Rangkuman Pelajaran ILmu Pengetahuan Alam (Air Faktor Kehidupan)

 

Bab 1 { Air Faktor Kehidupan }

Situsartikel92.com, Air adalah sumber kehidupan. Semua makhluk hidup sangat bergantung pada ketersediaan air. Tumbuhan memerlukan air untuk mengangkut zat makanan dari tanah kedalam tubuhnya. Oleh karena itu, jika tidak memperoleh air, lama kelamaan tumbuhan akan kering dan mati.

Manusia memerlukan air untuk berbagai kebutuhan, seperti minum, memasak, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Tanpa air kelangsungan hidup dari makhluk hidup akan berakhir. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, setiap hari tubuh kita memerlukan tiga liter air, baik yang berasal dari minuman maupun makanan yang kita makan.

A. Sifat-Sifat Air

  1. Mengalir dari temmpat yang tinggi ke tempat yang rendah.
  2. Permukaan air selalu mendatar dan bentuk air selalu sesuai dengan bentuk tempatnya.
  3. Isi dan berat zat cair tetap, walaupun tempatnya berubah-ubah.
  4. Menekan kesegala arah.
  5. Meresap melalui celah-celah.
  6. Air dapat berubah dalam tiga wujud jika dipanaskan atau didinginkan.

B. Manfaat Air

  1. Air di konsumsi makhluk hidup guna melanjutkan kehidupannya.
  2. Air dapat melarutkan zat-zat tertentu, misalnya garam, dan gula. Ada zat-zat tertentu yang tidak larut dalam air seperti aspal, lilin dan minyak.
  3. Air dapat digunakan sebagai sumber daya alam. Semakin besar aliran air, semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Contoh pembangkit tenaga listrik.
  4. Air dapat digunakan untuk keperluan irigasi.
  5. Air dapat digunakan untuk keperluan transportasi.

C. Peristiwa Dalam Air

Beberapa macam benda padat, bila dimasukkan ke dalam air, benda tersebut akan mengalami peristiwa yang berbeda-beda.

  1. Sebuah benda akan tenggelam dalam jika berat benda itu lebih besar daripada tekanan air yang diterimanya. Misalnya batu, besi dan tanah.
  2. Terapung, suatu benda dapat terapung jika berat benda itu lebih kecil daripada tekanan air yang diterimanya. Misalnya gabus, tutup botol, kayu, kapal laut, dan lain-lain.
  3. Suatu benda dapat dikatakan melayang dalam air jika berat benda itu sama dengan tekanan  air yang diterimanya, atau berat jenis benda sama dengan berat jenis air. Misalnya kapal selam, juru selam di dalam laut, telur ayam melayang dalam air garam.

Hukum Archimedes : 

Benda yang seluruh atau sebagian dimasukkan kedalam air, akan mendapat tekanan ke atas yang besarnya sama dengan berat air yang dipindahkan oleh benda itu.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar