MATERI PJOK PELAJARAN II (BAGIAN 2) : KOMBINASI GERAK DASAR DALAM BERBAGAI PERMAINAN BOLA KECIL


B. Kombinasi Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Rounders

Rounders merupakan jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua kelompok. Setiap kelompok bertujuan mencetak angka dengan memukul bola dan berlari dari base pertama hingga base terakhir dalam tujuh babak/inning. Permainan rounders membutuhkan koordinasi, reaksi cepat, serta penguasaan teknik melempar dan menangkap bola. 

1. Gerak Dasar Permainan Rounders
Sebutkan kembali gerak dasar permainan kasti. Gerak dasar permainan rounders tidak jauh berbeda dengan gerak dasar permainan kasti. Apa saja gerak dasar permainan rounders?

a. Melempar Bola
Kedua gambar tersebut menunjukkan gerak melempar bola. Melempar bola merupakan gerak manipulatif. Gerak dasar melempar bola dalam permainan rounders sebagai berikut.

1) Melempar Bola Atas dengan Menarik Lengan
Bagaimana melakukan gerak lemparan bola atas? Posisi awal berdiri dengan sikap melangkah. Tarik tangan yang digunakan untuk melempar ke belakang. Lemparkan bola ke depan dengan mengayunkan tangan melewati kepala. Setelah bola lepas dari tangan, langkahkan kaki belakang ke depan.
 
2) Melempar Bola Bawah dengan Meluruskan Lengan 
Bagaimana gerak lemparan bola bawah yang baik dan benar? Amati kembali Gambar 2.9. Posisi awal, berdiri dengan sikap melangkah. Pandangan ke arah sasaran. Letakkan tangan yang memegang bola sejajar lutut. Lemparkan bola ke depan dari samping badan.

b. Kombinasi Menangkap Bola
Gerakan menangkap bola mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Bagaimana gerak menangkap bola dalam permainan rounders? Apakah sama dengan gerak menangkap bola dalam permainan kasti?

1) Kombinasi Menjulurkan Lengan dan Menangkap Bola Atas
Bagaimana gerakan menangkap bola atas? Gerakan tersebut telah kamu pelajari dalam permainan kasti. Bersama temanmu, peragakan gerakan menangkap bola atas dalam rounders. Langkah awal, berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Arahkan pandangan dan kedua lengan ke arah datangnya bola. Tangkap bola dengan sarung tangan, kemudian tarik tangan mendekat ke badan untuk menguasai bola.

2) Kombinasi Berjongkok dan Menangkap Bola Menyusur
Gerakan menangkap bola menyusur tanah telah kamu pelajari dalam permainan kasti. Masih ingatkah kamu cara mempraktikkannya? Praktikkanlah gerakan tersebut. Langkah awal, berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Tekuk kedua lutut dan pandangan ke arah datangnya bola. Tangkap bola yang menggelinding dengan sarung tangan. Saat bola masuk ke sarung tangan, tutup dengan tangan satunya.

c. Memukul Bola
Bagaimana kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif dalam memukul bola pada permainan rounders? Kamu dapat memperagakan gerakan berikut.
1. Pegang pangkal tongkat pemukul dengan salah satu tangan.
2. Kedua kaki dibuka selebar badan dan berdiri menyamping.
3. Letakkan pemukul di atas bahu sebelah kanan/kiri dengan menekuk kedua siku tangan.
4. Pandangan ke arah pelambung bola (pitcher) dan arah datangnya bola.
5. Ayunkan pemukul dengan meluruskan kedua tangan.

2. Mengombinasikan Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Rounders
Gerak dasar pada permainan rounders terdiri atas gerakan melempar bola, menangkap bola, dan memukul bola. Dalam permainan rounders, gerakan tersebut dikombinasikan dengan berlari menuju tempat hinggap (base). Kombinasi gerak dasar permainan rounders dapat dilakukan secara berkelompok atau berpasangan. Satu orang berperan sebagai pitcher yang bertugas melempar bola. Satu orang lagi bertugas memukul bola melalui lemparan bola dari pitcher. Satu orang lainnya menangkap bola hasil pukulan, kemudian melempar bola ke temannya yang lain.

Kamu telah belajar mengombinasikan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan rounders. Kamu perlu menjunjung tinggi sportivitas dan kerja sama tim. Dengan belajar permainan rounders, kamu dapat mengembangkan sikap tanggung jawab, tekun, dan kerja sama.


RANGKUMAN

1. Kasti dan rounders merupakan permainan bola kecil. Permainan kasti dan rounders terdiri atas kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

2. Gerak dasar yang harus dikuasai dalam permainan kasti dan rounders, adalah:
• melempar bola,
• menangkap bola, dan
• memukul bola.

3. Kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif dapat ditunjukkan dalam gerakan:
• melempar,
• menangkap, serta
• memukul bola kasti dan rounders.

4. Gerakan melempar bola meliputi:
• lemparan bola atas,
• lemparan bola mendatar, dan
• lemparan bola menyusur tanah.

5. Gerakan menangkap bola meliputi:
• menangkap bola atas,
• menangkap bola melambung, dan
• lemparan bola menyusur tanah.

6. Dalam permainan kasti, batas waktu ditentukan berdasarkan kemampuan kelompok penjaga mematikan kelompok pemukul. Sementara itu, dalam permainan rounders batas waktu ditentukan dengan inning.

Posting Komentar

0 Komentar