Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

VARIASI GERAK DASAR DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

pada permainan bola voli terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Variasi gerak dasar tersebut menunjukkan keterampilan gerak dengan bola ataupun tanpa bola. Variasi gerak dasar tersebut dapat kamu lakukan bersama temanmu secara disiplin dan tanggung jawab.

1. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Bola Voli
Apa sajakah bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola voli? Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan keterampilan gerak berpindah tempat tanpa bola. Bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola voli diuraikan sebagai berikut.

a. Berjalan dan Melangkah ke Depan 
Variasi gerak ini dilakukan dengan berjalan dan melangkah ke depan. Pelaksanaannya harus selaras dengan kecepatan bola. Variasi gerak ini sebagai persiapan memvoli bola ke arah yang tepat. Contohnya, memvoli bola yang dioperkan kepada teman satu kelompok. Gerakan memvoli dilakukan agar bola tidak mati. Gerakan ini juga untuk mengoper guna dilanjutkan dengan pukulan menyerang.

b. Berjalan dan Melangkah Mundur
Pada permainan bola voli, juga terdapat variasi gerak berjalan dan melangkah mundur. Bagaimana pelaksanaannya? Awalnya, berjalan dan melangkah mundur untuk menerima atau memainkan bola. Dalam posisi yang tepat, lakukan ayunan lengan ke atas. Gerakannya ini juga untuk memvoli bola dengan pukulan menyerang.

c. Melangkah ke Kanan dan Kiri
Variasi gerak melangkah ke kanan dan kiri dilakukan dengan menggeser kaki. Awalnya, lakukan gerakan dengan menggeserkan kaki kanan ke samping kanan. Ikuti gerakan kaki kiri menggeser ke kanan. Sebaliknya, lakukan gerakan menggeser kaki kiri ke samping kiri. Ikuti gerakan kaki kanan menggeser ke kiri. Lakukan gerakan ini secara disiplin dan percaya diri.


2. Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Voli
Gerak dasar nonlokomotor merupakan keterampilan gerak tanpa berpindah tempat. Keterampilan gerak ini tidak menggunakan bola.

a. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan
Cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor. Posisi badan berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk. Kemudian, ayunkan lengan dari bawah ke atas. Gerakan ini sebagai persiapan untuk memvoli bola kepada teman satu kelompok. Lakukan variasi gerak ini dengan percaya diri.

b. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan ke Atas
Variasi gerak ini untuk persiapan memvoli bola ke arah teman. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan variasi gerak ini dengan percaya diri.

sikap tubuh yang benar menunjang variasi gerak dasar dalam permainan bola voli. Adapun cara melakukan sikap tubuh yang benar sebagai berikut.
1. Sikap awal, kaki dibuka selebar bahu.
2. Kedua lutut ditekuk sedikit dan badan miring ke depan.
3. Lengan diluruskan ke bawah bersiap memantulkan bola.

3. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli
Gerak dasar manipulatif adalah keterampilan gerak menggunakan bola. Gerak tanpa bola (lokomotor, nonlokomotor) dan manipulatif merupakan satu rangkaian. Gerak tanpa bola sebagai persiapan melakukan gerak dasar manipulatif (dengan bola).

a. Melambungkan dan Memukul Bola
Gerakan ini diawali dengan sikap berdiri. Kedua lutut ditekuk dan kaki dibuka selebar bahu. Badan dimiringkan ke depan. Lengan dijulurkan ke bawah di samping badan. Kemudian, bola dilambungkan dengan satu tangan. Lakukan ayunan satu lengan (kanan atau kiri) dari bawah untuk memukul bola. Untuk memperoleh pukulan optimal, lengan ditegangkan saat mengenai bola.

b. Melambungkan dan Memvoli Bola Atas

c. Melambungkan dan Memvoli Bola Bawah
Langkah-langkah berikut.
1. Posisi berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu.
2. Kemudian, kedua kaki ditekuk dan kedua lengan diluruskan ke depan.
3. Kedua lengan dirapatkan. Ayunkan kedua lengan untuk memantulkan bola.
4. Lakukan gerakan memvoli bola untuk diarahkan kepada teman. Gerakan ini dimaksudkan agar bola tidak mati. Lakukan variasi gerak ini dengan disiplin.
Dalam permainan bola voli, gerak tersebut merupakan variasi gerak dasar manipulatif.


Posting Komentar

0 Komentar