Cara Mencetak SPTJM Sekolah dari Laman sp.datadik.kemdikbud.go.id

Situsartikel92.com - Selamat datang di website ini, kali ini admin akan memberikan artikel tentang Cara Mencetak SPTJM Sekolah Sesuai dengan Data pada Aplikasi Dapodik.

Apa Itu SPTJM?

SPTJM atau lebih jelas Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak adalah surat yang telah di keluarkan dari Sekolah oleh Kepala Sekolah yang di gunakan untuk mempertanggungjawabkan atas kebenaran data Sekolah yang telah di input dalam Aplikasi Dapodik. 

Pada SPTJM terdapat 5 lampiran yang sangat penting, lampiran tersebut sesuai dengan 5 menu penting dalam Aplikasi Dapodik, sebagai berikut :

1. Lampiran I 

Data Satuan Pendidikan/Identitas Sekolah, berisi informasi terkait sekolah Anda seperti Alamatnya, Nama Sekolah, Data rekening sekolah, dll

2. Lampiran II

Data Sarana dan Prasarana, disini yang di tampilkan tidak sedetail yang ada dalam aplikasi dapodik yah. Disini hanya ada jenis prasarana, nama bangunan, nama ruang, lantai, panjang, lebar, dan update.

3. Lampiran III

Data Guru dan Tenaga Kependidikan, hanya sebagian saja yang di tampilkan tidak seperti dalam aplikasi dapodik. Disini hanya ada data nama, JK, NIK, NIP, NUPTK, jenis guru, status, tgl lahir, sekolah induk, dan update.

4. Lampiran IV

Data Rombongan Belajar, disini data yang di tampilkan adalah data Rombel yang ada di tabel Rombel pada aplikasi dapodik.

5. Lampiran V

Data Peserta Didik, data yang di tampilkan disini adalah keseluruhan data peserta didik yang terinput dalam aplikasi dapodik.

Maka dari itu, mengapa SPTJM ini sangat penting untuk dilakukan pencetakan setiap setahun sekali?. Ada beberapa tujuan, yaitu untuk membandingkan data tahun sebelumnya dengan tahun ini, sebagai data acuan dalam berbagai permintaan data, dll. Berikut langkah-langkah dalam melakukan Cetak SPTJM Sekolah.

>>  Buka browser Anda (saya sarankan menggunakan Google).

>>  Ketikkan URL dari sp datadik/manajemen sekolah atau klik disini.

>>  Login menggunakan akun SSO Dapodik Anda.

>>  Jika sudah masuk, Silahkan pilih menu Dokumen.

>>  Klik SPTJM - pilih ukuran kertas yang ingin Anda gunakan - klik cetak.

>>  Akan muncul tab baru, Anda bisa langsung cetak ataupun download.

>>  Selesai

Sekian dari admin tentang Cara Mencetak SPTJM, semoga bermanfaat bagi Anda dan teman-teman yang sudah sempat untuk mampir di website ini.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar