Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

RANGKUMAN PELAJARAN IPA : POPULASI & MAGNET


Populasi dan Lingkungannya

Populasi adalah sejumlah individu makhluk hidup yang mendiami suatu daerah tertentu. Misalnya populasi manusia yang menempati sebuah desa, populasi gajah yang hidup bergerombol di hutan, dan lain-lain.

Pertumbuhan populasi makhluk hidup yang  berlebihan kadang dapat menimbulkan masalah baru. Masalah itu antara lain karena terbatasnya ruang tempat hidupnya, kekurangan makanan, dan lain sebagainya. Ada beberapa makhluk hidup yang hampir punah, bahkan ada pula yang sudah punah. Untuk menanggulanginya diperlukan adanya keseimbangan antara tempat kehidupan dan pertumbuhan populasi.

Setiap makhluk hidup selalu berhubungan (interaksi) dengan lingkungannya. Lingkungan ialah semua yang terdapat di luar suatu makhluk hidup.

Hubungan pertumbuhan populasi dengan lingkungannya di jelaskan sebagai berikut :
  1. Lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup disebut lingkungan biotik. Lingkungan yang terdiri dari makhluk tak hidup disebut abiotik.
  2. Apabila keseimbangan populasi dengan lingkungannya terganggu, dapat menimbulkan bencana. Misalnya penebangan hutan secara sembarangan, menyebabkan hewan-hewan liar masuk daerah perkampungan, selain itu dapat menyebabkan banjir di musim penghujan.
  3. Jika pertumbuhan populasi hewan lebih cepat daripada populasi tumbuhan, dapat terjadi kematian karena kelaparan.
  4. Pertumbuhan populasi sangat besar pengaruhnya terhadap keseimbangan lingkungan. Berbagai masalah dapat timbul akibat dari pertumbuhan populasi yang pesat. pertumbuhan populasi manusia bergantung pada besarnya angka kelahiran dan angka kematian. kalau pertumbuhan penduduk tidak terkontrol, maka terjadilah : (a) Kekurangan pangan dan pemukiman, (b) Kurangnya kesempatan pendidikan, (c) Menimbulkan pengangguran, (d) Meningkatnya angka kejahatan, (e) Pencemaran lingkungan, air, udara dan tanah.
  5. Usaha-usaha yang  dilakukan untuk mengendalikan suatu populasi makhluk hidup antara lain : (a) Program keluarga berencana, (b) Transmigrasi, (c) Cagar alam, (d) Suaka margasatwa, (e) Menghemat energi dan menjaga lingkungan agar tetap sehat dan segar.
  6. Populasi bertambah bila yang datang dan lahir lebih banyak daripada yang mati.
Magnet

Magnet berasal dari kata magnesia. Magnesia adalah nama sebuah provinsi di asia, di provinsi inilah pertama kali orang menemukan adanya biji besi yang dapat menarik benda kecil di dekatnya.

Magnet sangat berguna bagi kehidupan manusia. Banyak kita jumpai alat-alat yang menggunakan magnet. Misalnya kompas, dinamo, bel listrik, pesawat telepon, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

A. Bentuk - Bentuk Magnet

Bentuk magnet buatan bernacam-macam. ada yang berbentuk lempengan atau batang sehingga disebut magnet batang. Magnet yang berbentuk seperti huruf U, disebut magent U. Magnet yang berbentuk seperti ladam atau tapal kuda, disebut magnet ladam. Magnet yang berbentuk seperti jarum disebut magnet jarum. Ada lagi yaitu magnet silinder.

Meskipun bentuknya berbeda-beda, tetapi semua magnet memiliki sifat yang sama, yaitu dapat menarik suatu benda. Masing-masing magnet mempunyai dua ujung yang disebut kutub. Kutub magnet diberi nama kutub utara dan kutub selatan.

B. Sifat - Sifat Magnet

Magnet memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
  1. Setiap magnet mempunyai garis-garis gaya di sekeliling magnet.  Daerah sekeliling magnet itu disebut medan magnet.
  2. Tidak semua benda dapat ditarik magnet. Benda-benda yang dapat di tarik magnet biasanya mengandung bahan besi, kobalt atau nikel.
  3. Kekuatan gaya tarik magnet yang paling kuat terletak pada kutub-kutubnya. Makin dekat jarak kutub magnet terhadap suatu benda, makin kuat tarikan magnet itu.
  4. Gaya tarik magnet dapat menembus benda-benda tertentu. Benda yang dapat ditembus oleh gaya tarik magnet adalah kaca, plastik, kertas, dan film.
  5. Kutub utara magnet menunjuk ke arah kutub selatan bumi, kutub selatan magnet menunjuk ke arah kutub utara bumi.
  6. Kutub - kutub magnet yang senama akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub magnet yang tidak senama akan tarik menarik.
C. Magnet Alam dan Magnet Buatan

Pengertian magnet alam dan magnet buatan adalah sebagai berikut :
  1. Magnet alam adalah magnet yang tidak di buat oleh manusia. Magnet itu sudah bersifat magnet sejak awal. Bantuan alami yang dapat menarik benda dari besi di sebut magnet alam.
  2. Magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia. Magnet buatan terbuat dari besi atau baja.
  3. Membuat magnet dari baja lebi sulit di bandingkan membuat magnet dari besi. Tetapi sifat kemagnetan dari baja lebih tahan lama dari magnet besi. Cara membuat magnet ada tiga, yaitu : (a) Menggosok. Cara menggosok-gosokkan magnet pada besi atau baja yang hendak dijadikan magnet. (b) Menginduksi. Cara induksi yaitu dengan mendekatkan sebuah magnet pada benda yang hendak di jadikan magnet. (c) Mengaliri dengan arus listrik. Cara aliran listrik yaitu dengan mengalirkan listrik pada lilitan kawat yang dapat menimbulkan medan magnet.
D. Kegunaan Magnet

Magnet dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Pada umumnya magnet yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah magnet buatan. Berbagai macam alat yang menggunakan magnet buatan antara lain :
  1. Gunting, drei, kompas, tempat pensil, mainan anak-anak, dan lain-lain.
  2. Magnet juga di pakai pada alat-alat listrik, motor, dinamo, bel listrik dan telepon.
  3. Pada mesin derek terdapat magnet listrik yang berguna untuk menarik dan memindahkan besi tua dan lembaran-lembaran besi. Sifat kemagnetan dari magnet listrik hanya sementara. Bila arus listrik di putus, sifat kemagnetannya hilang sehingga beban yang menempel akan jatuh.
Perlu di ingat
  1. Magnet mempunyai sifat menarik benda-benda dari besi dan baja.
  2. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kekuatan gaya tarik magnet yang terbesar terletak pada kutub-kutubnya.
  3. Kutub-kutub yang senama akan tolak menolak, sebaliknya kutub tak senama akan tarik menarik.
  4. Magnet di bagi menjadi dua, yaitu magnet alam dan magnet buatan. Cara membuat magnet dengan induksi, gosok, dan aliran listrik.

Posting Komentar

0 Komentar