Perokok Aktif, Waspadai Penyakit Bronkitis

Perokok aktif adalah seseorang yang mengkonsumsi rokok secara teratur, meskipun hanya memiliki satu batang rokok dalam sehari. Atau, orang yang  tidak merokok secara teratur serta orang yang akan mencoba merokok, meskipun hanya akan merokok dan tidak terhirup ke dalam paru-parunya.

Sebagai pekerja kantoran di ibu kota, kita disibukkan dengan banyak pekerjaan dan tekanan pekerjaan, terkadang kita tidak bisa lepas dari pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan fast food, begadang, kurang istirahat, kurang olahraga, merokok, dll.

Akibatnya, beberapa penyakit berbahaya mulai mengintai Anda, seperti penyakit jantung (termasuk serangan jantung), kanker (terutama paru-paru, kandung kemih, dan kerongkongan), impotensi, dan bronkitis. Jika Anda adalah seorang perokok aktif, Anda harus waspada akan efek samping dari seorang perokok aktif, terutama penyakit bronkitis.

Bronkitis adalah peradangan pada selaput lendir saluran bronkial, yang berfungsi untuk memandu udara masuk dan keluar dari jantung. Gejala umum penyakit ini antara lain:

  1. Batuk, dahak, dan lendir yang terus menerus;
  2. Demam yang tinggi;
  3. Sesak napas, bahkan saat melakukan aktivitas ringan;
  4. Nyeri pada dada;
  5. Sering berkeringat dingin;

Ada dua jenis bronkitis, akut dan kronis. Bronkitis akut relatif cepat bereaksi dan sembuh dalam waktu sekitar 3 minggu. Namun, pada perokok aktif, merokok tidak hanya memperlambat proses penyembuhan (karena dapat merusak selaput lendir yang meradang), tetapi juga dapat meningkatkan penyakit akut hingga kronis dengan level yang berbeda.  

Pada saat yang sama, masa pemulihan bronkitis kronis pada pasien yang tidak merokok sendiri berlangsung dari sekitar 3 bulan hingga 1 tahun. Bahkan jika Anda tidak merokok, Anda harus mewaspadai risiko bronkitis jika Anda sering terpapar asap rokok tidak langsung dan polusi udara dari mobil Anda. Bahkan jika Anda berhenti merokok beberapa tahun yang lalu, Anda masih bisa terkena bronkitis.

Kandungan Rokok

Dalam sebatang rokok yang di hisap, dapat mengeluarkan paling tidak empat ribu bahan kimia yang begitu berbahaya, diantara semua zat kimia yang terkandung dalam sebatang rokok ternyata ada beberapa yang paling berbahaya yaitu. 

1. Nikotin dapat menyebabkan ketagian serta merusak jantung dan aliran darah. 

2. Tar dapat menyebabkan kerusakan pada sel paru paru. 

3. Gas CO dapat menyebabkan menurunnya kemampuan darah dalam membawa oksigen, sehingga sel-sel tubuh kita mati.

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

1. Gangguan Kardiovaskular

2. Kerusakan Otak

3. Penyakit Mulut dan Tenggorokan

4. Penyakit Paru-paru

5. Penyakit Lambung

6. Tulang Keropos dan Rapuh

7. Penuaan dini

8. Masalah Organ Reproduksi

9. Gangguan Psikologis

Posting Komentar

0 Komentar