Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

RANGKUMAN MATERI IPA : PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP, LINGKUNGAN DAN PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS 3


Pertumbuhan pada manusia ditandai dengan pertambahan tinggi, berat, dan besar tubuh. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh seseorang dapat dipengaruhi oleh makanannya. Makanan bagi makhluk hidup berguna untuk pertumbuhan tubuh, menghasilkan tenaga, dan mencegah / melawan penyakit. Makanan sehat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin, Bersih dari kotoran, racun dan kuman penyebab penyakit, Telah di cuci, mengandung gizi yang cukup. 

Berdasarkan tujuan penggunaannya ada tiga macam bahan tambahan, yaitu bahan pengawet, bahan penyedap, dan bahan pewarna makanan. Bahan pengawet makanan bertujuan agar makanan bertahan lama dan tidak cepat busuk atau basi, bahan penyedap makanan bertujuan untuk menguatkan sara dan aroma tertentu, bahan pewarna makanan bertujuan untuk membuat warna makanan lebih menarik. Penggunaan beberapa bahan tambahan buatan secara berlebihan dapat memberikan cita rasa yang tidak enak.

Makanan yang berasal dari tumbuhan di kelompokkan menjadi 3, Kelompok umbi dan biji-bijian, contoh beras, jagung, singkong, dan lain sebagainya, Kelompok sayuran, contoh wortel, kubis, tomat, bayam, dan lain sebagainya, Kelompok buah-buahan, contoh mangga, apel, pepaya, jambu, dan lain sebagainya. Makanan yang bersumber dari tumbuhan merupakan sumber vitamin, Vitamin A berguna mencegah penyakit mata. Contohnya wortel, tomat, pepaya. Vitamin B berguna mencegah penyakit beri-beri. Contohnya nasi, gandum, jagung. Vitamin C berguna mencegah penyakit sariawan dan gusi berdarah. Contohnya jeruk, mangga, cabe. Vitamin D berguna untuk mencegah penyakit Rakhitis. Contohnya kacang-kacangan. Vitamin E berguna untuk mencegah penyakit kemandulan. Contohnya kecambah (tauge). Vitamin K berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Contohnya bayam, kangkung, sawi. 

Makanan yang berasal dari hewan merupakan sumber protein hewani, lemak hewani, dan vitamin D, seperti telur dan daging. Protein berguna sebagai zat pembangun yaitu pengganti sel-sel yang rusak. Lemak berguna sebagai sumber kalori dan cadangan makanan. Vitamin D berguna untuk mencegah penyakit rakhitis. Berbagai jenis mineral, yodium terdapat dalam garam dapur, yodium berguna untuk mencegah penyakit gondok, zat besi terdapat dalam telur, daging hewan, bayam, zat besi berguna untuk menghasilkan sel darah merah, kalsium terdapat dalam susu dan keju, kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, fosfor terdapat dalam ikan, kuning telur, kacang hijau dan buncis, fosfor berguna untuk kesehatan tulang, saraf dan otak. Menu makanan yang mengandung gizi yang cukup, disebut 4 sehat 5 sempurna, yaitu : (1) Nasi, (2) Lauk Pauk, (3) Sayur-sayuran, (4) Buah-buahan, (5) Susu. 

Setelah melakukan berbagai kegiatan, tubuh memerlukan istirahat, istirahat bertujuan untuk menghilangkan kelelahan, menyegarkan tubuh, dan memulihkan tenaga. Bentuk istirahat yang paling baik adalah tidur. Rekreasi termasuk bentuk istirahat yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan akibat kegiatan rutin sehari-hari. Olahraga dapat melenturkan otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Pertumbuhan pada hewan di tandai dengan pertambahan tinggi, berat dan besar tubuh. Pertumbuhan pada tumbuhan di tandai dengan pertambahan tinggi, ukuran daun, banyak daun, banyak ranting dan besar batang. Pemberian pupuk pada tanaman bertujuan untuk mencukupi kebutuhan zat hara bagi tanaman.

Lingkungan yang sehat ditandai dengan keadaan tanah, air, dan udara di sekelilingnya yang bersih dan tidak tercemar. Lingkungan yang tidak sehat, ditandai dengan keadaan tanah, air, atau udara tidak bersih atau kotor dan sudah tercemar. Bila lingkungan yang di diami sebagai tempat tinggal sudah tidak terasa nyaman, biasanya menandakan bahwa lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan dapat berupa pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran udara. Pencemaran tanah umumnya berasal dari sampah atau limbah berbentuk padat dan cair. Pencemaran air berasal dari limbah rumah tangga atau limbah pabrik yang di buang kedalam aliran sungai. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh debu, asap, atau pun bau yang tidak sedap. Cara memelihara kesehatan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, dan mengatasi pencemaran lingkungan. 

Ada 3 wujud benda yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda padat mempunyai sifat besar dan bentuknya selalu tetap. Contohnya Buku, Meja, Topi, dan lain-lain. Benda cair mempunyai sifat bentuk selalu berubah-ubah sesaui dengan bantuk wadah atau tempatnya, sedangkan besarnya tetap. Contohnya Air, Tinta, Minyak Tanah, dan lain-lain. Benda gas mempunyai sifat, isi dan bentuk yang selalu berubah-ubah. Contohnya Uap air, Uap bensin, dan lain-lain.

Benda gas sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Contohnya oksigen untuk bernafas, gas alam untuk bahan bakar. Benda padat tersusun dari zat-zat yang rapat sehingga bentuknya sangat keras. Benda cair tersusun dari zat-zat yang agak renggang, maka benda cair mudah di pisahkan. Benda gas tersusun dari zat-zat yang sangat renggang, maka sangat mudah bergerak ke mana-mana. Walaupun udara tak terlihat, udaraterdapat di berbagai tempat hidup manusia.

Posting Komentar

0 Komentar