Cara Membuat File PDF dari Word Menggunakan Smartphone

Tips Membuat File PDF dari Word Menggunakan Smartphone.

Halo teman-teman bertemu lagi di blog ini yah, salam hangat dan selamat datang semoga teman-teman yang sudah mampir di blog ini sehat selalu dan dimudahkan segala urusannya, Amin.

Pembahasan kali ini tidak jauh dari Tips Membuat File PDF yang telah saya pasang di blog ini. Postingan pertama tentang tips membuat file PDF dari file gambar. Postingan ini tentang tips membuat file PDF dari file word.

Biasanya kita mendapatkan pesan dari aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp atau Telegram dalam bentuk file, baik itu file word. Terkadang juga ada file yang lain yang mengharuskan file tersebut dibrubah menjadi file PDF. Hal semacam ini akan membuat kita merasa kebingungan, mengapa?. Jika kita tau caranya, bisa saja mudah. Bagaimana dengan teman-teman yang belum tau, hal itu akan menjadi masalah bukan. 

Jadi ada baiknya kita lanjut ke tutorialnya yah teman-teman, agar tidak melebar pembahasannya. 

Siapkan dan Buka File yang akan di Rubah

Teman-teman perlu menyiapkan filenya, sesuai dengan tempat teman-teman menyimpannya. Jika sudah ketemu silahkan di buka filenya dengan cara sentuh saja.

Inilah penampakan awal jika teman-teman membuka File Word di Smartphone, menggunakan aplikasi bantuan dari WPS Office. Aplikasi ini biasanya bawaan dari pabrikan, jadi pasti ada di Smartphone teman masing-masing.

Masuk ke Menu Cetak atau Langsung Eksport ke PDF

Seperti yang kita lihat teman-teman gambar di atas, ada beberapa menu di bagian bawah layar Smartphone kita. Dimulai dari Alat, Tampilan Mobile, Bagi, Edit di PC, dan Alat Sekolah. Dari masing-masing menu memiliki masing-masing Submenu, tapi yang kita cari adalah Submenu yang berhubungan dengan kata PDF. Berarti kita perlu mencari Submenu Cetak, Eksport ke PDF, dan Simpan Sebagai, silahkan sentuh menu Alat pada layar Smartphone teman-teman. Perhatikan gambar di bawah ini.

Silahkan teman-teman perhatikan yang ada pada menu alat, disitu terdapat Submenu ( Simpan Sebagai, Ekspor ke PDF, dan bagian bawah ada Cetak). Semua submenu ini bisa di gunakan untuk merubah file word menjadi PDF, tinggal teman-teman pilih salah satunya saja.

Menggunakan Submenu yang ada

Sesuai penjelasan di atas, bahwa kita hanya perlu memilih salah satunya saja. Saya akan menjelaskan caranya secara menyeluruh dari ke 3 Submenu tersebut. 

a. Simpan Sebagai

Dibagian ini, kita hanya melakukan simpan file seperti halnya menyimpan file pada laptop/PC. Caranya buka file yang mau di rubah, kemudian sentuh menu alat, lalu pilih simpan sebagai. Disini akan ada pilihan yang menyatakan bahwa file tersebut akan di simpan di mana. Perhatikan gambar di bawah ini.


Jika sudah di bagian ini jangan langsung di simpan yah, perhatikan bagian kanan dari kotak nama. Disitu ada jenis filenya, silahkan di rubah ke PDF lalu simpan. Perhatikan gambar di bawah ini.

Jika sudah di pilih silahkan sentuh kata simpan, pastikan teman-teman tau filenya di simpan dimana yah.

b. Ekspor ke PDF

Di bagian ini kita akan melakukan ekspor file tersebut ke PDF, caranya hampir sama dengan diatas hanya saja ini tidak memilih jenis file Langsung ekspor. Sebelum melakukan ekspor kita harus memilih pengaturannya dulu seperti Hapus Logo WPS untuk pengguna premium atau berbayar, dan Dasar untuk versi gratis. Jadi kita pake dasar yah teman-teman untuk versi gratis. Perhatikan gambar di bawah ini.

Jika sudah seperti ini silahkan sentuh "Ekspor ke PDF". Lalu kita di minta memilih tempat penyimpanan seperti gambar di atas, jika sudah di pilih silahkan ubah nama filenya jika perlu lalu sentuh Ekspor ke PDF. Seperti gambar di bawah ini yah.

c. Cetak

Di bagian ini teman-teman akan melakukan pencetakan kurang lebih seperti di laptop/PC, yaitu menentukan Halaman, Rentang Cetak, Zoom, serta Urutan file yang akan di cetak. Perhatikan gambar di bawah ini.

Jika sudah diatur sesuai dengan keinginan teman-teman, maka langsung sentuh cetak yah teman-teman. 

Maka akan muncul pilihan layanan cetak, dalam layanan cetak tersebut terdapat 3 pilihan. 1. Sistem Layanan Cetak, 2. Pencetakan Awan, 3. Postscript. Seperti gambar di bawah ini.

Sistem Layanan Cetak

Pilihan ini hampir sama dengan pencetakan melalui Laptop/PC, hanya saja tampilannya sederhana tidak seperti tampilan di laptop/PC yang komplit. Di bagian ini kita akan menetukan Salinan, Ukuran Kertas, Warna, Orientasi, Bersisi Ganda, dan Halaman. Jika sudah sentuh PDF yang berwarna Kuning. Perhatikan Gambar di bawah ini.

Pencetakan Awan

Pilihan ini harus menggunakan koneksi internet, memiliki akun google. Jenis penyambungan ada 2 cara seperti gambar di bawah ini. 

Jika kita sudah memahami pengaturannya dan sudah memahami silahkan sentuh lanjutkan, maka tampilan selanjutnya kita akan di minta masuk ke akun Google kita. Perhatikan gambar di bawah ini.

Silahkan teman-teman masukkan akun gmailnya kemudian sentuh kata berikutnya, masukkan sandi gmailnya. Jika semua sudah selesai maka teman-teman akan di arahkan ke website cloud printernya. (Saran gunakan yang pertama saja lebih mudah, saya tidak melarang untuk menggunakan cara kedua. Terkadang webnya error.)

Postscript

Saya kurang paham mengenai alat yang terakhir ini, tapi saya hanya mengatahui bahwa Postscript atau (ps) ini adalah sebuah bahasa komputer yang di gunakan untuk membuat gambar Vektor. 

Jika menggunakan alat yang ke tiga ini, tampilan selanjutnya seperti cara pertama yaitu kita harus memilih tempat penyimpanan terlebih dahulu. Kemudian kita melakukan simpan File dengan menggunakan ekstensi (.ps) di belakang file kita. Perhatikan gambar di bawah ini.

Contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Pada saat kita ingin membukannya, akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini.

Jadi kurang lebih seperti itu teman-teman, jadi saran saya jika menggunakan alat cetak mending pake alat yang pertama saja yaitu Sistem Layanan Cetak. 

Sekian dari saya cara merubah file word melalui Smartphone kita, semoga bermanfaat lebih dan kurangnya mohon di maafkan. Jika artikel ini berguna silahkan di share kepada teman-teman agar dapat membantu dan menjadi ladang pahala buat teman-teman yang telah membagikan ilmu yang bermanfaat. Terima Kasih

Posting Komentar

0 Komentar