Cara Membuat Kertas A5 dari Kertas A4


Salam Blogger.
Halo sobat semua, maaf baru bisa melakukan postingan dikarenakan kesibukan dengan berbagai kerjaan. Beberapa hari ini memang terasa berat, karena awal tahun ajaran baru. Maklum admin seorang Administrasi, TU, dan Operator. Jadi pada awal tahun ajaran admin disibukkan dengan berbagai kerjaan yang datangnya dari berbagai arah. 

Baiklah, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Jika di kota mungkin sangat mudah untuk mendapatkan kertas HVS ukuran A5. Tapi kita belum mengetahui teman-teman yang memiliki jarak yang lumayan jauh dari kota, sehingga agak sulit untuk mendapatkan kertas HVS A5 dikarenakan pendistribusian kertas HVS A5 yang kurang diminati oleh beberapa pedagang akhirnya kurang dibawa untuk kedaerah yang jauh dari kota. karena beberapa faktor mungkin perkantoran seperti kecamatan, desa, sekolah dan lain-lain hanya menggunakan kertas HVS ukuran F4 atau A4. jadi penggunaan untuk A5 sangat minim. Jadi marilah kita bersama-sama menyimak langkah-langkah dibawah ini.

Membuat kertas A5 secara manual
Alat dan Bahan :
  1. Cutter
  2. Mata Cutter
  3. Penggaris Besi
  4. Alas Pemotong (Kaca, Papan) bagusnya Kaca
  5. Kertas HVS A4
Cara Membuat/Melakukan :

Alat dan bahan yang disiapkan

Lipatan kertas A4 menjadi 2 bagian yang sama besar.

Lipatan tadi di sesuaikan dengan kertas A4 dengan posisi berdiri, serta di sesuaikan lebar kiri dan kanan serta kesesuaian alas bagian bawah.
Jika sudah sesuai baringkan kertas A4 tadi yang sudah disesuaikan lebar serta panjangnya.
kemudian cari sudut lipatan kertas sesuaikan dengan pinggir mistar yang besi lalu tekan jangan sampai bergerak. karena akan menyebabkan potongan kertas nanti goyang.

Lakukan pemotongan secara berulang-ulang dengan sedikit tekanan pada cutter. harus secara perlahan. jangan terburu-buru karena akan mengakibatkan kertas rusak dan tangan bisa terkena cutter.

Akhirnya jadi deh kertas A5 yang kita inginkan tanpa harus membeli di toko, dan yang lebih lagi 1 lembar kertas A4 bisa jadi 2 lembar kertas A5. jika kertas A4 500 lembar jika dijadikan kertas A5 akan menjadi 1000 Lembar.

Bagaimana mudahkan, gak perlu repot untuk membeli kertas jauh-jauh. kita sendiri bisa membuat kertas A5. cukup sekian dulu postingan Admin semoga bermanfaat, terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar