Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

Kombinasi Gerak Nonlokomotor, Lokomotor, dan Manipulatif dalam Gerakan Menggiring Bola

Menggiring bola (dribble) dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai menggunakan jari-jari telapak tangan. Gerakan menggiring bola basket dapat kamu pelajari pada uraian berikut.
  1. Menggiring bola di tempat, dilakukan dengan cara berdiri dan kedua lutut agak rendah. Posisi badan condong ke depan. Bola dipegang serta didorong ke lantai dengan telapak tangan dan jari. Pada saat bola memantul, tangan mengikuti gerakan bola sebelum mendorong kembali bola ke lantai. Gerakan ini termasuk kombinasi gerak nonlokomotor dan manipulatif.
  2. Menggiring bola dengan berjalan atau berlari, diawali dengan berdiri dengan kedua lutut ditekuk dan badan condong ke depan. Kaki dilangkahkan sambil memantulkan bola ke lantai. Pergelangan tangan rileks agar bola mudah dikendalikan. Menggiring bola dengan berjalan atau berlari termasuk kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif.

Mempraktikkan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Melempar Bola
Bagaimana kombinasi gerak dasar menangkap dan melempar bola basket? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buat kelompok beranggotakan delapan orang. Setiap kelompok dibagi dua, misalnya A dan B. Anggota kelompok A berdiri berhadapan dengan kelompok B. 
  2. Siswa pertama kelompok A (A1) memegang dan melempar bola kepada siswa pertama kelompok B (B1). Siswa A1 segera berlari ke belakang kelompoknya. 
  3. Sebelum menangkap bola, siswa B1 menekuk dan mengangkat kedua lengan di atas dada. Selanjutnya, kedua lengan ditekuk sesaat bola mengenai kedua telapak tangan. Arahkan bola ke dada untuk meredam dorongan bola. 
  4. Siswa B1 melempar kembali bola kepada siswa A2. Setelah melempar bola, siswa B1 berlari ke belakang kelompoknya. Begitu seterusnya. 
  5. Lakukan aktivitas ini berulang-ulang hingga semua anggota kelompok mendapatkan gilirannya.
Memantulkan diikuti Gerak Melempar Bola
Kombinasi gerakan menggiring bola dan melempar bola perlu dilatih secara tekun dan disiplin. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Bentuk dua kelompok, yaitu kelompok A dan B. Kedua kelompok berdiri berhadapan sejauh 20 meter. 
  2. Siswa pertama kelompok A (A1) berlari untuk menggiring bola sejauh 15 meter menuju ke arah kelompok B. Setelah tiba di titik yang ditentukan, siswa (A1) melempar bola kepada siswa pertama kelompok B (B1). 
  3. Setelah melempar bola, siswa A1 berlari ke belakang barisan kelompok B. 
  4. Siswa pertama kelompok B (B1) berlari dan menggiring bola sejauh 15 meter menuju ke arah kelompok A. Setelah tiba di titik yang ditentukan, siswa B1 melempar bola kepada siswa kedua kelompok A (A2). Kemudian, siswa B1 berlari ke belakang barisan kelompok A. 
  5. Lakukan aktivitas ini secara berulang-ulang.
Gerakan ini menunjukkan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola basket. Agar dapat menguasai gerak dasar tersebut, kamu harus berlatih secara teratur. Latihan secara teratur juga membuat tubuhmu bugar.

RANGKUMAN

  • Gerak lokomotor ditandai dengan perpindahan tempat, gerak nonlokomotor tidak berpindah tempat, dan gerak manipulatif melibatkan benda di luar tubuh. 
  • Pada permainan sepak bola, gerak lokomotor ditunjukkan dengan berlari. Gerak nonlokomotor ditunjukkan dengan meliukkan badan atau menekuk lutut. Gerak manipulatif ditunjukkan dengan menendang, menghentikan, dan menyundul bola. 
  • Gerak dasar permainan sepak bola, yaitu menendang dan/atau mengoper, menghentikan, dan menggiring bola. Gerak dasar ini dapat dikombinasikan untuk meningkatkan keterampilan bermain sepak bola. 
  • Setiap regu bola voli berusaha menjatuhkan bola di lapangan permainan lawan. Gerak dasar permainan bola voli, yaitu passing bawah dan passing atas. 
  • Gerak dasar dalam permainan bola basket, yaitu melempar bola, menangkap bola, dan menggiring bola. 
  • Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam sepak bola sebagai berikut.
  1. Kombinasi gerak berlari dan menendang.
  2. Kombinasi gerak menarik kaki dan menghentikan bola.
  3. Kombinasi gerak berlari sambil menggiring bola.
  • Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola voli sebagai berikut.
  1. Kombinasi gerak mengayunkan tangan dan memantulkan bola dalam passing bawah. 
  2. Kombinasi gerak menekuk tangan dan mendorong bola dalam passing atas.
  • Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam bola basket sebagai berikut.
  1. Kombinasi gerak mengayunkan tangan dan mengoper bola basket. 
  2. Kombinasi gerak menekuk kedua tangan dan menangkap bola basket.
  3. Kombinasi gerak berlari dan memantulkan bola saat menggiring bola basket.

Posting Komentar

0 Komentar