MATERI PJOK PELAJARAN I (BAGIAN 1) : VARIASI GERAK DASAR LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR, DAN MANIPULATIF DALAM PERMAINAN BOLA BESAR


Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari orang dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melalui permainan sepak bola, pemain diarahkan saling bekerja sama bersikap disiplin dan sportif, serta bertanggung jawab. Gambar di atas menunjukkan anak-anak sedang bermain sepak bola. Pada permainan sepak bola, terdapat variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar dalam permainan sepak bola? Mari, kita pelajari bersama-sama.

Pada Gambar 1.1, tampak beberapa anak bermain sepak bola. Aktivitas fisik tersebut termasuk permainan bola besar. Contoh aktivitas fisik lain yang termasuk permainan bola besar adalah permainan bola voli dan bola basket. Dalam permainan bola besar, terdapat variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Jika dilakukan secara disiplin dan sportif, aktivitas bermain bola besar dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Kamu ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, bukan? Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, berolahragalah secara rutin. Kamu hendaknya bersyukur dikarunia tubuh sehat dan bugar dengan cara menjaga kesehatan.

A. Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar. Dalam permainan ini, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh). Sebelum membahas variasi gerak dasar dalam permainan sepak bola, lakukan kegiatan berikut.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kamu dapat menunjukkan variasi (macam) gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola. Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam sepak bola? Bagaimana mempraktikkan variasi gerak dasar tersebut? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola
 
Bagaimana bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola? Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan aktivitas berpindah tempat. Variasi gerak dasar lokomotor dapat dilakukan dalam gerakan
menendang, menghentikan, dan menggiring bola.

a. Melangkah dan Berlari

Amatilah variasi gerak dasar lokomotor seperti Gambar 1.2. Pada gambar, tampak seorang anak berjalan dan berlari (gerak lokomotor). Aktivitas berjalan dan berlari menunjukkan pergerakan tanpa bola. Peragakan gerakan seperti gambar.


Gambar 1.2 menunjukkan gerak melangkah dan berlari. Melangkah dan berlari merupakan contoh variasi gerak lokomotor. Kamu dapat melakukan gerak melangkah dan berlari ke berbagai arah.

b. Berjalan dan Berlari Berkelok-kelok


Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor seperti Gambar 1.3? Diskusikan variasi gerak dasar lokomotor dalam berjalan dan berlari berkelok-kelok bersama orang tuamu! Gunakan berbagai
sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. 

c. Berlari dan Melompat

Bagaimana gerak berlari dan melompat dalam permainan sepak bola? Amatilah variasi berlari dan melompat seperti Gambar 1.4. Peragakan variasi gerak tersebut seperti Gambar 1.4 secara disiplin.
Amatilah gerakanmu dengan video yang kamu rekam melalui handphone dan bandingkan dengan gerakanmu yang selanjutnya. Jelaskan hasil pengamatanmu di dalam sebuah buku dan laporkan kepada gurumu.


Variasi gerak dasar lokomotor ini dapat dilakukan dalam gerakan menyundul bola. Variasi gerak dasar ini diawali dengan berlari, kemudian melompat. Saat melayang di udara, ikuti ayunan lengan untuk memperoleh gaya dorong. Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk mengoper bola kepada kawan satu tim atau mencetak gol ke gawang tim lawan.

2. Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola. Selanjutnya, kamu akan berlatih variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola. Bagaimana caranya?

a. Menekuk dan Mengayun Kaki

Amatilah variasi gerak nonlokomotor seperti gambar 1.5! Gambar tersebut menunjukkan variasi gerak menekuk dan mengayun kaki. Bagaimana caranya?
  1. Buka kaki selebar bahu. Satu kaki ditekuk (misalnya kaki kiri) dan kaki kanan ditarik ke belakang. 
  2. Ayunkan kaki kanan ke depan. Pandangan ke arah depan. 
  3. Lakukan gerakan mengayun dengan kuat. Gerakan ini diikuti ayunan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

b. Berdiri, Menekuk Kaki, dan Menarik Kaki

Apa yang dapat dilakukan saat menerima operan dari teman? Menekuk dan menarik kaki, jawabannya! Dalam gerakan ini, kamu dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor. Amatilah Gambar 1.6 berikut.


Apa yang dapat kamu ceritakan dari Gambar 1.6? Gambar tersebut menunjukkan variasi gerak dasar nonlokomotor. Langkah-langkah variasi gerak dasar nonlokomotor sebagai berikut.
  1. Sikap awal, berdiri tegap, kaki sejajar. Pandangan lurus ke depan.
  2. Pelaksanaannya, angkat kaki sambil menekuk lutut.
  3. Sikap akhir, tarik kaki ke arah belakang. Gerakan ini digunakan untuk belajar menghentikan bola.
c. Meliukkan Badan ke Belakang dan Mengayunkan Badan 

Bagaimana cara melakukan variasi gerak meliukkan badan ke belakang dan mengayun badan ke depan? Dalam permainan sepak bola, variasi gerak ini tampak dalam gerakan menyundul bola. Awalnya, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Badan diliukkan ke belakang, kedua tangan diangkat di samping kepala. Ayunkan badan ke depan. Amatilah Gambar 1.7 berikut.


d. Berdiri dan Mengayunkan Lengan

Amati saat pesepak bola melakukan lemparan bola ke dalam. Dalam gerakan ini, kamu dapat melihat variasi gerak dasar nonlokomotor. Pesepak bola tersebut berdiri, meliukkan badan, dan mengayun lengan dalam lemparan bola ke dalam. Lakukan gerakan yang kamu amati tanpa menggunakan bola. 

3. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan sepak bola. Selanjutnya, kamu akan belajar variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola. Lakukan pembelajaran ini secara sungguh-sungguh. Bagaimana caranya?

a. Menggelindingkan dan Menendang Bola

Dalam sepak bola, gerakan menendang bola sangat sering digunakan. Gerakan ini dapat diawali dengan menggelindingkan bola ke depan. Bagaimana cara melakukan variasi gerak menggelindingkan dan menendang bola? Amatilah Gambar 1.8 berikut.


Gambar 1.8 menunjukkan gerakan menggelindingkan dan menendang bola. Awalnya, bola digulirkan sedikit ke depan, kemudian diikuti menendang bola. Pelaksanaan gerakan ini merupakan variasi gerak dasar manipulatif.

b. Menghentikan dan Menendang Bola

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar manipulatif dalam menghentikan dan menendang bola? Pembelajaran variasi gerak dasar ini dapat dilakukan secara kelompok. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Bentuklah kelompok terdiri atas 8–10 orang. Bagi kelompok menjadi dua yang berdiri saling berhadapan sejauh 6–8 meter. Misalnya, kelompok A dan kelompok B. Berbarislah dalam kelompok secara tertib dan disiplin.
  2. Anggota kelompok A yang berdiri paling depan (pemain A1) menendang bola ke arah anggota kelompok B paling depan (pemain B1). Bola ditendang dengan kaki kanan bagian dalam. Setelah menendang, pemain A1 berlari ke arah belakang dari barisannya. 
  3. Pemain B1 menghentikan bola dengan kaki kanan bagian dalam. Bola ditendang dengan kaki kanan bagian dalam ke arah pemain A2. Pemain B1 segera berlari ke arah belakang dari barisannya. 
  4. Lakukan gerakan ini hingga semua anggota kelompok melakukan variasi gerak menendang dan menghentikan bola. Lakukan dengan kaki kanan dan kiri secara bergantian.
c. Menggiring dan Menendang Bola

Bagaimana cara melakukan variasi gerak menggiring dan menendang bola? Variasi gerak dasar dasar ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan disiplin. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 8–10 orang, misalnya kelompok C, D, dan seterusnya. Berbarislah dalam kelompok masing-masing secara tertib dan disiplin. Siapkan tiang pancang atau corong (cone) untuk tanda garis awal (titik X) dan akhir (titik Y) sejauh 5–7 meter. 
  2. Anggota kelompok C paling depan (pemain C1) menggiring bola ke arah tiang pancang akhir (titik Y). Pemain C1 menggunakan kaki kanan saat menggiring bola. Sesampainya di titik Y, pemain C1 menendang bola ke arah teman kelompoknya (pemain C2). Bola dihentikan oleh pemain C2 dengan kaki kanan bagian dalam. 
  3. Pemain C2 menggiring bola menuju titik Y. Langkah-langkahnya sama seperti pemain C1. Begitu seterusnya, hingga semua anggota kelompok menerima giliran. 
  4. Lakukan latihan ini dengan variasi kaki kanan terlebih dahulu, kemudian kaki kiri. Ingat, perhatikan unsur keselamatan dan keamanan saat berlatih sepak bola.
kamu telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola. Setiap gerak dasar tersebut harus dikuasai pemain sepak bola. Agar dapat menguasai keterampilan variasi gerak dasar, kamu harus berlatih secara disiplin dan tanggung jawab. Sikap inilah yang harus kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari.


A. Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Voli

Kegiatan :
Ayo, Carilah Informasi Variasi Gerak Dasar
dalam Permainan Bola Voli!

Carilah informasi mengenai variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola voli. Apa sajakah bentuk variasi gerak dasar tersebut? Bersama orang tua, kamu dapat menggunakan berbagai sumber bacaan untuk menemukan informasinya. Diskusikan bersama orang tuamu, informasi yang ditemukan. Berdasarkan informasi tersebut, buatlah catatan terkait variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola voli.

a. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Bola Voli

Apa sajakah bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola voli? Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan keterampilan gerak berpindah tempat tanpa bola. Bentuk variasi gerak dasar
lokomotor dalam permainan bola voli diuraikan sebagai berikut.

1) Berjalan dan Melangkah ke Depan

Bagaimana cara melakukan variasi gerak berjalan dan melangkah ke depan? Variasi gerak ini dilakukan dengan berjalan dan melangkah ke depan. Pelaksanaannya harus selaras dengan kecepatan bola. Variasi gerak ini sebagai persiapan memvoli bola ke arah yang tepat. Contohnya, memvoli bola yang dioperkan kepada teman satu kelompok. Gerakan memvoli dilakukan agar bola tidak mati. Gerakan ini juga untuk mengoper guna dilanjutkan dengan pukulan menyerang. Amatilah Gambar 1.9 berikut.


2) Berjalan dan Melangkah Mundur

Pada permainan bola voli, juga terdapat variasi gerak berjalan dan melangkah mundur. Bagaimana pelaksanaannya? Awalnya, berjalan dan melangkah mundur untuk menerima atau memainkan bola. Dalam posisi yang tepat, lakukan ayunan lengan ke atas. Gerakannya ini juga untuk memvoli bola dengan pukulan menyerang. Amatilah Gambar 1.10 berikut.


3) Melangkah ke Kanan dan Kiri

Amatilah variasi gerak melangkah ke kanan kiri seperti Gambar 1.11. Bersama orang tuamu, peragakan variasi gerak seperti gambar tersebut dengan disiplin. Cermati gerakanmu dengan meminta orang tuamu untuk memvideokan. 


Bandingkan gerakanmu dengan gerakan berikut. Variasi gerak melangkah ke kanan dan kiri dilakukan dengan menggeser kaki. Awalnya, lakukan gerakan dengan menggeserkan kaki kanan ke samping kanan. Ikuti gerakan kaki kiri menggeser ke kanan. Sebaliknya, lakukan gerakan menggeser kaki kiri ke samping kiri. Ikuti gerakan kaki kanan menggeser ke kiri. Lakukan gerakan ini secara disiplin dan percaya diri.

b. Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Voli

Gerak dasar nonlokomotor merupakan keterampilan gerak tanpa berpindah tempat. Keterampilan gerak ini tidak menggunakan bola. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan bola voli?

1) Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan

Amatilah variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan seperti Gambar 1.12. Diskusikan cara melakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan berdasarkan Gambar 1.12. 


Gambar 1.12 menunjukkan cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor. Posisi badan berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk. Kemudian, ayunkan lengan dari bawah ke atas. Gerakan ini sebagai persiapan untuk memvoli bola kepada teman satu kelompok. Lakukan variasi gerak ini dengan percaya diri.

2) Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan ke Atas

Bagaimana cara melakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan ke atas? Variasi gerak ini untuk persiapan memvoli bola ke arah teman. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan variasi gerak ini dengan percaya diri.


B. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

Gerak dasar manipulatif adalah keterampilan gerak menggunakan bola. Gerak tanpa bola (lokomotor, nonlokomotor) dan manipulatif merupakan satu rangkaian. Gerak tanpa bola sebagai persiapan melakukan gerak dasar manipulatif (dengan bola).

1) Melambungkan dan Memukul Bola

Bagaimana cara melakukan variasi gerak melambungkan dan memukul bola? Gerakan ini diawali dengan sikap berdiri. Kedua lutut ditekuk dan kaki dibuka selebar bahu. Badan dimiringkan ke depan. Lengan dijulurkan ke bawah di samping badan. Kemudian, bola dilambungkan dengan satu tangan. Lakukan ayunan satu lengan (kanan atau kiri) dari bawah untuk memukul bola. Untuk memperoleh pukulan optimal, lengan ditegangkan saat mengenai bola.


2) Melambungkan dan Memvoli Bola Atas

Tahukah kamu, apa maksud memvoli? Memvoli diartikan melakukan pukulan voli. Amatilah variasi gerak melambungkan dan memvoli bola seperti Gambar 1.15. Praktikkan variasi gerak ini di rumah dengan menggunakan bola dari karet atau plastik. Amatilah gerakanmu.


3) Melambungkan dan Memvoli Bola Bawah

Amatilah variasi gerak melambungkan dan memvoli bola bawah seperti Gambar 1.16. Bagaimana caranya? Peragakan variasi gerak ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Posisi berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  2. Kemudian, kedua kaki ditekuk dan kedua lengan diluruskan ke depan.
  3. Kedua lengan dirapatkan. Ayunkan kedua lengan untuk memantulkan bola. 
  4. Lakukan gerakan memvoli bola untuk diarahkan kepada teman. Gerakan ini dimaksudkan agar bola tidak mati. Lakukan variasi gerak ini dengan disiplin.

Dalam permainan bola voli, gerak tersebut merupakan variasi gerak dasar manipulatif. Untuk meningkatkan kemampuanmu, lakukan kegiatan berikut.

Dalam bermain bola voli, penguasaan variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sangat penting. Kamu harus menguasai variasi gerak dasar tersebut. Kamu juga dapat mengembangkan keterampilan bermain bola voli jika memiliki bakat.

Posting Komentar

0 Komentar