Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

BELAJAR BAHASA

Belajar bahasa adalah cara anak memahami serta mampu mengucapkan dan mengerti apa yang diucapkan dari berbagai jenis bahasa baik lisan maupun tulisan. dalam hal ini yang sangat berperan penting adalah kedua orang tua.  sering ada pertanyaan yang terlontar dari banyak kalangan, bagaimana mereka belajar bahasa sehingga hasilnya begitu luar biasa?

Anak-anak itu belajar dan menguasai bahasa tanpa disadari dan beban, apalagi diajari secara khusus. Mereka belajar bahasa melalui pola berikut :

1. Semua komponen, sistem,dan keterampilan bahasa dipelajari secara terpadu.

Ketika anak belajar berbicara, dia sekaligus belajar menyimak. pada saat itu pula, tanpa disadari, mereka pun mempelajari dan menguasai komponen dan aturan bahasa, seperti bunyi bahasa berikut sistem fonologinya, satuan bahasa (seperti frase, kalimat, wacana, intonasi) berikut sistem gramatika, kosa kata dan sistem penggunaannya, serta pragmatik yang memungkinkan mereka dapat memilih dan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan fungsi dan tujuan berbahasa.

2. Belajar bahasa dilakukan secara alami dan langsung dalam konteks yang otentik.

Anak-anak belajar bahasa tanpa  terlebih dulu belajar teori bahasa, melainkan melalui pengalaman langsung dalam kegiatan berbahasa (immersion)

3. Belajar bahasa dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kebutuhannya.

Anak belajar bahasa secara bertahap, tahapan ini terjadi seiring dengan kebutuhan anak dalam berkomunikasi serta pertumbuhan fisik, intelektual, dan sosial mereka. Mereka belajar bahasa dari yang sederhana menuju yang rumit, dari yang dekat menuju yang jauh, dan konkret menuju yang abstrak.

4. Belajar bahasa dilakukan melalui uji coba (Trial-Error) dan strategi lainnya

Mencontoh adalah salah satu cara yang dilakukan anak dalam belajar bahasa. Anak meniru atau mencontoh perilaku berbahasa yang disediakan lingkungannya secara kreatif. ia mengolah dan menerapkannya secara langsung dalam berbahasa melalui strategi uji coba. Oleh karena itu, kesalahan dalam belajar bahasa harus disikapi secara wajar, sebagai bagian penting dari belajar bahasa itu sendiri.

Print PDF

Posting Komentar

0 Komentar