Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

MATERI PELAJARAN PJOK KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 3 PERTUMBUHAN HEWAN

1. Gerak Berlari dan Melompat

Berlari adalah gerakan yang dilakukan seperti berjalan, namun dengan tempo yang dipercepat. Melompat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan kemudian mendarat menggunakan satu kaki. Gerakan ini memerlukan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, serta koordinasi tubuh.

Perhatikan gambar di atas ini.

Kuda memiliki ciri-ciri yang sama dengan kucing. Kuda termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kuda juga ditumbuhi rambut. Anak kuda mengalami pertumbuhan sehingga menjadi kuda dewasa. Kuda memiliki badan dan tenaga yang sangat kuat. Kemampuan kuda dalam berlari pun sangat baik.

Dapatkah kamu berlari dan melompat seperti kuda? Jawaban (Ya) atau (Tidak)

Jika jawabannya (Ya), ikutilah langkah-langkah dibawah ini. sampai lancar dan berhasil.

Siapkan karet sebagai pengganti papan lompatan. Beri tanda permulaan berlari dan melompat. Pilihlah dua orang yang bertugas memegang karet. Cobalah berlari dan melompat. Tinggi karet dapat ditambah sampai batas yang dapat kamu lompati. Perhatikan gambar di bawah ini.


  • Sampai batas manakah kamu dapat melompat ? Jawab .....................
  • Sejauh mana kamu dapak melompat ? Jawab .....................
  • Apakah kamu dapat memperhatikan bahwa kemampuan setiap orang berbeda ? Jawab ..................

Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang dapat melompat setinggi pinggang juga kepala. Ada juga yang belum bisa melompat.

Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Mengajak berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan adalah hal baik yang dapat kamu lakukan. Mengajak berlatih bersama merupakan salah satu sikap saling menghargai kemampuan teman. Jika kita selalu menjaga sikap saling menghargai, maka kita dapat menjalin pertemanan dengan baik.

Tuhan sangat meyayangi anak yang suka menolong. Tuhan juga sangat senang terhadap anak yang menghargai temannya. Menyayangi dan menghargai teman termasuk melaksanakan perintah Tuhan.


Tugas
Diskusikan bersama Orang Tuamu

  1. Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah... 
  2. Kamu melihat salah satu temanmu mengejek teman lain yang mengalami kesulitan saat melompat. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...  
  3. Misalkan temanmu yang belum dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Bagaimana cara yang baik dalam menyampaikan saran kepadanya?

 

Gerak Menirukan Daur Ulang Kupu-Kupu 

Posisi tidur terlentang sambil mendekap kaki dan badan. (gerak telur)

Posisi badan merangkak. (gerak ulat )

Posisi berdiri. Tangan mengepal dan disimpan di atas kepala. Salah satu kaki diangkat menyerupai gerak menggantung pada pohon. (gerak kepompong)

Posisi badan berdiri dan tangan terbuka. Kemudian bergerak seperti gerak kupu-kupu, berlari sambil melompat-lompat.

Tugas
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pengalamanmu saat menirukan gerak daur hidup kupu-kupu.
  1. Manakah gerakan yang paling senang kamu tirukan? 
  2. Manakah gerakan yang paling mudah kamu tirukan? 
  3. Manakah gerak yang paling sulit kamu tirukan?

Posting Komentar

0 Komentar