Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

MATERI PJOK PELAJARAN III (BAGIAN 2) : VARIASI GERAK DASAR JALAN, LARI, LOMPAT DAN LEMPAR


C. Variasi Gerak Dasar Lompat dan Loncat

Gerakan melompat memberikan pengalaman cara menumpu atau mendarat yang benar. Selain itu, aktivitas melompat dapat menumbuhkan keberanian dan percaya diri. Sebelum mempelajari lebih lanjut, lakukan kegiatan berikut.

1. Lompat Tali dan Loncat Kotak

Lompat tali merupakan salah satu permainan tradisional untuk melatih ketangkasan. Permainan ini menggunakan tali karet yang dirangkai atau skipping rope. Lompat tali dapat dilakukan sendiri atau berkelompok. Jika lompat tali dilakukan sendiri, kamu dapat memegang ujung tali. Ayunkan tali ke depan, melewati kepala dan kaki sambil meloncatinya. Lakukan loncatan sesuai kemampuanmu. 

Kegiatan lompat tali dapat divariasikan dengan loncat kotak. Amatilah gambar 3.9 dan 3.10. Gambar tersebut menunjukkan variasi lompat tali dan loncat kotak. Setelah melakukan lompat tali selama waktu tertentu, lakukan lompat kotak. Loncati beberapa kotak dalam jarak tertentu kemudian mendarat dengan kedua kaki. Lakukan kegiatan ini dengan semangat dan percaya diri.


2. Loncat ke Atas dan Loncat Jauh

Gerakan meloncat adalah gerakan berpindah tempat atau arah dengan tumpuan dua kaki gerak meloncat dilakukan tolakan dua kaki. Meloncat dapat dilakukan dengan loncat ke atas dan loncat jauh. Bagaimana cara melakukan variasi loncat ke atas dan loncat jauh?

Gerakan loncat ke atas dan loncat jauh dilakukan tanpa awalan. Amatilah dan praktikkan gerakan seperti Gambar 3.10. Rasakan gerakan yang kamu praktikkan. Jika kamu masih kesulitan, mintalah bimbingan orang tua kalian.

Langkah-langkah gerakannya sebagai berikut. Sikap awal berdiri, dengan posisi tegak. Tekuk kedua kaki untuk menolak tubuh ke atas. tolak tubuh ke atas menggunakan kedua kaki diikuti ayunan lengan ke depan. Gerakan ini membuat tubuhmu melenting ke atas, kemudian mendarat dengan kedua kaki. Kedua lengan diluruskan ke depan untuk keseimbangan badan.

3. Lompat Raih dan Lompat Jauh

Gerakan melompat merupakan gerakan berpindah tempat atau arah dengan tumpuan satu kaki. Contoh gerakan melompat, yaitu lompat raih dan lompat jauh. Bagaimana cara melakukan gerak lompat raih dan lompat jauh? Amatilah kegiatan seperti Gambar 3.11. Siapkan sebuah bola yang digantung agak tinggi. Posisi awal, lakukan lari cepat dan pandangan ke depan. Saat mendekati papan tolak, bersiap melakukan tolakan.

Lakukan tolakan dengan satu kaki (gunakan kaki terkuat untuk melakukan tolakan). Ayunkan lengan ke depan saat badan melayang di udara. Kedua kaki dijulurkan ke depan untuk bersiap mendarat. Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki. Lutut agak ditekuk dan ikuti ayunan lengan ke depan. Lakukan kegiatan ini secara disiplin dan percaya diri. Teruslah berlatih agar kamu makin terampil.


D. Variasi Gerak Dasar Lempar

Benda yang biasa digunakan dalam gerakan melempar, yaitu bola kasti, bola sepak, bola basket, lembing, roket, dan cakram. Sebelum pembelajaran lebih lanjut, lakukan kegiatan berikut.

1. Lempar Roket

Gerakan lempar roket sesuai gerakan lempar lembing. Untuk mengawali pembelajaran, kamu dapat mencari informasi dari internet atau bacaan lainnya. Lakukan penelusuran informasi dengan pendampingan orang tua. Catatlah informasi penting tersebut dan gunakan sebagai sumber belajar. 

Gerakan dalam lempar roket. Posisi awal, bersiap melakukan awalan lari. Salah satu tangan memegang roket dan pandangan ke depan. Lakukan lari pelan dan lari cepat, kemudian lakukan tolakan tepat di belakang garis batas tolakan. Lempar roket sekuat-kuatnya agar lemparannya jauh. Ikuti gerakan ayunan lengan dan langkah kaki untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan gerakan lempar roket ini dengan disiplin dan tanggung jawab.


2. Lempar Bola Ayun

Amatilah Gambar 3.16. Gambar tersebut menunjukkan gerakan lempar bola ayun. Praktikkan gerakan tersebut di rumahmu menggunakan bola plastik yang ringan. 
Bandingkan gerakanmu dengan langkah-langkah berikut. Posisi awal, sikap berdiri tegak. Kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. Bola dipegang tangan kanan di belakang telinga dengan siku ditekuk. Pandangan ke arah sasaran yang dituju. Ayunkan lengan kanan dengan kuat. Saat bola berada di atas depan kepala, lepaskan bola. Ikuti dengan lecutan di pergelangan tangan agar bola meluncur ke atas depan. Lakukan gerakan ini dengan tekun dan hati-hati.

Sekilas tentang Atletik Kid
Athletics Kid pertama kali dikenalkan oleh International Association of Athletics Federation (IAAF). Athletics Kid makin menyebar ke sekolah melalui pendidikan dan pelatihan oleh Pusat Pembinaan Atletik Pelajar (PPAP). Bahkan, PB PASI merekomendasikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayan untuk melombakan cabang Athletics Kid. Nomor yang dilombakan, yaitu sprint/hurdles shuttle relay (kanga’s escape), forward squat jumps (loncat katak), kids javeline throwing (lempar turbo/roket), dan formula one (lari, rintangan, dan slalom). 

Sumber: www.atletik kid.com/tentang-atletik-kid/, diakses 10 Oktober 2018

Rangkuman
  1. Variasi gerak dasar dalam atletik terdiri atas jalan, lari, lompat, dan lempar.
  2. Jalan adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Saat kaki melakukan pergantian langkah, satu kaki tetap bertumpu pada dasar pijakan. 
  3. Variasi gerak berjalan sebagai berikut. a. Gerak berjalan berdasarkan arah terdiri atas jalan maju dan jalan mundur serta jalan menyamping dan berkelok-kelok. b. Gerak berjalan berdasarkan langkah terdiri atas langkah biasa dan langkah tegak serta langkah rapat dan langkah cepat. 
  4. Berlari adalah gerakan memindahkan tubuh dengan melangkahkan kaki secara cepat. Saat berlari, adakalanya tubuh seolah-olah melayang. 
  5. Variasi gerak berlari sebagai berikut. a. Lari pelan (joging) dan lari cepat. b. Lari menyamping dan lari berkelok-kelok. c. Lari melewati rintangan dan lari langkah kuda. 
  6. Melompat adalah gerakan memindahkan tubuh ke depan, dengan menolakkan salah satu kaki. Dalam melompat, terdapat gerakan awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. 
  7. Variasi gerak lompat sebagai berikut. a. Lompat tali dan loncat kotak. b. Loncat ke atas dan loncat jauh. c. Lompat meraih bola dan lompat jauh. 
  8. Melempar adalah rangkaian gerakan menolak, mendorong benda menggunakan tangan. Benda yang didorong akan melayang dan jatuh. 
  9. Gerak dasar lempar sebagai berikut. a. Lempar roket. b. Lempar bola ayun.

Posting Komentar

0 Komentar