Contoh Perangkat Pembelajaran Kegiatan Pembiasaan Literasi 4 {Kelas 6}

Situsartikel92.com, Pembiasaan (habituation) adalah proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang. 

Pembiasaan merupakan cara efektif dalam proses pembentukan karakter anak. Kebiasaan adalah sikap dan perilaku yang relatif stabil yang terbentuk melalui proses yang berulang-ulang. Kebiasaan yang baik juga akan memberikan pengaruh yang baik bagi anak.

Tujuan pembiasaan itu sendiri adalah agar siswa terbiasa, yang kemudian dapat ditanamkan dalam pola pikirnya sehingga apa yang diajarkan dapat menjadi dasar pengetahuan untuk tahap pembelajaran selanjutnya.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan pembiasaan ini adalah agar siswa dapat mengembangkan dan membiasakan diri dengan suatu tujuan secara konsisten dan berkesinambungan. Saya harap bisa benar-benar mengakar di hati mahasiswa dan akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan di kemudian hari. Kebiasaan adalah kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari anak untuk menjadikannya kebiasaan yang baik. Pembiasaan ini mencakup aspek-aspek seperti perkembangan moral, nilai-nilai agama, etika, perkembangan sosial-emosional, dan kemandirian. 

Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan guru untuk membangun karakter siswanya.

1. Menjadi panutan bagi siswa

Guru dipandang oleh siswa sebagai orang tua yang lebih dewasa. Artinya, siswa mengikuti teladan guru dalam tindakan dan perilaku. Hal ini menuntut guru untuk menjaga sikap dan perilaku agar dapat memberikan teladan yang baik.

2. Jadilah Apresiator

Sebagai seorang guru, Anda seharusnya tidak hanya menghargai nilai, tetapi juga menghargai upaya siswa. Mengevaluasi siswa dari segi akademik memang penting, tetapi juga perlu menghargai hal-hal baik yang dilakukan siswa. 

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menghargai upaya siswa Anda tanpa membandingkan nilai yang mereka peroleh. Misalnya, memuji siswa, datang lebih awal, rajin mengerjakan PR, dan bersikap baik di sekolah.

Dengan membiasakan diri dengan hal-hal kecil seperti ini, siswa bisa menghargai usahanya. Jadi character building adalah tentang terus mau belajar dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

3. Ajarkan nilai-nilai moral di setiap kelas

Kalau hanya materi pelajaran, semua orang bisa mengetahuinya, karena sudah tertulis di buku. Setiap kelas bagus dan guru juga menanamkan nilai-nilai moral yang bisa dijadikan bahan pelajaran hidup.

Misalnya, ketika mengajar matematika, guru tidak hanya memberi siswa rumus dan cara melakukan sesuatu. Dengan mengajarkan nilai-nilai kehidupan, seperti mengerjakan soal matematika, kita bisa belajar sabar dan berusaha menyelesaikan masalah dengan mengasah logika berpikir kita.

4. Jujur dan menerima kesalahan

Guru juga manusia, jadi mereka pasti akan membuat kesalahan meskipun mereka tidak bermaksud atau melakukannya. Misalnya, pernah guru terlambat dan mengoreksi jawaban siswa yang salah. Untuk memberikan contoh yang baik, seorang guru harus mau mengakui kesalahan sekecil apapun. Sebagai manusia, kita harus berani jujur ​​pada diri sendiri dan mau mengakui kesalahan yang kita buat.

5. Ajarkan sopan santun

Yang sering diabaikan di sekolah adalah bagaimana bersikap sopan. Ini adalah hal yang sangat penting dan para siswa harus diajarkan untuk menjaga sikap dan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Bukan hal yang aneh bagi guru untuk menemui siswa yang bersikap kasar hanya karena mereka tidak tahu bagaimana harus bersikap dengan benar.

6. Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar menjadi pemimpin

Memiliki karakter seorang pemimpin sangatlah penting. Guru juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan, yang sangat bagus. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat tugas kelompok dan memastikan bahwa setiap anggota memiliki kesempatan untuk memimpin kelompok.

7. Bagikan pengalaman yang menginspirasi

Sesekali ceritakan tentang pengalaman pribadi guru yang harus dibagikan kepada siswa. Tidak harus cerita yang bagus untuk menginspirasi, sekecil apapun pengalaman yang diceritakan tetap menjadi pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa.


Download

Artikel ini admin buat untuk memberikan kepada Anda contoh Perangkat Pembelajaran Kegiatan Pembiasaan Literasi, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Jangan lupa untuk mendukung web situsartikel92.com dengan mengikuti web ini dan terima kasih.

Lihat Juga Artikel Terkait Literasi!

Posting Komentar

0 Komentar