Rangkuman Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Organ Tubuh Manusia)

Situsartikel92.com, - Organ tubuh mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Tubuh manusia terdiri dari beberapa macam organ. Kumpulan beberapa organ akan membentuk sistem organ. Contoh sistem pernapasan, sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Organ tubuh manusia seperti jantung, lambung, mata, paru-paru, kulit, telinga, dll.

A. Otak

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Otak dilindungi oleh tulang tengkorak. Otak terdiri dari tiga bagian utama, yaitu otak besar, otak kecil dan sumsum lanjutan. Otak besar sebagai pikiran, pusat kemauan dan pusat kesadaran. Orang dewasa volume otaknya adalah 1.500 cm³. Bagian luar berisi sel-sel yang berwarna kelabu dan bagian dalam berwarna putih.

Otak terletak dalam rongga otak yang terdapat dalam tulang tengkorak. Otak kecil berguna untuk mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan yang terdapat pada otak kecil antara lain adalah gegar otak.

B. Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting, tersusun atas otot-otot jantung yang bekerja di luar kesadaran kita. Jantung berdenyut secara terus menerus, gerakannya seperti tangan yang mengepal dan membuka. Pada saat tidur pun jantung tetap berdenyut.

Jantung berfungsi sebagai penggerak peredaran darah, memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan darah yang berada di seluruh tubuh di kembalikan ke jantung. Pada saat darah mengalir, sari-sari makanan disalurkan ke seluruh tubuh. Penyaluran sari makanan melalui pembuluh darah.

Jantung mempunyai letak dan bagian-bagian sebagai berikut :

  1. Jantung terletak di dalam rongga dada agak sedikit ke kiri dan terbungkus kantong pelindung yang disebut Perikardium.
  2. Jantung besarnya kurang lebih seperti kepala tangan orang dewasa.
  3. Jantung terdiri dari empat ruang, dua ruang atas (serambi) dan dua ruang bawah (bilik).
  4. Ruang atas sebelah kiri disebut serambi kiri (atrium kiri), dan sebelah kanan disebut (atrium kanak).
  5. Ruang bawah jantung sebelah kanan disebut bilik kanan (ventrikel kanan) dan sebelah kiri disebut (ventrikal kiri).
  6. Pada jantung terdapat suatu celah berpintu diantara serambi dan bilik yang disebut katub jantung. Katub jantung berfungsi sebagai penyekat agar darah dari bilik dan dari serambi tidak tercampur.
  7. Ruang atas menerima darah yang kembali ke jantung dari pembuluh balik besar.
  8. Bilik kanan berfungsi memompa darah ke paru-paru, sedangkan bilik kiri memompa darah ke seluruh tubuh selain paru-paru.
  9. Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru lalu kembali ke jantung.

C. Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting juga sebagai alat pernapasan. Manusia memiliki sepasang paru-paru yang terletak di dalam rongga dada. Didalam paru-paru saluran pernapasan bercabang-cabang dan tiap-tiap ujungnya berakhir pada gugus kantong udara. Pada kantong-kantong  udara inilah tempat pertukaran gas oksigen (O²) dan karbondioksida (Co²).

  1. Paru-paru terbungkus oleh selaput tipis dan licin yang disebut Pleura.
  2. Selaput licin memungkinkan paru-paru dapat bergerak pada waktu kita bernapas, tanpa menimbulkan kerusakan kedua paru-paru.
  3. Semua sel tubuh kita membutuhkan oksigen untuk hidup dan tumbuh.
  4. Oksigen diperoleh dari udara pada waktu bernapas.
  5. Paru-paru bertugas menyerap oksigen.
  6. Oksigen dari udara dipindahkan ke dalam darah dan diangkut ke seluruh tubuh.
  7. Gas yang dilepas dari proses pernapasan manusia adalah karbondioksida (Co²).
  8. Udara yang masuk melalui hidung mengakibatkan manusia dapat mencium bau.
  9. Aliran udara yang melalui tenggorokan digunakan untuk menghasilkan suara, sehingga kita dapat berbicara.
  10. Pernapasan menghasilkan sejumlah air dalam sistem tubuh untuk membantu mengurangi panas tubuh.

D. Hati

Hati sebagai salah satu organ tubuh manusia yang terletak di rongga perut sebelah kanan, tepat di bawah rongga dada. Pada orang dewasa beratnya kira-kira 1 sampai 1,5 kg dan berwarna kemerah-merahan.

Hati merupakan salah satu dari dua kelenjar besar yang menghasilkan kelenjar pencerna yang berupa getah, yaitu cairan empedu yang penting untuk proses pencernaan. Cairan empedu berwarna coklat kekuningan. Kurang lebih 1/2 liter cairan empedu setiap hari dihasilkan oleh hati.

Hati dibagi dua belahan utama, yaitu kanan dan kiri. Sebagai organ penting, hati mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Sebagai penawar racun yang masuk ke tubuh kita.
  2. Membunuh bibit penyakit.
  3. Menguraikan sel darah merah.
  4. Menyimpan oksigen.
  5. Menghasilkan zat yang diperlukan untuk membekukan darah.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena kami akan menyajikan berbagai artikel pendidikan yang menarik.

Baca juga materi IPA lainnya di bawah ini !

Posting Komentar

0 Komentar