MATERI PELAJARAN PJOK KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 1 CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna. Manusia dapat melakukan gerak dengan bermacam-macam cara. Perhatikan gambar berikut ini! Ikuti berbagai gerak berjalan dan berlari seperti gambar!


1. Berjalan ke samping kiri
2. Berjalan ke samping kanan
3. Berjalan ke depan
4. Berjalan ke belakang
5. Berlari ke depan
6. Berlari ke belakang
7. Berlari ke samping kanan
8. Berlari ke samping kiri
9. Berlari belok-belok dan membentuk lingkaran.

Lalu, cobalah melakukan gerakan gabungan antara jalan dan berlari seperti gambar berikut

Ikuti tahapan kegiatan seperti berikut ini.

1. Buatlah barisan di depan garis awal!
2. Kegiatan pertama adalah berjalan maju dari garis start menuju garis finish!
3. Berikutnya siswa berjalan mundur dari garis finish kembali menuju garis start!
4. Kegiatan kedua adalah berlari maju dari garis start menuju garis finish!
5. Dilanjutkan dengan berlari mundur dari garis finish menuju garis start!

Tugas !!!
Bagaimana cara agar kamu dapat menyelesaikan kegiatan berjalan dan berlari dengan cepat?

Jawaban !!!
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kekuatan kaki menjadi faktor utama keberhasilan dalam kegiatan perlombaan kombinasi gerak berjalan dan berlari. Dalam setiap perlombaan selalu ada yang menang dan kalah. Pemenang harus bersyukur dan tidak boleh sombong. Sebaliknya, yang kalah tidak boleh berkecil hati dan harus terus berusaha.


Bermain Kuda-Kudaan
Bermain Kuda-Kudaan merupakan salah satu kegiatan olahraga. Permainan kuda-kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki. Permainan ini juga melibatkan gerak yang merupakan salah satu ciri makhluk hidup.

Carilah temanmu yang memiliki berat badan seimbang. Lalu, tentukan terlebih dahulu yang akan menjadi penunggang dan kuda. Kamu bisa menentukannya dengan cara suit. Anak yang menjadi kuda akan menggendong temannya dari garis start. Saat diberi aba-aba, berjalan atau berlarilah sampai garis finish. Pasangan yang lebih dulu mencapai garis finish adalah pemenangnya. Ulangi kegiatan dengan pergantian peran kuda dan penunggangnya.

Setelah bermain permainan kuda-kudaan lakukan kegiatan pendinginan. Sambil melakukan pendinginan, diskusikan beberapa hal berikut ini dengan temanmu.

Soal !!!
1. Mengapa permainan Kuda-Kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki!

Jawab !!!
1................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Soal !!!
2. Apa saja yang harus dilakukan agar dapat memenangkan perlombaan Kuda-Kudaan?

Jawab !!!
2................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Untuk dapat bermain kuda-kudaan dengan baik diperlukan badan yang sehat dan kuat.

Posting Komentar

0 Komentar