MATERI PJOK PELAJARAN II (BAGIAN 2) : VARIASI GERAK DASAR LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR DAN MANIPULATIF DALAM PERMAINAN BOLA KECIL (KASTI)


C. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti

1. Variasi Gerak Manipulatif Melempar Bola Melambung, Mendatar, dan Bawah


Melempar bola dalam permainan kasti termasuk variasi gerak dasar manipulatif. Gerakan ini untuk mengumpan kepada pemain pemukul, mengoper kepada teman satu kelompok, atau mematikan kelompok pemukul. Pada permainan kasti, gerakan melempar bola dapat dilakukan berbagai variasi.

a. Melempar Bola Melambung

Gerak dasar melempar bola melambung untuk mengumpan dalam jarak jauh. Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola melambung? Lakukan gerakan melempar bola melambung dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dibuka. Salah satu kaki berada di depan, misalnya kaki kiri.
2. Bola dipegang tangan kanan di atas bahu. Posisi tangan kiri sejajar bahu. Pandangan ke arah sasaran.
3. Lakukan gerakan ayunkan lengan ke depan untuk melempar bola. Arah bola ke atas depan agar bola melambung tinggi.
4. Ikuti gerakan melangkahkan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

b. Melempar Bola Mendatar

Gerakan melempar bola mendatar untuk mengoper kepada teman satu kelompok. Gerakan ini juga untuk mematikan pemain lawan. Cara melakukan gerakan melempar bola mendatar sebagai berikut.
1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dibuka. Salah satu kaki berada di depan, misalnya kaki kiri.
2. Bola dipegang menggunakan tangan kanan di atas bahu. Posisi tangan kiri sejajar bahu. Pandangan ke arah sasaran.
3. Lakukan gerakan ayunan lengan untuk melempar bola. Arah bola mendatar setinggi dada.
4. Posisi kaki dipertahankan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

c. Melempar Bola Menyusur Tanah

Gerakan melempar bola menyusur tanah dapat kamu amati pada Gambar 2.10. Arah bola pada gerakan ini menggelinding atau menyusur di tanah.

2. Variasi Gerak Manipulatif Menangkap Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah


Variasi gerak dasar selanjutnya, menangkap bola kasti. Untuk menangkap bola, kamu harus menguasai gerakan melempar bola. Bagaimana cara menangkap bola kasti? Secara umum, cara menangkap bola terdiri atas menangkap bola atas (melambung), menangkap bola mendatar, dan menangkap bola bawah (menyusur tanah).

3. Variasi Gerak Manipulatif Memukul Bola Melambung, 
Mendatar, dan Menyusur Tanah Memukul bola kasti dilakukan dengan mengayunkan pemukul dari belakang ke depan. Saat memukul bola, perhatikan faktor keselamatan diri sendiri dan orang lain. Dilihat dari tujuan pukulan, gerak memukul bola terdiri atas pukulan bola melambung, pukulan bola mendatar, dan pukulan bola ke bawah.

a. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Melambung
Kedua tangan memegang pemukul pemukul diayunkan ke belakang sebelum memukul bola. Ayunkan pemukul ke depan mengenai bola. Pukulan dilakukan dengan sikap santai. Cara ini dapat menghasilkan pukulan 
melambung tinggi.
b. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Mendatar
Pukulan mendatar dilakukan dengan posisi kaki kiri di depan dan tangan kanan memegang pemukul. Pemukul sejajar bahu. Pukulan ini menghasilkan arah bola bergerak dengan cepat ke depan.
c. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Menyusur Tanah
Posisi awal, berdiri dengan satu kaki di depan. Tangan yang memegang pemukul ditarik ke belakang atas. Pandangan ke arah datangnya bola. Ayunkan pemukul ke arah 
bola dengan memantulkan bola ke bawah agar arah bola menyusur tanah. Setelah memukul, alat pemukul diletakkan di area pemukul.

4. Pembelajaran Variasi Gerak Manipulatif Dasar dalam Permainan Kasti

a. Menangkap dan Melempar Bola
Langkah-langkahnya sebagai berikut.
1. Bentuklah dua kelompok besar, misalnya kelompok X dan Y. Kedua kelompok berbaris berderet ke samping dan saling berhadapan dengan jarak sekitar 5 m.
2. Kelompok X melempar bola ke arah kelompok Y secara melambung, mendatar atau menyusur tanah.
3. Kelompok Y menangkap bola menggunakan kedua tangan.
4. Kegiatan ini dilakukan secara berulang -ulang.
5. Kegiatan ini dilakukan hingga semua anggota kelompok melakukan gerakan menangkap dan melempar bola.
6. Lakukan kegiatan ini secara sportif, disiplin, dan tanggung jawab.
  
b. Melempar dan Memukul Bola
Langkah-langkah berikut.
1. Bentuklah dua kelompok besar, misalnya kelompok X dan Y. Kedua kelompok berbaris berbanjar dan saling berhadapan dengan jarak sekitar 5 m.
2. Kelompok X sebagai pelempar bola, sedangkan kelompok Y sebagai pemukul. Bergantilah peran jika semua anggota kelompok X sudah melempar bola.
3. Anggota paling depan kelompok X (X1) melempar bola mendatar ke arah anggota terdepan kelompok Y (Y1). Setelah melempar bola, siswa X1 berjalan ke posisi belakang kelompok Y.
4. Siswa Y1 memukul bola dengan pukulan mendatar. Setelah memukul bola, siswa Y1 berjalan ke posisi belakang kelompok X.
5. Lakukan gerak melempar dan memukul bola secara bergiliran. Lakukan kegiatan ini hingga semua anggota kelompok memperoleh giliran melempar dan memukul bola.
6. Lakukan kegiatan ini secara sportif dan tanggung jawab.

Kasti merupakan bentuk permainan tradisional yang berkembang di Indonesia. Kasti dimainkan dua kelompok untuk mengumpulkan poin. Pada permainan kasti, terdapat faktor kebangsaan dan pendidikan. Faktor kebangsaan dikembangkan dengan melestarikan permainan kasti. Faktor pendidikan terasah melalui permainan kasti mulai dari sikap, komunikasi, kejujuran, tanggung jawab, percaya diri, dan ungkapan syukur. Permainan kasti juga memiliki banyak manfaat antara lain meningkatkan ketangkasan, meningkatkan kekompakan, serta menumbuhkan rasa solidaritas dan persahabatan.

RANGKUMAN

1. Permainan bola kecil adalah bentuk permainan atau olahraga menggunakan bola berukuran kecil, misalnya bola kasti. Pada permainan kasti, terdapat juga variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

2. Kasti merupakan bentuk permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua kelompok, yaitu kelompok penjaga dan kelompok pemukul. Setiap regu terdiri atas dua belas anak. 

3. Variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti sebagai berikut.
a. Berjalan dan berlari.
b. Berlari dan melompat.
c. Berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok.

4. Variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan kasti, sebagai berikut.
a. Menekuk kaki dan tangan.
b. Memutar badan dan mengayunkan tangan.
c. Menekuk dan mengayunkan tangan.

5. Variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan kasti sebagai berikut.
a. Melempar bola melambung, mendatar, dan menyusur tanah.
b. Menangkap bola melambung, mendatar, dan menyusur tanah.
c. Memukul bola melambung, mendatar, dan ke bawah.

6. Pembelajaran variasi gerak dasar dalam permainan bola kasti, yaitu melempar dan menangkap bola sertamelempar dan memukul 
bola.

Posting Komentar

0 Komentar