Cara Mendaftar BBM Bersubsidi Melalui Website MyPertamina

Situsartikel92.com - Halo sobat pencinta artikel, selamat datang di website ini. Artikel kali ini adalah artikel mengenai pendaftaran penggunaan BBM Subsidi melalui website MyPertamina.id. BBM Subsidi adalah jenis BBM yang telah diberikan subsidi pada Pemerintah menggunakan dana dari APBN. BBM subsidi juga memiliki jumlah yang sangat terbatas yang disesuaikan dengan kuota yang telah di tentukan, harganya juga ditetapkan oleh Pemerintah dan diperuntukan untuk konsumen pengguna tertentu. Jenis BBM yang termasuk BBM bersubsidi adalah Biosolar dan Pertalite.

Silahkan disimak cara mendaftar di website MyPertamina sampai selesai yah, agar mudah di pahami dan tidak salah dalam mendaftar nantinya. Berikut langkah-langkahnya mendaftarnya :

  • Lakukan daftar terlebih dahulu, dengan cara beri tanda ceklis kotak di bawah tombol login. Kemudian arahkan kebawah atau pilih kata "Daftar Sekarang". Maka tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini :

  • Notifikasi ini muncul ketika Anda masuk ke form pendaftaran, jika sudah membaca Perhatian tersebut silahkan klik Lanjutkan. Maka tampilan berikutnya akan seperti gambar di bawah ini :

  • Notifikasi ini muncul setelah Anda mengklik lanjutkan pada notifikasi pertama, notifikasi ini juga menjelaskan kepada Anda terkait wilayah yang diprioritaskan baik yang berdomisili maupun yang akan bepergian ke wilayah tersebut. Jika sudah mengetahui dan ingin melanjutkan silahkan klik Ok.

  • Setelah itu, Anda akan masuk pada tampilan formulir pendaftarannya. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

  • Silahkan mengisikan data diri Anda sesuai dengan KTP yang Anda kantongi. Data-data yang akan di minta pada bagian ini adalah :
>>  Nama lengkap

>>  NIK

>>  Unggah foto KTP

>>  Unggah foto Diri

>>  Tempat tanggal lahir

>>  Jenis kelamin

>>  Sandi

  • Setelah data diri sudah diisi semua dan Anda sudah melakukan pengecekkan, silahkan klik "Selanjutnya" pada bagian kanan bawah. Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini :

  • Gambar diatas menunjukkan data yang perlu di isikan dalam kolom terkait data alamat sesuai KTP dan kontak. Adapun data-data yang akan diisikan adalah :

>> No. Telp

>> NIK

>> Alamat sesuai KTP

>> Provinsi - kabupaten - kecamatan - desa/kelurahan (sesuai dengan KTP)

>> Isikan kembali data alamat Anda sesuai dengan Domisili sekarang.

  • Setelah data alamat dan kontak Anda sudah terisi semua, silahkan klik "Selanjutnya" tunggu hingga muncul form bagian ke tiga yaitu pilih subsidi. Tampilannya seperti gambar di bawah ini :

  • Silahkan isi dan pilih data subsidi yang ingin Anda jadikan prioritas untuk kendaraan Anda. Pilihan hanya Solar atau pertalite. Berikut data-data yang harus Anda isi :

>> Pilih jenis subsidi (Solar JBT dan Pertalite)

>> Pilih tipe customer (Pribadi, Non Pribadi, Layanan Umum, Non Kendaraan)

>> Pilih jenis usaha (disini banyak pilihan sesuai dengan tipe customer yang Anda pilih), disini saya contohkan untuk kendaraan roda 4 pribadi.

>> Pilih roda empat.

>> Pilih warna plat nomer.

>> Pilih merek kendaraan.

>> Isikan tipe kendaraan.

>> Pilih model kendaraan.

>> Isikan tahun pembuatan.

>> Pilih Wilayah Operasional Pengisian

>> Isi Silinder

>> Masa berlaku pajak

>> Nomor polisi kendaraan

>> Unggah foto KIR (Opsional)

>> Unggah foto STNK depan belakang.

>> Biaya pajak sesuai STNK

>> Nama sesuai STNK

>> Unggah foto kendaraan

>> Unggah foto nomor polisi

>> Unggah foto surat rekomendasi (Opsional)

>> Isi nomor surat rekomendasi (Opsional)

>> Data pengguna untuk nopol.

>> Password klaim pengguna 1

  • Pada form bagian ini, Anda dapat melakukan tambah pengguna. Jika berminat tinggal klik tambah pengguna di bawah form. Apabila data tersebut diatas sudah benar dan valid silahkan klik selanjutnya. Maka muncul form persetujuan seperti gambar di bawah ini :

>> Berikan tanda centang pada masing-masing kotak

>> Klik "Daftar pengguna BBM bersubsidi" tunggu hingga proses selesai, akan muncul notifikasi yang menyatakan apakah data tersebut sudah benar (ya atau batal). Perhatikan pada gambar di bawah ini :

Jika Anda sudah menekan (Ya) tunggu prosesnya hingga selesai. Apabila pada saat pengiriman laporan pendaftaran tiba-tiba muncul pesan kesalahan, jangan panik. Mengapa? karena setelah Anda menekan ya maka otomasi data Anda tersimpan di server. Anda tinggal login di website mypertamina.id menggunakan NIK dan sandi yang telah Anda buat.

Sekian dari admin untuk artikel Cara Mendaftar BBM Bersubsidi Melalui Website MyPertamina semoga bermanfaat untuk Anda dan pengunjung website ini.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar