Rangkuman Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Pernapasan)

Situsartikel92.com. Selamat datang dan salam sejahtera untuk Anda pengunjung website situsartikel92.com, sesuai dengan judul artikel ini yaitu : Rangkuman Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Udara). Silahkan di simak rangkuman pelajaran dibawah ini !

Untuk mempertahankan hidup, semua makhluk hidup bernafas secara terus menerus. Bernafas merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Melalui pernafasan, makhluk hidup mengambil zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembakaran.

A. Pernafasan Memerlukan Udara

Bernafas adalah proses masuknya udara kedalam tubuh (paru-paru) dan mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh. Unsur udara yang masuk terdiri dari Nitrogen, Oksigen, Karbondioksida, Uap air dan Zat sisa lainnya.

Oksigen adalah zat yang paling dibutuhkan dalam proses pernafasan untuk mengoksidasi sebagian dari zat-zat makanan terutama karbohidrat dan lemak. Hewan dan tumbuh-tumbuhan memerlukan udara untuk pernafasan.

B. Alat-Alat Pernafasan

1. Pernafasan Manusia

Kita selalu menghirup dan menghembuskan udara setiap saat. Ketika manusia dan hewan bernafas, mereka mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Oksigen digunakan dalam tubuh untuk pembakaran, yang kemudian mengubah makanan menjadi panas dan energi.

Membakar makanan dalam tubuh kita menghasilkan karbon dioksida. Saat kita bernafas, kita menghembuskan karbon dioksida dan uap air.

Organ pernapasan manusia meliputi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Tenggorokan adalah tabung berotot yang diperkuat dengan tulang rawan sehingga tetap terbuka. Ujung atas tenggorokan terhubung dengan rongga hidung dan rongga mulut. Saat kita menelan makanan, bukaan tenggorokan ditutup oleh katup untuk mencegah makanan masuk ke tenggorokan.

a. Hidung

Bagian dalam hidung memiliki bulu hidung dan selaput lendir untuk menyaring udara.

b. Tenggorokan

>  Ujung atas tenggorokan terhubung dengan rongga hidung dan rongga mulut.

>  Ada katup yang menutup lubang tenggorokan saat kita menelan makanan.

>  Garpu bawah terhubung ke paru-paru.

c. Paru-paru

>  Terdiri dari alveoli yang diselubungi oleh pembuluh darah.

>  Beberapa pembuluh darah membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung dan ke seluruh tubuh.

>  Sejumlah pembuluh darah membawa limbah hasil pembakaran tubuh melalui jantung ke paru-paru untuk dibuang.

2. Pernapasan Pada Hewan

Organ pernapasan hewan berbeda-beda :

a. Paru-paru

Hewan yang bernapas dengan paru-paru, seperti paus, buaya, lumba-lumba, kerbau, sapi, kuda, dll.

b. Insang

Hewan yang bernafas dengan insang adalah ikan, seperti ikan tuna, ikan mas, nila, dll. (Paus bukan termasuk bangsa ikan, tetapi bangsa mamalia).

c. Kulit

Hewan yang bernapas melalui kulit adalah cacing.

d. Trakea

Hewan yang bernapas melalui trakea adalah serangga (belalang, jangkrik, kupu-kupu, lebah, kumbang, nyamuk, rayap, dan lalat).

3. Pernapasan Pada Tumbuhan

  1. Pernapasan pada tumbuhan berbeda jika di bandingkan dengan pernapasan pada manusia dan hewan. Pada siang hari tumbuhan membuat bahan makanan dengan menyerap karbon dioksida dari udara dan mengeluarkan oksigen ke udara. Alat pernapasan tumbuhan adalah daun. Pada daun terdapat mulut daun atau stomata yang terlihat pada bagian bawah daun dan berfungsi untuk menghirup karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.
  2. Pernapasan pada tumbuhan dapat juga dilakukan melalui akar. Seperti tumbuhan Anggrek dan Beringin yang bernapas melalui akar napas dan akar gantung.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena dengan support Anda, Admin akan menyajikan berbagai artikel yang menarik yang dapat Anda nikmati.

Posting Komentar

0 Komentar