Cara Melakukan Perbaikan Arsip PTK Pada Web VervalPTK Melalui HP

SitusArtikel92.com, Dunia pendidikan semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Hampir semua urusan pendidikan di bantu oleh teknologi, misalnya sekarang ada namanya aplikasi satu data yaitu Dapodik, aplikasi Keuangan Sekolah yaitu Arkas, dan masih banyak yang lain. Bukti ini sudah jelas pendidikan juga berkembang. 

Pembahasan kita pada artikel ini adalah tentang peebaikan data Guru pada vervalptk. Kata verval merupakan singkatan dari verifikasi dan validasi, web ini hanya bisa di akses oleh operator dapodik masing-masing dengan menggunakan akun aplikasi dapodik. Gambar awal sebelum masuk adalah log in (sso) disini anda harus memasukkan email dan password aplikasi dapodik anda masing -masing. Contoh gambar di bawah ini.

Gambar di atas adalah tampilan log in dari (sso.data.kemdikbud.go.id) menggunakan akun aplikasi dapodik masing-masing. Silahkan Anda masukkan akun dapodiknya kemudian log in, jika berhasil maka anda akan masuk ke beranda vervalptk seperti gambar di bawah ini.

Gambar diatas ini adalah tampilan awal vervalptk. Melakukan perbaikan data ptk, ada di bagian menu yang berada di samping kiri atas. Perhatikan gambar di bawah ini.

Silahkan anda sentuh garis bersusun tiga tersebut untuk melihat daftar menu dari vervalptk. Jika sudah menyentuh garis bersusun tiga tersebut, maka daftar menu pada verval ptk akan muncul. Silahkan cari menu "Perbaikan Arsip" lalu pilih "Pengajuan Perbaikan Arsip". 

Setelah itu, muncul daftar PTK yang sudah valid nomor NIK oleh Disdukcapil. Jika ada guru yang tidak muncul berarti guru tersebut NIKnya tidak valid oleh disdukcapil. Jika sudah dapat guru yang akan di ajukan perbaikan arsip, silahkan kesebelah kanan dari guru tersebut kemudian pilih "Ajukan Perbaikan Arsip". Akan muncul tampilan baru seperti gambar di bawah ini.

Di bagian ini anda di minta untuk mengupload 3 jenis file diantaranya

SK Pengangkatan dan Penugasan

SK pengangkatan adalah SK pertama anda menjadi guru sesuai dengan bukti SK yang anda miliki. SK Penugasan adalah SK Penugasan terakhir atau terbaru. Disini SK Penugasan itu adalah Pembagian tugas. Di buat dalam bentuk PDF dengan ukuran max 2 mb untuk masing-masing file. Jadi bagian ini filenya di gabung dari SK Pertama dan SK Penugasan atau pembagian tugas.

KTP

Saya rasa anda sudah paham jika terkait KTP.

Ijazah

Bagian terkahir adalah Ijazah. Ijazah yang dimaksud disini adalah ijazah terakhir yang dimiliki PTK, ukuran file yang diminta adalah 1 mb. Jika lebih maka akan tertolak oleh sistem. 

Jika sudah terisi semua, lanjut dengan pilih tombol ajukan di bawahnya. Cek status perbaikan arsip dibawah menu pengajuan perbaikan arsip. Anda akan melihat status pengajuan anda apakah sudah diterima, di tolak atau masih dalam antrian persetujuan.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar