Kesehatan Tulang Penting Untuk di Jaga Kini & Nanti

Kesehatan tulang harus menjadi masalah serius. Seiring bertambahnya usia, kita sering mengalami masalah pada degenerasi tulang, termasuk kerapuhan tulang karena kehilangan kalsium. Perubahan gaya hidup perlu dilakukan, seperti berhenti merokok, menghindari minuman bersoda dan alkohol, makan lebih banyak sayuran hijau, dan lebih banyak terpapar sinar matahari, semua itu dapat membantu mencegah keropos tulang lebih dini.

Asupan kalsium dan vitamin D dalam bentuk makanan atau suplemen juga sangat penting untuk metabolisme tulang. Perbaiki dengan aktif berolahraga, minimal jalan kaki di pagi hari. Mengapa olahraga sangat membantu menjaga kesehatan tulang? Karena setiap olahraga atau aktivitas fisik melibatkan tulang dan persendian. Tulang menopang tubuh dan dibantu oleh persendian untuk membuat gerakan menjadi fleksibel. Olahraga akan menjaga kelenturan sendi, menguatkan otot, dan menjaga kepadatan tulang.

Situs web www.osteoporosis.org.au menjelaskan bahwa olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Namun, tidak semua jenis olahraga cocok untuk kesehatan tulang. Berikut adalah beberapa jenis latihan yang dapat Anda pilih sebagai permulaan dalam berolahraga di rumah.

1. Latihan menahan beban

Jenis latihan ini sama dengan latihan melawan gravitasi, sehingga bermanfaat untuk menerapkan latihan ini dengan memberikan beban yang dibutuhkan pada tulang dan membantu mengembangkan tulang yang kuat dan sehat. Jenis olahraga tersebut antara lain latihan beban, jalan kaki, jogging, yoga, dll.

2. Latihan otot

Otot dan tendon yang lemah (jaringan yang menghubungkan otot dan tulang) mempengaruhi fungsi dan pergerakan sendi, sehingga membuat tulang rawan untuk menjadi kaku. Berenang dapat mengaktifkan banyak otot yang menempel pada tendon. Semakin sering aktivitas otot, semakin baik untuk kesehatan tulang.

3. Cobalah olahraga intensitas sedang secara teratur setidaknya selama 30 menit sehari

Olahraga terus-menerus dapat membangun kekuatan dan koordinasi otot, menyeimbangkan tubuh, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Selain olahraga teratur, usahakan untuk makan lebih banyak makanan kaya kalsium, seperti sayuran hijau (brokoli, selada, bayam) dan buah-buahan segar (alpukat, apel, pisang). Kurangi makanan yang asam (asam) seperti protein hewani.

4. Menjaga berat badan 

Menjaga berat badan merupakan suatu cara untuk menjaga kesehatan serta kekuatan tulang kita. Pastikan berat badan Anda berada dalam kisaran yang masuk dalam kategori sehat. Hal ini berarti berat badan anda tidak terlalu kurus, karena itu akan meningkatkan risiko anda terkena osteoporosis. Namun, jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda berisiko mengalami masalah kesehatan kronis. 

5. Kurangi konsumsi kafein

Jika Anda menyukai kopi, mungkin sulit untuk menjaga kesehatan tulang Anda dengan cara ini. Sayangnya, konsumsi minuman yang memiliki kafein tinggi misalnya kopi memang harus dibatasi. Kafein mengurangi kemampuan tubuh dalam membantu untuk menyerap kalsium secara optimal, sehingga dengan mudah melemahkan tulang. Karena itu, daripada banyak konsumsi kafein, lebih baik banyak mengonsumsi air putih. Anda masih minum minuman berkafein favorit Anda, tetapi dalam jumlah sedang!

6. Batasi asupan garam berlebih

Sebagai penambah rasa yang tak dapat di pisahkan dari masakan, justru garam dapat mempercepat hilangnya kalsium yang ada dalam tubuh kita, sehingga sangat mempengaruhi kepadatan tulang. Oleh sebab itu, sebaiknya perlu dikurangi asupan garam dalam tubuh kita. Setidaknya Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1 sendok teh garam per hari. Kurangi juga makanan dengan kandungan garam tinggi, seperti keripik kentang, pizza dan snack lainnya.

7. Makan sayuran lebih banyak

Tahukah Anda bahwa sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Makan sayur juga merupakan cara menjaga kesehatan tulang, lho! Sayuran mengandung vitamin C, yang bertindak sebagai molekul antioksidan dan merangsang sel-sel pembentuk tulang. Inilah mengapa jika ingin menjaga kepadatan tulang, sayuran sangat dianjurkan. Ingatlah bahwa kepadatan tulang yang rendah adalah ciri umum dari masalah kesehatan tulang, seperti osteopenia (massa tulang rendah) dan osteoporosis.

Posting Komentar

0 Komentar