Cara Mengubah Data NIK Pada Web VervalPTK Yang Terkunci.

Tips Melakukan Perbaikan Data Guru (NIK) yang Terkunci pada VervalPTK.

Halo sobat blogger, bertemu lagi dengan saya admin tutorial, hehehe. Lama tidak update artikel, karena banyak kesibukan beberapa waktu yang lalu. 

Kali ini saya ingin membuat artikel tutorial terkait data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dalam dunia pendidikan dan sedikit masuk pada penggunaan Aplikasi Dapodik, data yang akan di perbaiki adalah data NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tidak bisa dirubah karena kotak editannya sudah di kunci. 

Jadi kita akan menggunakan tips jitu dalam melakukan perubahan tersebut, sedikit gambaran aja sobat blogger. Kita hanya mengubah sedikit mengubah script kotak NIK pada perbaikan identitas tersebut. Penasaran !!!, mari kita mulai sobat blog untuk tips and triknya.

Silahkan Buka Browser (Utamakan Google Chrome)

Mengapa saya mengutamakan Google Chrome karena menurut saya google yang lebih familiar bagi saya, selain itu tampilan dari google juga sangat sederhana dan mudah di mengerti. Yang lebih penting lagi adalah Tips ini menggunakan Google Chrome.

Ketikkan Kata/Kalimat di bilah pencarian Google

Apapun yang ingin kita cari pada google dengan menggunakan kata/kalimat akan dengan mudah Google akan menampilkan berbagai macam pilihan, maka pilihlah dengan bijak dan harus sesuai dengan keinginan. Perhatikan gambar di bawah ini.

Jika sudah langsung tekan enter pada keyboard anda masing-masing, tunggu beberapa saat akan muncul pilihan dengan keyword yang di masukkan. Perhatikan gambar di bawah ini.


Pilih yang telah diberikan tanda panah, tunggu beberapa saat maka anda akan di arahkan ke website sekaligus halaman "Login Kemdikbud". Lihat gambar di bawah ini


Inilah tampilan dari website SSO login kemdikbud, silahkan di perhatikan tanda panah. Bagian 2 kotak tersebut anda harus bisa login menggunakan akun yang pernah kita mendaftar di website https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ jangan sampai lupa akun https://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Silahkan isi username dan password kemudian klik login, tunggu beberapa saat maka tampilan baru pada layar PC akan muncul. Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar diatas merupakan tampilan awal website verval PTK, bagian ini merupakan bagian dari Beranda dalam web ini. Dibawah beranda terdapat berbagai Menu disertai dengan submenu, masing-masing submenu memiliki fungsi tersendiri. Baiklah kita lanjut, anda ingin memperbaiki NIK Guru/Tendik yang tidak sesuai dengan Identitas Kependudukan yang bersangkutan miliki. 

  • Silahkan scroll ke bawah, cari menu Identitas - Perbaikan Identitas - Cari Data Guru yang ingin di Perbaiki (Jika sudah ketemu) - Scroll ke kanan pada ruler paling bawah - Pilih Perbaikan. 
  • Perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar di atas ini merupakan identitas guru/tendik yang ingin diperbaiki NIK yang tidak sesuai, setelah di cek ternyata kolom NIK terkunci. Jadi tidak bisa melakukan edit data, jadi caranya cukup mudah dan simpel yaitu :

  • Klik kanan pada Kolom NIK - Pilih Inspect
  • Perhatikan gambar di bawah ini. Ubah kata "disabled" menjadi "enabled" lalu tutup.

Perhatikan gambar di bawah ini, kolom NIKnya sudah bisa di edit. Silahkan di edit lalu pilih perbaikan data yang tombol berwarna hijau paling bawah, tunggu beberapa saat maka secara otomatis data NIK langsung berubah. Kemudian cek di bagian Identitas - Status Perbaikan jika sudah ceklis artinya sudah berhasil, langsung sinkron dapodiknya maka secara otomatis akan berubah pada dapodiknya.

Sekian dulu artikel tutorial ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman dapodik yang lagi kebingungan dengan NIK yang bermasalah atau tidak sesuai dengan dapodik. Semoga membantu salam blogger dan terima kasih sudah mampir.

Posting Komentar

0 Komentar