Cara Mengisi Pengaturan Jam Kerja, Hari Kerja dan Serta Jadwal Presensi Pada Menu Presensi

SitusArtikel92.com, Selamat datang bagi anda semua yang sedang sibuk dengan kegiatan rutinitas harian anda. Pemerintah Kabupaten Nunukan telah memberlakukan penggunaan aplikasi SIMANJA bagi SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan. Aplikasi ini di buat adalah untuk meningkatkan kinerja serta kedisiplinan ASN di wilayah Kabupaten Nunukan. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi tolak ukur jumlah besaran TTP (Tunjangan Tambahan Penghasilan) Daerah yang akan di terima oleh ASN. 

Maka dari itu saya membuat artikel ini khusus untuk operator SIMANJA di masing-masing SKPD yang baru menggunakan atau menerapkan penggunaan aplikasi tersebut. Ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan oleh operator SIMANJA salah satunya adalah judul artikel kali ini. Jadi sebelum aplikasi SIMANJA ini di gunakan secara aktif oleh ASN yang berada pada sebuah SKPD, operator wajib melakukan beberapa pengaturan pada menu presensi menggunakan akun Kepala Sekolah. Mengapa akun Kepala Sekolah ? karena kewenangan operator ada di dalam akun Kepala Sekolah. 



Gambar jadwal presensi pada menu buat jadwal presensi di bagian operator

Pertama yang perlu operator kerjakan adalah :

1. Pengaturan Jam Kerja

Pada pengaturan jam kerja terdapat beberapa kolom yang harus diisi oleh operator diantaranya : Nama, Nama Singkatan, Buka Presensi, Tutup Presensi, Jam Datang, Jam Pulang, (H), Keterangan. Sebelum mengisi anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang akan di isikan pada masing-masing kolom tersebut. Pengat uran jam kerja khusus hari jumat itu hanya sampai 11.30.

a. Nama, pada kolom ini yang akan di isi adalah nama hari contoh (Senin sampai Kamis) 

b. Nama Singkatan, pada kolom ini di isi dengan singkatan pagi (P)

c. Buka Presensi, pada kolom ini di isi dengan waktu presensi di mulai. Misalnya Pukul. 06.30 (pegawai tidak dapat melakukan presensi ketika waktu lebih awal/melebihi waktu yang ditentukan).

d. Tutup Presensi, pada kolom ini di isi dengan waktu tutup presensi. Misalnya Pukul. 18.00 (pegawai tidak dapat melakukan presensi ketika waktu lebih awal/melebihi waktu yang ditentukan).

e. Jam Datang, pada kolom ini di isi dengan batas waktu presensi datang. Jika melawati jam datang maka dianggap tidak hadir.

f. Jam Pulang, pada kolom ini di isi dengan Batas waktu presensi pulang sebelum dinyatakan pulang sebelum waktu presensi.

g. Keterangan, pada kolom ini di isi dengan kata NORMAL.

h. (H), pada kolom ini di biarkan saja.

2. Pengaturan Hari Kerja

Pada pangaturan hari kerja adalah lanjutan dari pengaturan jam kerja, hasil penginputan jam kerja merupakan kunci untuk mengisi pengaturan hari kerja. Jadi yang pertama di input disini adalah nama jadwal, nama jadwal di sini di isi dengan kata NORMAL yang telah di buat pada pengaturan jam kerja. Di susul dengan pengisian jadwal pada hari yang telah di sediakan. Jika semua sudah selesai kemudian klik simpan.

3. Membuat Jadwal Presensi

Pada menu ini anda harus melakukan input masing-masing nama guru yang ada pada SKPD. Silahkan klik "Pilih Pegawai", kemudian pilih pegawai yang akan di masukkan. Lakukan ini hingga selesai, jika semua pegawai sudah masuk, silahkan geser mouse anda ke sebelah kanan. Maka nampak sebuah ikon download berwarna abu-abu, kemudian pilih jadwal, lalu simpan. Selesai

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar