MATERI PJOK PELAJARAN X (BAGIAN 1) : BAHAYA ROKOK, MINUMAN KERAS DAN NARKOBA


Pergaulan yang salah memberi dampak buruk tidak hanya pada masa sekarang, tetapi juga pada masa depan. Kamu perlu membentengi diri dengan memegang teguh ajaran agama yang dianut, jujur, dan disiplin. Dengan demikian, kamu dapat terhindar dari pergaulan yang salah. Dampak pergaulan yang salah seperti muncul keinginan merokok, minum minuman keras, dan mengonsumsi narkoba.

A. Bahaya Rokok dan Minuman Keras bagi Kesehatan Tubuh

Rokok dan minuman keras dapat merusak tubuh. Merokok dan minuman keras adalah pilihan. Itu tandanya manusia sendiri yang merusak tubuhnya. Padahal, manusia dianugerahi tubuh sempurna oleh Tuhan Yang Maha Pemurah.hindari rokok dan minuman keras. Asap rokok berbahaya bagi perokok aktif dan perokok pasif. perokok aktif merupakan seseorang yang aktif merokok, sedangkan perokok pasif merupakan seseorang yang tidak merokok tetapi terkena asap rokok.

1. Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian, merokok berbahaya bagi kesehatan. Data penelitian menyebutkan merokok meningkatkan terjadinya penyakit. Contohnya penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paruparu, kanker rongga mulut, bronkitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Penyakit tersebut tidak lepas dari kandungan zat berbahaya dalam rokok. a. Kandungan Zat-Zat dalam Rokok Apa sajakah zat-zat yang terkandung dalam rokok? Kamu dapat menemukan jawabannya melalui pembahasan berikut.

1) Tar
Tar berupa kotoran pekat yang menyumbat paru-paru dan sistem pernapasan. Sumbatan ini menyebabkan bronkitis kronis. Dalam beberapa kasus, Tar juga menyebabkan kanker paru-paru (karsino genik). Tar sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi manusia.

2) Nikotin
Nikotin merupakan zat adiktif yang dapat menyebabkan kecanduan.  Nikotin juga memengaruhi saraf dan peredaran darah. Bahaya lain nikotin ialah mempercepat detak jantung. Kondisi tersebut menyebabkan kerja jantung lebih berat, meningkatkan tekanan darah, serta mengecilkan saluran pembuluh darah. Nikotin juga berdampak pada perusakan sel-sel pada tubuh.

3) Karbon Monoksida
Karbon monoksida merupakan zat beracun yang meresap dalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel-sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Padahal, oksigen dibutuhkan tubuh untuk metabolisme dan pernapasan. Keadaan tersebut mempercepat kerusakan pada paru-paru sehingga menyebabkan penyakit koroner.

Merokok sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak. Kebiasaan merokok dapat menimbulkan dampak buruk berikut.
  1. Menimbulkan rasa kebergantungan yang makin tinggi.
  2. Menyebabkan gangguan kesehatan seperti fisik lemah, malas, mudah sakit, dan menderita penyakit kronis.
  3. Mengganggu perkembangan aspek mental anak-anak.
  4. Memudarkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar.
b. Cara Menghindari Kebiasaan Merokok

Dari Gambar 10.3, kamu mengetahui aktivitas positif berperan penting untuk menghindari kebiasaan merokok. Adakah cara lain untuk menghindari dan mencegah kebiasaan merokok? Cara menghindari kebiasaan merokok sebagai berikut.
1. Menjauhkan diri dari rokok.
2. Menyosialisasi larangan merokok.
3. Membebaskan lingkungan sekolah dari asap rokok.
4. Membiasakan pola hidup sehat secara disiplin.
5. Menggunakan waktu luang untuk kegiatan positif.

Peringatan bahaya merokok sering kamu dengar dan lihat dari media massa. Akan tetapi, peringatan tersebut sering diabaikan sebagian orang. Kebiasaan merokok terus dilakukan meskipun mengetahui bahaya merokok. Sebagai generasi sehat, kamu hendaknya berperan dalam sosialisasi bahaya merokok.

2. Bahaya Minuman Keras bagi Kesehatan

Minuman keras mengandung alkohol yang bersifat adiktif. Jika seseorang mengonsumsi minuman keras, fungsi tubuh dan perilakunya akan terganggu. Mengapa? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah uraian berikut.

a. Kandungan Zat dalam Minuman Keras
Minuman keras (miras) atau minuman beralkohol mengandung etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif yang dapat menyebabkan menurunnya kesadaran. Apa sajakah kandungan zat dalam miras selain etanol? Dengan pendampingan guru, carilah di internet atau sumber bacaan lainnya untuk menemukan informasi kandungan zat miras. Buatlah ringkasan untuk digunakan sebagai sumber belajar.

b. Bahaya Minum Minuman Keras
Apa akibat minum minuman keras (miras)? Miras dapat menimbulkan ketagihan. Jika mengkonsumsi miras, dapat merusak fungsi organ tubuh. Miras juga menyebabkan gangguan mental organik (GMO). GMO muncul akibat langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Zat adiktif alkohol menyebabkan seseorang keracunan atau mabuk. Berdasarkan hasil penelitian, miras menyebabkan pendarahan pada tenggorokan, terganggunya sistem pernapasan, dan berbagai penyakit lain.

c. Cara Menghindari Minuman Keras
Bagaimana upaya menghindari miras? Upaya menghindari miras dapat dilakukan dengan cara berikut.
1. Katakan ”Tidak” pada miras!
2. Hindari bergaul dengan peminum miras.
3. Terlibat dalam sosialisasi bahaya miras bagi kesehatan.
4. Tanamkan dalam hati jika miras berbahaya bagi tubuh.
5. Gunakan waktu luang untuk melakukan kegiatan positif.

Terkait bahaya miras, kamu hendaknya bersikap tegas dengan mengatakan ”tidak” pada miras. Selain merusak kesehatan, miras merusak mental generasi bangsa. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal, hendaknya kamu menghindarkan diri dari miras. Caranya dengan melakukan kegiatan positif.

Posting Komentar

0 Komentar