Rangkuman Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Gerak Benda, Energi dan Sumbernya, Penampakan Permukaan Bumi, Cuaca, dan Sumber Daya Alam)

Bab 7 { Gerak Benda }

Situsartikel92.com, Gerak adalah peristiwa berpindahnya suatu benda. Jenis gerak antara lain : {a} Gerak berputar, {b} Gerak menggelinding, {c} Gerak jatuh, {d} Gerak memantul. Bentuk dan kekasaran permukaan sangat mempengaruhi gerak benda di atasnya. Roda mudah menggelinding. Oleh karena itu, roda di pasang pada kendaraan pengangkut seperti mobil, sepeda, sepeda motor.

Gerakan benda mengalir selalu menuju ketempat yang lebih rendah. Air yang mengalir selalu menuju ke tempat yang lebih rendah. Gerakan air mempunyai banyak manfaat yaitu untuk mencuci, menggerakkan perahu, dan memutar generator pembangkit tenaga listrik.

Bab 8 { Energi dan Sumbernya }

Situsartikel92.com, Bentuk-bentuk energi (tenaga) seperti energi panas, energi cahaya, energi listrik, energi bunyi, energi kimia. Energi panas dan energi cahaya terbesar di hasilkan oleh matahari. Energi gerak secara alami di hasilkan oleh angin dan air. Energi listrik di hasilkan karena adanya arus listrik. Energi bunyi di hasilkan oleh bunyi. Energi kimia tersimpan dalam bahan-bahan kimia. 

Energi memiliki kesamaan sifat, yaitu energi itu ada, tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Sumber-sumber energi di sekitar kita, antara lain sinar matahari, angin, air, kayu bakar, minyak tanah, bahan makanan, baterai listrik. 

Energi matahari digunakan untuk pengeringan, pemanasan ruangan, dan pembangkit tenaga listrik. Energi angin dimanfaatkan untuk menggerakkan perahu layar dan menggiling gandum. Air terjun di manfaatkan untuk menggerakkan turbin pada pembangkit tenaga listrik. Energi kayu bakar digunakan untuk memasak.

Energi dari minyak tanah di gunakan untuk memasak dan penerangan. Energi dari bahan makanan di gunakan untuk menggerakkan organ tubuh, mempertahankan kelangsungan hidup dan memenuhi keperluan hidup. Energi dari baterai dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil mainan, menyalakan lampu senter, membunyikan radio, menggerakkan jarum jam, dan lain-lain. Energi listrik digunakan untuk penerangan dan menggerakkan alat-alat listrik.

Bab 9 { Penampakan Permukaan Bumi }

Situsartikel92.com, Bumi kita banyak mengandung kekayaan alam yang termasuk bahan tambang, antara lain emas, perak, tembaga, besi, minyak, batubara, nikel, dan lain-lain. Bentuk bumi tidak datar tapi bulat. Permukaan bumi tidak rata sebab terdiri dari daratan dan lautan, semua itu dapat terlihat karena bumi memiliki gunung, lembah, sungai, laut, danau dan pantai.

Daratan adalah permukaan bumi yang datar. Daratan di puncak perbukitan disebut plateau. Gunung adalah daratan paling tinggi dibandingkan dengan daerah yang lain. Bukit adalah daratan tinggi namun lebih rendah daripada gunung. Dataran adalah daratan yang rata atau perbedaan ketinggian antara satu daerah dengan lainnya tidak nyata. Lembah adalah daratan yang rendah atau lebih rendah dari dataran. Deretan gunung-gunung yang rendah membentuk pegunungan. Daratan yang terletak di antara gunung-gunung disebut dataran tinggi.

Bentuk bumi yang terhampar merupakan bentang alam. Ada dua bentang alam, yaitu bentang pegunungan dan bentang lautan. Ada pegunungan terkenal, yaitu pegunungan Himalaya dan terdapat gunung Everest dengan ketinggian 8.863 meter (gunung tertinggi di dunia). Puncak gunung terasa dingin, ada juga bagian yang sejuk. Laut merupakan cekungan dalam yang berisi air. 

Selat adalah laut yang sempit di antara pulau-pulau. Teluk adalah laut yang menjorok masuk ke daratan. Lautan yang luas disebut samudera. Palung adalah jurang yang curam dan dalam di dasar laut. Lautan meliputi hampir dua pertiga luas permukaan bumi.

Bentuk permukaan bumi digambarkan pada sebuah peta. Pegunungan diberi warna kuning kecoklatan. Gunung diberi warna coklat, hijau. Laut, danau dan sungai diberi warna biru. Pada peta timbul, bagian-bagian permukaan bumi dibentuk seperti aslinya.

Matahari terbit disebelah timur, hari menjadi terang yang sering disebut siang. Matahari terbenam di sebelah barat, hari menjadi gelap hal ini yang sering disebut dengan malam. Bayang-bayang benda pada waktu pagi dan sore hari lebih panjang dari pada siang hari. Bumi kita berputar pada porosnya dari barat ke timur disebut rotasi. Langit sebelah timur tampak kemerah-merahan sebagai tanda matahari akan terbit. Bayang-bayang dapat digunakan untuk menentukan waktu dengan cara membuat jam matahari.

Bab 10 { Cuaca }

Situsartikel92.com, Keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas disebut cuaca. Ada beberapa kondisi cuaca, antara lain berawan, cerah, panas, dingin, dan hujan. Cuaca berawan artinya langit diliputi awan. Cuaca cerah artinya langit terang dan matahari bersinar terang. Cuaca panas artinya matahari bersinar teran dan udara terasa panas. Cuaca dingin artinya udara terasa dingin. Cuaca hujan artinya turun titik air hujan dari udara.

Awan berpengaruh terhadap cuaca. Ada tiga macam awan, yaitu awan sirus, awan kumulus, dan awan stratus. Awan sirus berbentuk serabut-serabut halus berwarna putih. Adanya awan ini menandakan hujan akan turun. Awan kumulus berbentuk gumpalan-gumpalan dengan bagian atas menyerupai bunga kol. Awan putih menandakan cuaca akan tetap panas dan kering. Awan hitam menandakan akan turun hujan deras. Awan stratus berbentuk lembaran yang berlapis-lapis dan membentang mendatar. Awan stratus menandakan akan turun hujan gerimis.

Cuaca dapat mempengaruhi kegiatan manusia dan pakaian yang dikenakannya. Saat musim panas manusia memakai pakaian yang tipis. Saat musim dingin manusia memakai pakaian yang tebal. Orang-orang eskimo di kutub utara memakai pakaian wol tebal untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu udara di sekitarnya.

Bab 11 { Sumber Daya Alam }

Situsartikel92.com, Sumber daya alam meliputi tumbuhan, hewan dan benda tak hidup. Tumbuhan diperoleh dangan cara bercocok tanam. Manfaat tumbuhan antara lain, Sebagai sumber makanan dan minuman, sebagai bahan pembuat rumah dan perabiot rumah tangga, sebagai bahan pembuat pakaian dan barang-barang industri. Menyediakan oksigen bagi makhluk hidup. Mmengikat air di dalam tanah.

Hewan diperoleh dengan cara beternak atau berburu di alam bebas. Hewan di manfaatkan untuk, sebagai sumber makanan, sebagai bahan pakaian dan perhiasan, sebagai pembantu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Benda alam tidak hidup antara lain air, tanah, batuan,dan bahan tambang. Air digunakan untuk mencuci, minum, dan mandi. Air bergerak dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, sarana transportasi, dan menghanyutkan kayu-kayu hasil tebangan. tanah digunakan untuk menanam tanaman, membangun rumah, dan membuat barang-baran rumah tangga. Batuan digunakan untuk membangun rumah dan membuat barang-barang seni. Bahan tambang diperoleh dari hasil menggali atau menambang dari dalam bumi. bahan tambang dimanfaatkan untuk bahan bakar dan membuat barang-barang industri.

Kepedulian terhadap lingkungan dapat dilakukan dengan, menanami tanah yang gundul dengan tanaman yang hijau. melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan di hutan. Menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Menghemat pembakaran minyak bumi.

Tindakan yang merusak lingkungan antara lain, menebang pohon di hutan secara sembarang. Menangkap ikan dengan menggunakan racun dan bahan peledak. Menangkap dan membunuh hewan-hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Mencemari air, tanah dan udara di sekitar kita. Boros dalam pemakaian minyak bumi. Rusaknya lingkungan dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidup disekitarnya, termasuk manusia.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar