Sejarah Perkembangan Internet

Situsartikel92.com - Di zaman sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan internet. Perkembangan internet juga sangat pesat dan sangat di dukung dalam penyebarannya. Internet sangat berguna untuk era modern yang ditutup dengan keakuratan informasi yang berkembang di berbagai aspek wilayah. Ada juga dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet, seperti pornografi, kekerasan dan gore.

Pengertian Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah sistem global dari semua jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP). Dan Internet (dengan huruf kapital "I") adalah sistem komputer publik yang terhubung di seluruh dunia dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol komunikasi packet-switched. Jaringan internet terbesar disebut Internet. Cara menghubungkan jaringan dengan cara ini disebut internetwork. Fungsi jaringan komputer ini memungkinkan pengguna komputer untuk bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Sejarah Internet

Pada tahun 1957 awal mula internet melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan Sputnik). jaringan komputer digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang, komunikasi akan lumpuh.

ARPANET ditetapkan sebagai standar pengembangan protokol baru yang saat ini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Tujuan awal dari proyek pembangunan adalah untuk keperluan militer. Gabungan dari kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal sebagai DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson menciptakan program email pertama untuk ARPANET. Pada tahun yang sama, ikon @ juga diperkenalkan sebagai simbol penting yang menunjukkan 'at' atau 'on'. Pada tahun 1973, jaringan komputer Arpanet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat.

Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern pada tanggal 26 Maret 1976. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroup pertama yang disebut USENET. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP.

Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Tidak kurang dari 100.000 komputer sekarang membentuk jaringan. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga merupakan kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Kejaidian Penting Dalam Sejarah Internet

1. Kejadian-kejadian penting seputar internet

>> Pada tahun 1957 Uni Soviet (Rusia) meluncurkan pesawat luar angkasa Sputnik.

>> 1958 Setelah "kegagalan" peluncuran pesawat luar angkasa AS, sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan AS melakukan penelitian lanjutan

>> Programs Agency (ARPA), dirancang untuk memungkinkan Amerika Serikat memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi negara itu. Salah satu tujuannya adalah teknologi komputer.

>> Pada tahun 1962 J.C.R. Licklider menulis tentang visi bahwa komputer dapat saling berhubungan dalam skala global, sehingga setiap komputer dapat menyediakan akses ke program dan data. Sepanjang tahun, RAND Corporation juga mulai mengerjakan ide ini untuk keperluan militer (jaringan komputer terdistribusi). Teori packet switching pada tahun 1960-an dapat diimplementasikan di dunia nyata. ARPA mengembangkan ARPANET pada pertengahan 1960-an untuk mempromosikan "jaringan kerja sama komputer berbagi waktu", dan hingga tahun 1969 hanya empat mainframe yang dapat dihubungkan: Stanford Research Institute, UCLA, UC Santa Barbara, dan University of Utah.

>> 1965 Istilah "hiperteks" diciptakan oleh Ted Nelson.

>> Jaringan Tymnet dibuat pada tahun 1968.

>> 1971 Keanggotaan jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 node komputer, termasuk komputer riset milik pemerintah AS dan universitas.

>> 1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut International Networking Working Group (INWG) dibentuk untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan mengembangkan standar untuk jaringan komputer, termasuk Internet. Juru bicara pertama kelompok itu adalah Vint Cerf, yang kemudian dikenal sebagai "Bapak Internet"

>> 1972-1974 Beberapa layanan database komersial, seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dll., didaftarkan ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

>> 1973 ARPANET di luar Amerika Serikat: Tahun ini keanggotaan ARPANET meningkat lagi, termasuk beberapa universitas di luar Amerika Serikat, yaitu University College London di Inggris dan Royal Radar Institute di Norwegia.

>> 1974 Vint Cerf dan Bob Kahn menerbitkan spesifikasi rinci dari protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam "A Protocol for Packet Network Interconnection".

>> Pada tahun 1974, kontraktor ARPANET Bolt, Beranet & Newman (BBN) meluncurkan versi komersial ARPANET, yang mereka sebut Telenet, layanan data paket publik pertama.

>> Pada tahun 1977 sudah ada 111 komputer yang terhubung ke ARPANET.

>> 1978 Protokol TCP dibagi menjadi dua bagian, Protokol Kontrol Transmisi dan Protokol Internet (TCP/IP).

>> 1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh alumni Universitas Duke dan Universitas Carolina Utara Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin. Sejak itu, penggunaan Usenet juga meningkat drastis. Tahun ini, emoji diusulkan oleh Kevin McKenzie. Awal 1980-an. Komputer pribadi (PC) adalah endemik dan bagian dari kehidupan banyak orang. Rekor tahun ini

>> ARPANET sudah memiliki hingga 213 anggota yang terhubung ke host. Layanan BITNET (Because It's Time Network) diluncurkan dengan menyediakan layanan email, mailing list, dan File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) juga didirikan tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan tersebut menyediakan layanan email dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan ini tanpa memiliki akses ke ARPANET.

>> 1982 Istilah "Internet" digunakan untuk pertama kalinya dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol umum untuk jaringan.

>> Server nama dikembangkan untuk memungkinkan pengguna terhubung ke host tanpa mengetahui jalur pasti ke host tersebut. Lebih dari 1000 host terdaftar ke Internet tahun ini.

>> 1986 Sistem Nama Domain, sekarang dikenal sebagai DNS (Domain Name System), diperkenalkan untuk menyatukan sistem alamat bernama pada jaringan komputer.

>> 1972 Roy Tomlinson menyelesaikan program email yang dia buat untuk ARPANET setahun sebelumnya. Program email ini sangat sederhana sehingga langsung berhasil. Pada tahun yang sama, ikon @ juga diperkenalkan sebagai simbol penting untuk "at" atau "on". Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai berkembang di luar Amerika Serikat.

>> Komputer UCL adalah yang pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua ahli komputer, Vinton Cerf dan Bob Kahn, muncul dengan ide yang lebih besar yang menjadi pelopor pemikiran Internet. Ide ini pertama kali diajukan di University of Sussex.

>> Tanggal bersejarah berikutnya adalah 26 Maret 1976, ketika Ratu berhasil mengirim email dari Royal Signals and Radar Agency di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer bergabung dengan ARPANET untuk membentuk jaringan. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama yang disebut USENET. Pada tahun 1981, France Telecom membuat terobosan dengan meluncurkan telepon TV pertama, yang memungkinkan orang untuk berbicara satu sama lain melalui tautan video.

>> Karena semakin banyaknya komputer yang membentuk suatu jaringan, maka diperlukan suatu protokol resmi yang dapat dikenali oleh semua jaringan. Pada tahun 1982, Transmission Control Protocol atau TCP dan yang kita semua kenal sebagai Internet Protocol atau IP dibentuk. Pada saat yang sama, jaringan komputer saingan muncul di Eropa, yang disebut Eunet, yang menyediakan layanan jaringan komputer di Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Eunet Network menyediakan layanan email dan newsgroup USENET.

>> Untuk menyeragamkan alamat pada jaringan komputer yang ada, Sistem Nama Domain diperkenalkan pada tahun 1984, yang sekarang kita sebut sebagai DNS atau Sistem Nama Domain. Ada lebih dari 1000 komputer yang terhubung ke jaringan yang ada. Pada tahun 1987, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan meningkat sepuluh kali lipat menjadi lebih dari 10.000.

>> 1988 Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat secara bersamaan. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling terhubung sekali lagi tumbuh sepuluh kali lipat dalam satu tahun. Sekarang ada tidak kurang dari 100.000 komputer dalam satu jaringan. Tahun 1990 adalah tahun paling bersejarah ketika Tim Berners-Lee menemukan program editor dan browser yang dapat menjelajah dari satu komputer ke komputer lain, sehingga membentuk web. Program ini disebut www atau World Wide Web.

>> Pada tahun 1992, jumlah komputer yang terhubung satu sama lain untuk membentuk jaringan telah melampaui satu juta unit, dan kata Internet muncul di tahun yang sama.

>> Pada tahun 1994, situs Internet telah berkembang menjadi 3.000 alamat halaman, dan belanja virtual atau ritel elektronik pertama kali muncul di Internet. Dunia berubah seketika. Tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga merupakan kelahiran Netscape Navigation 1.0.

2. Internet pada saat ini

>> Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, seorang ahli komputer dari Inggris, menciptakan World Wide Web, sebuah program yang memungkinkan suara, gambar, film, dan musik ditampilkan di Internet. Karena penemuan inilah Internet menjadi lebih menarik dan beragam. Dulu, internet hanya bisa digunakan oleh golongan dan komponen tertentu saja. Tapi sekarang orang di rumah juga bisa terhubung ke Internet menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada publik.

Selain manfaat di atas, internet juga memiliki dampak negatif karena informasi yang tersedia di internet begitu gratis. Hal ini dapat mengekspos anak-anak pada hal-hal yang tidak pantas untuk dilihat atau dibaca.

3. Cara akses ke internet

Internet Sekarang Dapat Diakses di Luar Angkasa. Untuk pertama kalinya, di ketinggian yang sangat tinggi, astronot akhirnya bisa mendapatkan akses internet. Timothy Creamer, salah satu astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), telah bekerja keras untuk menyediakan akses internet di luar angkasa. Creamer kemudian mencoba memposting pesan Twitter atau tweet langsung dari luar angkasa pada 22 Januari 2010 waktu setempat.

Akses internet tersedia di ISS. Astronot dapat menggunakan laptop on-board untuk menjangkau komputer di kontrol misi, lalu menjelajah internet. Akses internet jarak jauh ini dapat tersedia kapan saja selama ada tautan komunikasi berkecepatan tinggi yang solid. Ini bukan pertama kalinya astronot yang bertugas di luar angkasa men-tweet.

Perkembangan Internet di Indonesia

RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo adalah beberapa nama legendaris di awal perkembangan Internet Indonesia dari tahun 1992 hingga 1994.

Inspirasi awal lahirnya Internet Indonesia berasal dari kegiatan di radio amatir, khususnya di Amateur Radio Club (ARC) ITB pada tahun 1986. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia dikoordinir oleh Onno W. Purbo (YC0MLC). Koordinasi dan kegiatan mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan dikoordinasikan melalui milis ORARI.

Robby Soebiakto adalah pionir di kalangan aktor radio amatir Indonesia. Dia menghubungkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS), yang merupakan jaringan penyimpanan dan penerusan email yang menghubungkan banyak 'server'. Pada awal 1990-an, komunikasi antara Onno W. Purbo, yang berada di Kanada dan disebut YC1DAV/VE3 dengan mitra radio amatirnya di Indonesia, dilakukan melalui jaringan radio amatir ini.

RMS Ibrahim adalah mesin di balik operasi internet UI. RMS Ibrahim dulunya adalah operator yang menjalankan gateway Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan UNINET Universitas Indonesia. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan untuk mengirimkan email dan newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama domain tingkat atas kode negara (ccTLD), yang kemudian dikenal sebagai IDNIC.

Muhammad Ihsan, peneliti di LAPAN Ranca Bungur, tidak jauh dari Bogor, pada awal 1990-an, didukung oleh pimpinan Ibu Adrianti, bekerja sama dengan DLR untuk mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi radio paket pada pita 70cm dan 2m. Jaringan ini disebut JASIPAKTA dan mendukung DLR Jerman. Protokol TCP/IP berjalan di atas protokol AX.25 dari infrastruktur radio paket. Dari tahun 1993 hingga 1998, Muhammad Ihsan mendirikan liaison relay antara ITB di Bandung dan gateway Internet BPPT.

Firman Siregar adalah pengendara sepeda motor di BPPT yang mengoperasikan gateway radio paket yang beroperasi di pita 70 cm antara tahun 1993 dan 1998. Sebuah PC 386 sederhana yang menjalankan program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway radio paket TCP/IP. IPTEKNET masih dalam tahap awal pengembangan, dan protokol X.25 masih digunakan untuk saluran komunikasi ke Internet melalui jaringan System of Packet Data Communication (SKDP) yang terhubung ke gateway DLR Jerman.

Putu adalah nama pengembangan PUSDATA DEPRIN di bawah kepemimpinan Menteri Tungki Ariwibowo yang menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id. Di masa-masa awal BBS, Pak Putu berperan penting dalam membangun pelanggan email, khususnya di Jakarta. Tuan Putu beruntung memiliki menteri Tuan Tungki, dia adalah "orang gila" IT dan sangat mengesankan bahwa Tuan Tungki akan menjawab email secara langsung. Mungkin Pak Tungki adalah menteri Indonesia pertama yang membalas emailnya sendiri.

Suryono Adisoemarta N5SNN kembali ke Indonesia pada akhir tahun 1992, kesempatan itu tidak dilewatkan oleh anggota Amateur Radio Club (ARC) ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K. Arief, Arman Hazairin yang didukung oleh Adi Indrayanto. Berawal dari semangat dan bermodalkan 286 PC bekas, mungkin ITB adalah institusi termiskin yang ngotot ikut dalam jaringan PaguyubanNet.

ITB dimulai dengan teknologi radio paket 1200bps dan kemudian dikembangkan pada tahun 1995 untuk mendapatkan koneksi leased line 14.4Kbps dari RISTI Telkom sebagai bagian dari akses Internet IPTEKNET, masih tersedia secara bebas untuk rekan-rekan lainnya. September 1996 merupakan tahun transisi bagi ITB, memperoleh bandwidth 1,5Mbps ke Jepang dan meningkatkan koneksi 2Mbps ke TelkomNet dan IIX sebagai hasil dari koneksi ITB ke jaringan riset Asia Internet Interconnection Initiative (AI3). ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting.

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel dalam satu lokasi. Hal inilah yang mendasari terbentuknya internet. Nama-nama tersebut adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) Untuk menyatukan beberapa bahasa yang terhubung dengan transmisi data.

Posting Komentar

0 Komentar