Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

DEKLAMASI PUISI



Deklamasi puisi merupakan penguasaan beberapa bidang seperti puisi sebagai teks dan seni peran itu sendiri. Deklamasi puisi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu declamare atau declaim yang bermakna membaca suatu hasil sastra yang berbentuk puisi dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu. Gerak yang dimaksud adalah gerak yang benar-benar membantu dalam mengungkapkan isi dari puisi. Seorang pendeklamasi puisi yang mampu menunjukkan aksinya diatas panggung tentu menjadi sangat menarik karena benar-benar menguasai hal-hal lain yang mendukung kegiatan tersebut. Deklamasi dapat pula dilakukan untuk gendre sastra yang lainnya seperti cerpen, atau novel.


Puisi yang dideklamasi akan menjadi daya tarik tersendiri baik bagi pendeklamasi itu sendiri, juga bagi penikmat deklamasi. Setiap orang yang dikaruniai oleh Tuhan dengan akal dan dan panca indra yang baik, dapat dipastikan mampu melakukan deklamasi puisi dengan baik. Mulut yang diolah akan mengeluarkan kata-kata dengan jelas sesuai dengan yang diinginkan. Begitupun dengan mata, dan anggota tubuh lainnya akan memberikan dukungan untuk menciptakan suatu imajinasi yang dapat menyampaikan pesan kepada penonton. jika sudah demikian, seorang pendeklamasi puisi biasanya telah dikatakan benar-benar mahir.


Deklamasi dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Bahkan tak jarang kita melihat seseorang yang mempunyai cacat tubuh tetapi dapat mendeklamasi puisi dengan baik. jadi, sekaranglah saatnya belajar menjadi pendeklamasi puisi yang baik. Untuk itu, sebelum kita menguasai deklamasi puisi terlebih dahulu kita mengenali puisi itu sendiri.

Posting Komentar

2 Komentar

abdur razaq yurdano mengatakan…
kurang memuaskan
situsartikel mengatakan…
Mohon maaf jika kurang memuaskan, akan Admin perbaiki apa yang membuat anda merasa kurang puas. terima kasih telah mampir di blog ini...

Salam Admin