Rangkuman Modul 6 : Konsep Dasar Ekonomi

Situsartikel92.com - Pada dasarnya ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya dengan cara-cara yang terbatas agar dapat berkembang. Kemakmuran adalah ketika sebagian besar kebutuhannya terpenuhi. Karena kebutuhan tidak terbatas, maka alat yang memenuhi kebutuhan manusia harus melakukan tindakan alternatif, yaitu memilih tindakan mana yang perlu diprioritaskan dan tindakan mana yang dapat ditunda.

Ilmu ekonomi merupakan kelompok ilmu sosial karena memiliki tujuan penelitian yang sama dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, yaitu mempelajari manusia sebagai individu dan kelompok sosial. Memuaskan permintaan berupa barang dan jasa yang bernilai ekonomis berarti harus mengorbankan atau mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Masalah mendasar ekonomi adalah produksi, kegiatan memproduksi barang atau jasa yang dapat ditukar untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau orang lain. Masalah kedua adalah alokasi, kegiatan pengiriman barang dari produsen ke konsumen, karena tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhannya, alokasi melakukan fungsi pertukaran. Fungsi konsumsi adalah bagaimana barang atau jasa digunakan, digunakan atau dieksploitasi. Konsumsi harus berdasarkan fungsi barang atau jasa, agar masyarakat tidak boros, dan konsumsi harus direncanakan agar masyarakat tidak menyesal nantinya.

Perusahaan adalah kombinasi faktor-faktor produksi, yaitu alam, tenaga kerja, modal dan keterampilan, yang merupakan aktivitas tunggal yang dirancang untuk menghasilkan barang dan jasa yang dijual kepada pihak ketiga untuk menghasilkan keuntungan, berkelanjutan secara dinamis.

Menurut bentuk hukumnya, bentuk badan usaha di Indonesia adalah perseorangan, perseroan terbatas, perseroan terbatas, badan usaha milik negara, dan koperasi. Semua badan usaha yang tujuan utamanya mencari keuntungan, kecuali badan usaha milik negara yang tujuan utamanya melayani masyarakat, perlu memperhatikan prinsip efisiensi dan efektivitas. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbagi menjadi perusahaan terbuka, perusahaan milik negara, perusahaan jasa, dan perusahaan daerah. Modal BUMN itu milik pemerintah, keuntungannya milik negara, sekarang disimpan di kas, kalau rugi ditanggung negara subsidi.

Koperasi adalah bentuk usaha, organisasi ekonomi orang-orang yang didirikan dan dikelola bersama untuk kebaikan bersama. Sampai saat ini koperasi belum dapat berkembang seperti yang diharapkan karena sebagian besar masyarakat kita belum memahami implikasi danĀ Fungsi koperasi, sebagai anggota koperasi, loyalitasnya masih sangat rendah. Untuk itu, peran guru sangat diperlukan untuk mengembangkan koperasi di sekolah dan lingkungannya.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar