Cara Mengatur Menu Operator Pada Aplikasi Simanja Melalui Akun Kepsek

Situsartikel92.com, Penggunaan aplikasi Si Manja kini menjadi perbincangan yang hangat di kalangan pemangku kepentingan. Si Manja atau Sistem Informasi Manajemen Kinerja ini merupakan tolak ukur untuk memberikan Tunjangan Tambahan Penghasilan dari Daerah (Kabupaten) atau disingkat TPP. 

Dalam aplikasi si manja terdapat menu operator, baik pada bagian presensi maupun pada bagian kinerja. Pada artikel sebelumnya admin sudah menjelaskan tentang menu operator pada presensi. Artikel kali ini akan membahas tentang menu operator pada bagian kinerja dalam aplikasi simanja. Pengaturan apa saja yang ada dan bagaimana cara menjalankannya ?. 

Simaklah artikel ini sampai selesai. Silahkan masuk ke aplikasi simanja, kemudian pilih e-kinerja. Seperti gambar dibawah ini.

Dari gambar di atas silahkan pilih e-kinerja, lalu masukkan username dan passwordnya kemudian login. Seperti gambar di bawah ini.


Jika berhasil login maka anda akan masuk ke bagian beranda yang terlihat kinerja anda, jumlah capaian TPP anda, persentase pemotongan dan kegiatan harian anda yg di tolak. Masuk ke menu operator caranya pilih garis 3 pada pojok kiri atas - pilih beranda pada menu operator. Perhatikan gambar di bawah ini.

Beranda pada menu operator hanya menampilkan Unit Kerja, data jabatan, data izin, dan data pegawai. Perhatikan gambar di bawah ini.

Bagian unit kerja di isi sesuai dengan kondisi di SKPD. Maaf saya tutup isiannya karena privasi. Berwarna abu-abu tidak bisa di edit atau dengan kata lain sudah terkunci, dan terisi secara otomatis oleh sistem.

Gambar diatas merupakan bagian-bagian dari Submenu jabatan, di sini guru di kelompokkan sesuai dengan jabatan yang di miliki dengan dasar golongan. Guru Utama yaitu golongan IV.d dan IV.e, Guru Madya yaitu golongan IV.a, IV.b, dan IV.c, Guru Muda yaitu golongan III.c dan III.d, dan terakhir Guru Pertama yaitu golongan III.a dan III.b.

Guru PNS pada masing - masing sekolah harus mengisi data pegawainya terlebih dahulu. Maka pada submenu jabatan setiap guru akan di tempatkan pada posisi jabatan masing-masing. Jika di geser ke samping maka terlihat juga perbedaan nominal pendapat tunjangan dari masing-masing guru. Terdapat pula tombol edit pada masing-masing kelompok jabatan, klik edit untuk menginput urain tugas dari masing-masing kelompok jabatan. Khusus untuk Kepala Sekolah uraian tugasnya adalah Kewirausahaan, Manajerial, dan Supervisi kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Perhatikan gambar di bawah ini.

Selanjutnya kita pindah ke Submenu Izin sebelah Submenu Jabatan. Pada submenu tersebut operator juga bisa melihat riwayat izin dari semua pegawai, bahkan operator juga bisa terima pengajuan izin /dispensasi pegawai. Perhatikan gambar di bawah ini.

Lanjut ke Submenu Pegawai di bagian ini jika terdapat kekeliruan pada data pegawai, operator bisa memperbaiki data tersebut dengan mengklik tombol pensil pada ujung data pegawai. Perhatikan gambar di bawah ini.

Pindah ke bagian data Pegawai pada menu Operator, di sini operator bisa melakukan tambah pegawai apabila pegawai yang dimaksud belum masuk dalam daftar pegawai yang ada pada data pegawai dimenu operator. Perhatikan gambar di bawah ini.

Klik foto atau nama jika ingin mengubah data pegawai, Klik nama jabatan untuk mengubah data jabatan beserta uraian tugas. 

Terakhir dari Menu Operator adalah Laporan Rekapitulasi. Laporan rekapitulasi merupakan rekapan laporan dari para pegawai yang di rangkum dalam aplikasi si manja. Sehingga menghasilkan tiga rekapan yang penting di antaranya adalah (a) Laporan Disiplin, (b) Laporan TTP, dan (c) Laporan Presensi. Ketiga laporan ini bisa di lihat setelah operator melakukan Tambah Laporan Rekapitulasi. Perhatikan gambar di bawah ini.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar