MATERI PJOK PELAJARAN I (BAGIAN I) : VARIASI DAN KOMBINASI GERAK DASAR DALAM PERMAINAN BOLA BESAR


Sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini digemari orang dari berbagai umur mulai anak-anak hingga orang dewasa. Gambar di atas menunjukkan pemain sepak bola Indonesia kelompok usia 12 tahun saat bermain dalam kejuaraan Piala Dunia Sepak Bola U-12 Tahun 2016. Sepak bola termasuk salah satu permainan bola besar, selain bola basket dan bola voli. 

A. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Sepak bola termasuk cabang olahraga yang digemari banyak orang. Dalam sepak bola, setiap tim terdiri atas sebelas orang yang bermain di lapangan. Setiap tim akan bekerja sama mengalahkan tim lawan dengan menciptakan gol sebanyak-banyaknya. Sebelum mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan sepak bola, kerjakan kegiatan berikut.

1. Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif pada Permainan Sepak Bola
Contoh variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola, yaitu berjalan dan berlari dengan menendang bola.

a. Berjalan dan Berlari dengan Menendang Bola
Amatilah variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak manipulatif pada Gambar 1.2 berikut! 
Gambar 1.2 menunjukkan variasi berjalan dan berlari dengan menendang bola. Gerakan menendang bola untuk mengoper atau mengumpan kepada teman. Gerak menendang bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, atau kura-kura (punggung) kaki.

b. Berlari dan Melompat dengan Menendang Bola ke Arah Gawang
Bagaimana berlari dan melompat dengan kombinasi menendang bola ke arah gawang (shooting)? Amatilah Gambar 1.3.
Gambar 1.3 menunjukkan variasi berlari dan melompat dengan menendang bola yang melambung. Gerak dasar ini untuk menendang bola ke arah gawang. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama teman. Mintalah temanmu menendang bola ke arahmu. Kamu berlari dan melompat menyambut bola. Pada saat bola berada di depanmu, lakukan tendangan dengan punggung kaki. Arahkan tendanganmu gawang.

c. Berjalan dan Berlari dengan Menggiring Bola
Menggiring bola adalah aktivitas mendorong bola dengan posisi bola tetap dalam jangkauan dan penguasaan sambil berjalan dan/atau berlari ke arah tertentu. Dalam permainan sepak bola, menggiring bola bertujuan melewati pemain lawan dan membawa bola sedekat mungkin ke daerah pertahanan lawan. Agar terampil menggiring bola, pemain sepak bola harus berlatih dengan disiplin, tekun, dan semangat. Menggiring bola menunjukkan variasi gerak dasar lokomotor (berjalan dan berlari) dengan kombinasi gerak dasar manipulatif (menggiring bola). 

Amatilah Gambar 1.4! Gambar tersebut menunjukkan aktivitas variasi berjalan dan berlari dengan menggiring bola melewati rintangan. Penggunaan rintangan untuk meningkatkan kelincahan dan keterampilan menggiring bola. 
d. Berlari dan Melompat dengan Menyundul Bola

Dari Gambar 1.5, kamu dapat mengetahui variasi berlari dan melompat dengan kombinasi menyundul bola. Gerakan ini diawali dengan berlari, kemudian melompat menyambut datangnya bola. Saat bola di depan atas kepala, lakukan gerakan menyundul bola. Usahakan bola menyentuh kening dan dahimu. pada kening atau dahi.

2. Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

a. Menekuk dan Menarik Kaki dengan Menghentikan Bola
Amatilah gerakan menekuk dan menarik kaki dengan menghentikan bola seperti Gambar 1.6!Kegiatan ini menunjukkan variasi gerak dasar nonlokomotor (menekuk dan menarik kaki) dengan kombinasi gerak dasar manipulatif (menghentikan bola). Pada saat bola mengenai bagian kaki, segera tarik kaki untuk meredam laju bola.
b. Berdiri dan Meliukkan Badan dengan Menghentikan Bola Menggunakan Dada
Amatilah Gambar 1.7! Gambar tersebut menunjukkan berdiri dan meliukkan badan dengan menghentikan bola menggunakan dada. Pada saat bola datang secara melambung mendekati tubuh. Selanjutnya, liukkan badan ke belakang saat bola mengenai dada. Berdiri dengan membuka kaki untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. 
c. Membungkuk dan Mengayun Kaki dalam Menendang Bola
Bagaimana gerak dasar membungkuk dan mengayun kaki dalam
menendang bola? Bersama temanmu, carilah informasinya dari
internet atau buku referensi. Catatlah informasi yang ditemukan dan

3. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut tampak dalam gerakan melempar bola dengan berdiri dan meliukkan badan. Dalam sepak bola, lemparan bola ke dalam (throw in) terjadi ketika bola keluar dari daerah sisi lapangan.Amatilah Gambar 1.8!

Gambar tersebut menunjukkan seseorang akan melakukan lemparan bola ke dalam pada permainan sepak bola. Awalnya, posisi berdiri dan kedua tangan memegang bola ke atas melewati kepala. Arahkan pandanganmu kepada teman satu tim yang akan menerima bola. Liukkan badan ke belakang. Kemudian, dorong badan ke depan diikuti ayunan lengan. Saat melempar, kedua kaki menapak di lapangan.  

Penjelasan yang sudah diberikan merupakan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola. Ada banyak variasi dan kombinasi gerak dasar yang dapat dilakukan pesepak bola. Variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut harus dikuasai pesepak bola.

B. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

1. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli
Dalam permainan bola voli, kamu dapat melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif. Kamu juga dapat melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam bola voli.

a. Berjalan Pelan dan Berjalan Cepat dengan Memukul Bola dalam Servis Bawah
Awalnya, kamu bisa berjalan saat memukul servis bawah. 
Servis bawah dimulai dari bawah dengan mengayunkan lengan. Posisi badan berdiri beberapa langkah di belakang garis lapangan. Kemudian, berjalan mendekati garis. Selanjutnya, pukul bola dengan salah satu tangan. Setelah itu, berlari memasuki lapangan secepat mungkin. Servis dapat dilakukan dengan tangan kanan, diawali gerak memegang bola menggunakan tangan kiri atau sebaliknya. Jika servis menggunakan tangan kanan, posisi kaki kiri sedikit ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki kanan berada di belakang. Lambungkan bola dengan tangan kiri, ayunkan tangan kanan dengan kuat hingga bola melewati net ke area lapangan lawan. Ikuti langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

b. Berjalan dan Melompat dengan Memukul Bola dalam Servis Atas

Awalnya, posisi badan berdiri beberapa langkah di belakang garis lapangan. Kaki kiri sedikit ke depan dan lutut sedikit ditekuk, sedangkan kaki kanan di belakang. Untuk orang kidal, berlaku sebaliknya. Jika servis dengan tangan kanan, bola dipegang menggunakan tangan kiri atau sebaliknya. Berjalanlah dan lambungkan bola ke atas kepala. Lakukan lompatan dan ayunkan tangan kanan dengan telapak tangan memukul bola. Ikuti langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Agar pukulan lebih kuat, lakukan awalan dengan berjalan beberapa langkah tanpa menyentuh bidang lapangan.

2. Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

a. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan dengan Memantulkan Bola dalam Passing Bawah
Amatilah gerak menekuk kaki dan mengayun lengan dengan passing bawah seperti Gambar 1.11.

cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif. Posisi badan berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk. Kemudian, ayunkan lengan untuk menyambut datangnya bola. Idealnya, bola tepat mengenai lengan di atas pergelangan tangan. Lakukan gerakan mengayun kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu. Pantulkan bola mengarah ke teman dengan kedua lengan.

b. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan dengan Mendorong Bola dalam Passing Atas

Lakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan dengan kombinasi passing atas. Gunakan jari-jari kedua tangan untuk mendorong bola dalam passing atas. Jari-jari tangan dibuka agar siap menerima bola. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Lutut kaki ditekuk untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam passing atas dapat dilakukan sendiri. Secara mandiri, kamu dapat memantulkan bola pada tembok. Posisi kedua kaki menekuk dan lengan diayunkan untuk mendorong bola. Pandangan fokus pada gerakan bola sehingga dapat menyesuaikan passing.

Dalam permainan bola voli, penguasaan variasi dan kombinasi gerak dasar berperan penting. Oleh karena itu, setiap pemain harus menguasai variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli. Pemain juga dapat mengembangkan keterampilan bermain bola voli.

Posting Komentar

0 Komentar