Jumlah Kata yang Ideal untuk Konten Web atau Artikel

Situsartikel92.com, Setelah menulis tentang pentingnya pemasaran konten untuk sebuah situs web, saya akan membahas jumlah kata dalam konten baik dari segi pembaca maupun mesin pencari untuk tujuan SEO. 

SEO atau Search Engine Optimization adalah praktik mengoptimalkan situs web untuk peringkat tinggi di Google atau mesin pencari lainnya. SEO berfokus pada peringkat organik atau lalu lintas yang Anda dapatkan secara gratis.

Sering sekali konten pada blog atau di situs web adalah untuk mendukung situs web itu sendiri, menjaganya agar tetap diperbarui dan hadir setiap saat

Berikut adalah 4 kriteria jumlah kata untuk konten blog Anda:

1. 300 s.d 400 kata

Standar minimum jika Anda ingin diperhatikan dalam hal SEO. Biasanya jenis kontennya adalah informasi singkat yang tidak perlu terlalu dalam.

Untuk konten jenis ini, orang tidak perlu membaca terlalu detail karena ingin mendapatkan informasi praktis dengan cepat. Biasanya waktu membaca hanya 1-1,5 menit

Contoh jenis konten informasi yang berguna, seperti artikel gaji pemasaran digital. Jelas, orang hanya ingin tahu berapa kisaran gaji untuk seorang pemasar digital.

2. 500 s.d 800 kata

Angka ini berlaku untuk jenis artikel pendidikan informasional dimana pembaca lebih tertarik untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam. Nomor ini juga sering dipilih untuk kategori content marketing

Tips, how-tos dan guide type artikel lebih baik jika berada pada range berikut, karena jika dibawah range tersebut maka pembaca artikel tersebut dapat dianggap kurang berbobot, sehingga akan berpindah ke halaman lain.

3. 800 s.d 1200 kata

Ini adalah artikel dalam bentuk informasi terperinci, tetapi juga panduan yang cepat, diskusi langkah-demi-langkah.

Dimulai dengan pembobotan artikel di awal, daftar artikel 1, 2, dan 3, hingga memberikan kasus penelitian mendalam dan diskusi lainnya

Artikel-artikel ini biasanya ditulis oleh para ahli yang membutuhkan sumber daya dan pengetahuan yang mendalam. Seorang penulis konten rata-rata jarang mampu menulis lebih dari 800 kata

Contohnya seperti artikel ini tentang cara memulai pemasaran digital dari awal hingga akhir. Jelaskan poin demi poin di sana sampai koheren. Studi kasus dapat menjadi ilustrasi bagi pembaca.

3. Diatas 1200 kata

Jika jumlah kata di situs web terlalu panjang, itu akan tampak seperti makalah ilmiah.

Saya sering membaca artikel dari situs seo terkenal seperti blog Moz, blog Alexa, Neil Patel, dll. Rata-rata berada pada kisaran 700-1200 kata, dan kualitasnya cukup memadai.

Untuk artikel di situs web pembelajaran digital DHA itu sendiri, berkisar dari poin 2, 500-800 kata dalam gaya ruang yang mudah dibaca Postingan web atau blog berbeda dengan tulisan ilmiah.

Jangan samakan ngeblog dengan penulisan ilmiah yang mengikuti standar bahasa Indonesia, malah harus bisa bikin bahasanya asik dan enak ngobrol sama pembaca.

Alih-alih menambahkan tema ruang baru paragraf demi paragraf, dapat dibuat kalimat demi kalimat atau bahkan kata demi kata untuk memudahkan pembaca dalam membaca.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar