi. Hewan amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air.
  • berdasarkan makanan, hewan di kelompokkan menjadi hewan pemakan tumbuhan,hewan pemakan hewan lain (daging), dan hewan pemakan tumbuhan dan daging.
  • berdasarkan penutup tubuhnya, hewan di kelompokkan menjadi hewan berbulu, hewan bersisik, hewan berambut, hewan tidak berbulu/berambut dan hewan bercangkang.
  • berdasarkan cara bergeraknya, hewan berkaki, hewan tidak berkaki, hewan bersirip dan hewan bersayap.
  • berdasarkan cara bernafasnya, ada hewan bernafas dengan paru-paru, insang, dan trakea.
Tumbuhan
Banyak tumbuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, tumbuhan merupakan bagian-bagian tertentu antara lain, akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Akar berguna untuk menghisap makanan dari dalam tanah. Ada akar yang arahnya mendatar dan ada pula arahnya lurus ke dalam tanah. Akar yang lurus ke dalam tanah di sebut akar tunggal.

Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan bagian-bagiannya, yaitu biji, bunga, akar, batang, dan daun. berdasarkan biji, tumbuhan di kelompokkan menjadi tumbuhan biji berkeping dua (tumbuhan dikotil) dan tumbuhan biji berkeping satu (monokotil). berdasarkan bunganya, tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan berbunga dan tumbuhan tidak berbunga. berdasarkan akarnya, tumbuhan di kelompokkan menjadi tumbuhan berakar tunggal dan tumbuhan berakar serabut. Berdasarkan tulang daunnya, tumbuhan di kelompokkan menjadi tumbuhan bertulang daun menyirip, tumbuhan bertulang daun menjari,  tumbuhan bertulang daun sejajar, tumbuhan bertulang daun melengkung. berdasarkan batangnya tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan batang berkayu, tumbuhan batang basah, dan tumbuhan batang rumput.

Akar tumbuhan berguna untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah, menguatkan batang,bernafas, menyimpan cadangan makanan seperti ketela dan kentang. Macam-macam akar tumbuhan antara lain akar serabut seperti pada bambu dan padi, akar tunggal seperti pada akar benalu, akar hisap seperti pada mangga dan jambu, akar lekat seperti pada anggrek, akar tunjang seperti pada pohon akar beringin, akar napas seperti pada tumbuhan bakau, umbi akar seperti pada akar kentang dan ketela pohon. 

Bentuk batang tumbuhan berbeda-beda, batang berbentuk bulat (batang kelapa, batang bambu, batang ketela pohon, batang tebu). batang berbentuk persegi (batang kentang, batang waluh, batang ketimun). Batang tumbuhan berguna untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan, menyimpan cadangan makanan seperti pada tebu.

Sifat-sifat permukaan batang, ada permukaannya licin dan ada juga yang berbulu. warna batang tumbuhan berbeda-beda, ada yang merah, coklat, kuning, dan sebagainya. Bunga sangat berguna bagi tumbuhan dan bagi manusia. ruangan yang dihiasi bunga tampak segar dan indah, bagian-bagian bunga terdiri dari tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga dan benang sari dan kepala putik. jika benang sari jatuh pada kepala putik, terjadilah penyerbukan dan terjadilah penyerbukan yang menghasilkan pembuahan.

Buah mempunyai bentuk, warna, dan bau yang berbeda-beda, buah sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. biji yang di tanam akan menghasilkan tanaman baru. Lembaga adalah bakal tumbuhan baru yang terdiri dari bakal akar, bakal batang dan bakal daun. tumbuhan banyak gunanya antara lain untuk sayuran, buah-buahan, obat-obatan, dan bahan penyedap. Untuk kelangsungan hidupnya tumbuhan memerlukan udara, air, zat-zat (mineral), tanah (media) dan cahaya.

Hewan
Berdasarkan bentuk susunan tulangnya ada hewan dapat di golongkan menjadi 2 golongan, (1). hewan bertulang belakang (Sapi, kerbau, kambing, gajah, harimau, ikan, tikus, buaya, burung dan lain-lain). (2). hewan tidak bertulang belakang (siput, cacing, lalat, belalang, capung, nyamuk, laba-laba, kupu-kupu, udang, dan lain-lain)

Berdasarkan cara hidupnya hewan dapat digolongkan menjadi 2 golongan, (1) Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas. hewan liar terdiri dari 2 kelompok, yaitu : (1) hewan liar yang berguna bagi manusia (lebah, kupu-kupu, cicak, cacing tanah, dan penyu). (2) hewan liar yang merugikan manusia (nyamuk, lalat, walang sangit, babi hutan, ulat dan tikus).

Hewan piaraan adalah hewan yang di pelihara, dirawat atau di ternak oleh manusia karena bermanfaat bagi kehidupan manusia.
(1). hewan yang dapat membantu pekerjaan manusia (sapi, kuda, kerbau, monyet, anjing dan kucing)
(2). hewan sumber makanan bagi manusia (sapi, kerbau, kambing, ayam, bebek, burung puyuh, lebah, ikan).
(3). Hewan untuk hiburan (ikan hias, burung, ayam, kuda).
(4). Hewan untuk bahan produksi yaitu bulu, kulit, tulang (burung, ayam, domba, ulat sutra, buaya dan ular).

Berdasarkan cara berkembang biaknya hewan di kelompokkan menjadi (1) Hewan bertelur (tidak berdaun telinga), (2) Hewan beranak/melahirkan (berdaun telinga). kulit telur luar disebut cangkang (kulit luar yang keras). hewan beranak mengalami masa bunting.

Udara Bersih & Udara Kotor
  1. Udara bersih adalah udara yang banyak mengandung oksigen.
  2. Udara bersih dapat kita temukan, di antaranya di daerah pegunungan, perkebunan, hutan, pedesaan, persawahan dan lain-lain.
  3. Udara kotor adalah udara yang banyak tercemar oleh debu, asap dan bau. Hanya sedikit mengandung oksigen.
  4. Pencemaran di sebut polusi, polusi dapat ditimbulkan oleh beberapa hal diantaranya, debu, asap, dan bau.
  5. Tempat-tempat yang memiliki udara kotor di antaranya, tepi jalan raya yang padat kendaraan, terminal bus, pasar, dalam gedung pabrik-pabrik, dan lain-lain.
  6. Udara pagi adalah udara bersih dan sangat baik untuk berolahraga.
  7. Ada beberapa cara untuk melindungi diri dari udara tercemar, (1) Memakai helm pada saat berkendara menggunakan sepeda motor, (2) menutup hidung dengan sapu tangan, (3) mencuci mata dengan air bersih, (4) membersihkan kulit dengan air dan sabut setelah bepergian.
  8. Siang hari tumbuhan membuat makanan dengan bantuan sinar matahari, saat itu tumbuhan menghasilkan zat asam atau oksigen yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Daerah pegunungan yang banyak tumbuhan hijau udaranya sangat segar karena di siang hari banyak sekali oksigen yang di keluarkan tumbuhan.
  9. Malam hari tumbuhan mengeluarkan zat asam arang atau karbondioksida, zat asam arang tidak baik bagi kesehatan, zat asam arang dapat membuat orang pingsan dan mati lemas.
  10. Asap kendaraan bermotor mengandung gas karbondioksida yang sangat banyak mengandung racun. Orang yang terlalu lama menghirup gas karbondioksida lama-kelamaan bisa keracunan yang mengakibatkan kematian.
  11. Polusi udara adalah pencemaran udara, menghirup udara yang tercemar akan menimbulkan penyakit batuk, sesak napas, paru-paru, radang tenggorokan dan bronkitis, udara tercemar juga mengakibatkan iritasi mata, serta penyakit kulit yang disertai gatal-gatal pada tubuh.
  12. Mengatasi Polusi udara antara lain : (1) Menanam tanaman hias dan tanaman pelindung, (2) Melakukan reboisasi pada hutan gundul, (3) Menutup hidung bila melewati daerah berdebu, berasap atau berbau.

Posting Komentar

0 Komentar