Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

KREASI DARI DAUN KELAPA


Daun kelapa mempunyai banyak manfaat. Daun kelapa dapat digunakan untuk membuat ketupat dan lepet, salah satu makanan khas Yogya. Masyarakat juga sering menggunakan daun kelapa untuk membuat hiasan pada upacara pernikahan adat jawa, sunda, betawi, dan bali.


      a.       Merangkai Janur Untuk Upacara Pernikahan
Untuk memeriahkan upacara pernikahan biasanya digunakan dekorasi yang cukup meriah salah satu dekorasi biasanya digunakan adalah dekorasi berbahan janur yang dirangkai menjadi berbagai bentuk hiasan yang indah dan menarik
Ada bermacam-macam bentuk yang dapat dibuat dari kreasi ini. Semua tergantung pada jiwa seni sang pembuat.
1.        Merangkai Janur Menjadi Bentuk Sirip

Bahan :
Janur warna kuning cerahdan tidak cacat

Alat :
Gunting, pisau, cutter atau silet, stapler.



Langkah-langkah :
a.       Ambil sehelai janur yang bagus.
b.   Iris helai daun dengan membentuk sudut 300 kearah dalam sampai batang lidi. Beri jarak masing-masing sekitar 5 cm. Irisan-irisan ini akan membentuk seperti potongan-potongan jajargenjang.

c.       Irislah helai janur tersebut mulai dari pangkal hingga keujung daun. Lakukan dengan hati-hati dan rapi.
d.  Iris sedikit bagian ujung masing-masing potongan. Irisan ini akan digunakan untuk mengaitkan antara potongan daun bagian kanan dan kiri.

Cara Memakai :
  1.     Buka janur yang sudah diberi irisan. Lekuk dan gabungkan tiap-tiap helai sebelah kanan  dan kiri         dengan posisi batang lidi di sebelah dalam.
  2.     Masukkan tiap-tiap helai daun pada irisan kecil disetiap ujung daun hingga masing-masing terkait         dengan rapi.
  3.     Kerjakan pada tiap-tiap potongan daun, mulai dari pangkal hingga ujung daun.
  4.     Rangkaian janur yang membentuk sirip telah selesai dan siap dipakai untuk menambah keindahan         umbul-umbul atau kembang mayang.



Setelah terbentuk (dari hasil potongan tadi)


Maka hasilnya seperti diatas ini.

Posting Komentar

0 Komentar