MATERI PELAJARAN PJOK TEMA 3 SUBTEMA 3 TEKNIK MENENDANG BOLA


Pembagian peran dapat juga dilakukan saat bermain, seperti bermain sepak bola. Saat bermain sepak bola, ada yang berperan sebagai penjaga gawang, penyerang, dan pemain belakang. Ada juga yang berperan sebagai kapten. Semua harus saling bekerja sama. Mengapa? Karena untuk menghasilkan permainan yang
terbaik.

Permainan sepak bola sangat menyenangkan. Mari pelajari teknik menendang bola! Sebelum bermain, lakukanlah pemanasan dengan membentuk lingkaran. Jika gurumu memberi aba-aba “mencair”, maka kamu harus berlari. Jika gurumu memberi aba-aba “membeku”, maka kamu harus segera berhenti di posisi terakhirmu. Hal ini seolah-olah membeku dan tidak boleh bergerak. Anak yang bergerak saat membeku akan dikeluarkan dari barisan.

Setelah itu, berlatihlah menendang bola ke tujuan tertentu! Tendanglah bola ke tujuan yang ditentukan!
Apakah kamu berhasil menendang bolamu ke tujuan tersebut? 



Buatlah dua kelompok dan berbarislah saling berhadapan. Tiap-tiap kelompok secara bergantian menendang dan menangkap bola.


Kegiatan Bersama Orang Tua !
Orang tua berdiskusi dengan siswa tentang peran yang ada di sekolah. Hal ini untuk menanamkan sikap menghormati semua peran yang ada di sekolah. Karena semua peran mempunyai fungsi yang penting.


Bermain sepak bola harus dilaksanakan di lapangan berumput. Permainan sepak bola dimainkan oleh 11 orang. Satu orang pemain berperan sebagai penjaga gawang. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah belajar teknik menendang bola. Sekarang, praktikkanlah teknik tersebut!

Kegiatan dimulai dengan melakukan permainan “tembaklah aku”. Berbarislah membentuk lingkaran. Dua orang siswa berada di tengah lingkaran. Siswa yang membentuk lingkaran berlari searah atau berlawanan arah jarum jam. Lakukan sesuai perintah gurumu. Siswa yang berada di tengah berusaha menembak atau menendang bola. Tendangan bola diarahkan ke siswa yang berlari. Siswa yang terkena bola pada bagian lutut ke bawah dianggap kalah dan ganti berjaga di tengah lingkaran. Bola ditendang setelah mendengar bunyi peluit dari guru.

Gunakan bola plastik untuk permainan ini.


Kamu telah melakukan permainan. Sekarang, kamu akan berlatih menendang bola.


Kegiatan Bersama Orang Tua !
Berdiskusi tentang beragam peran yang ada di lingkungan rumah bersama orang tua. Kegiatan lainnya adalah mengamati proses mengembun di sekitar rumah.

Posting Komentar

0 Komentar