Contoh Surat Keterangan Aktivasi Penerima Program Indonesia Pintar (PIP)

Salam...!

Halo Sobat Situsartikel. Selamat datang di Web ini, seperti biasanya admin akan memberikan atau membagikan contoh surat menyurat lagi. Artikel kali ini terkait dengan salah satu persyaratan yang digunakan untuk melakukan aktivasi penerima bantuan PIP.

PIP ini adalah bantuan pemerintah dalam bentuk uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar kepada siswa dari latar belakang miskin atau kurang mampu untuk membiayai pendidikan mereka.

Tujuan PIP

PIP dirancang untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga miskin/tidak mampu/prioritas untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan hingga tamat pendidikan menengah, termasuk jalur nonformal dan pendidikan khusus dari SD formal sampai SMA/SMK dan dari paket A hingga C. 

Melalui program ini, pemerintah berupaya mencegah siswa putus sekolah dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah untuk tetap kembali melanjutkan hingga menyelesaikan pendidikan. PIP juga diharapkan dapat menekan banyaknya biaya personal dalam melanjutkan pendidikannya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Syarat Penerima PIP

Beberapa syarat penerima PIP yang tercantum pada situs https://pip.kemdikbud.go.id. sebagai berikut

  1. Peserta didik/Siswa pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  2. Peserta didik/Siswa dari golongan keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti :
    • Peserta didik/Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin;
    • Peserta didik/Siswa dari keluarga peserta PKH (Program Keluarga Harapan);
    • Peserta didik/Siswa dari keluarga pemegang KKS (Kartu Keluarga Sejahtera);
    • Peserta didik/Siswa berstatus Yatim Piatu/ Yatim/Piatu dari Sekolah/Panti Sosial/Panti Asuhan;
    • Peserta didik/Siswa yang daerahnya terkena dampak bencana alam;
    • Peserta didik/Siswa yang tidak dapat bersekolah lagi (Drop Out), yang diharapkan bisa kembali bersekolah;
    • Peserta didik/Siswa yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), daerah konflik, keluarga terpidana, berada di lembaga pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah.
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan non-formal lainnya.

Berdasarkan keterangan diatas, dapat kita menyimpulkan bahwa PIP (Program Indonesia Pintar) adalah program yang di berikan oleh pemerintah dalam menangani anak-anak putus sekolah dengan berbagai kriterianya.

Sesuai dengan judul artikel ini, yaitu Contoh Surat Keterangan Aktivasi Penerima Program Indonesia Pintar (PIP). Maka admin akan memberikan lampiran file surat sesuai dengan judul artikel ini. Adapun file surat yang admin bagikan sangat mudah, ekstensi (doc.), tinggal di edit sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

File Surat Keterangan  Aktivasi Penerima Program Indonesia Pintar (PIP). Silahkan klik link dibawah ini untuk langsung mengunduhnya. Semoga bermanfaat.

>>>  Contoh Surat Keterangan Aktivasi Penerima Program Indonesia Pintar (PIP)  <<<

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena dengan support Anda, Admin akan menyajikan berbagai artikel yang menarik yang dapat Anda nikmati.

Posting Komentar

0 Komentar