Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

PRAKTIKUM IPA SD MODUL 3 BAGIAN MAKANAN


Judul Percobaan 1 : Pengelompokkan Bahan Makanan berdasarkan zat gizi
  • Hasil Pengamatan 1

No. Jenis Bahan Makanan Karbohidrat Protein Lemak Vitamin
1. Ubi V
2. Kacang Tanah V V
3. Kelapa V
4. Wortel V
5. Kentang V
6. Kol V
7. Jagung V
8. Keladi V V
9. Tomat V
10. Kacang Hijau V

  • Pembahasan
Dari tabel di atas dapat di lihat bahwa setiap bahan makanan memiliki masing-masing zat gizi. Ternyata berbagai macam bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. Dari pengelompokkan diatas bisa di ketahui bahwa setiap bahan makanan memiliki zat gizi yang berbeda pula. Serta dapat di bedakan yang mana makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

  • Kesimpulan
Dari tabel pengelompokkan bahan makanan di atas dapat di tarik kesimpulan, bahwa setiap bahan makanan memiliki kandungan zat gizi yang berbeda-beda.

  • Jawaban Pertanyaan
  1. Zat gizi yang diperlukan oleh balita adalah Protein, Mineral, Vitamin, dan Energi.
  2. Zat gizi yang diperlukan oleh orang bekerja yaitu zat energi atau zat tenaga yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.
  3. Zat gizi yang diperlukan pada usia lanjut adalah zat energi, protein, vitamin, dan mineral.

Judul Percobaan 2 : Pengelompokkan Sayuran
  • Hasil Pengamatan 2

No. Jenis Bahan Makanan Sayuran Daun Sayuran Buah Sayuran Akar/Batang Sayuran Kacang-kacangan Sayuran Tunas
1. Bayam V
2. Kankung V
3. Sawi V
4. Tomat V
5. Wortel V
6. Waluh V
7. Kacang Panjang V
8. Rebung V V
9. Buncis V
10. Cabe V


  • Pembahasan
Bahan makanan sayuran adalah bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung vitamin, setelah diolah menjadi makanan penyerta dan makanan utama. Bahan makanan sayuran di bedakan menjadi beberapa kelompok :
  1. Sayuran daun, sayuran daun adalah tumbuhan dengan bagian utamanya yang diolah menjadi hidangan makanan adalah bagian daunnya. Contoh : Bayam, Kangkung, Sawi dan lain-lain.
  2. Sayuran buah, sayuran buah adalah tumbuhan dengan bagian utamanya yang diolah menjadi hidangan makanan adalah bagian buahnya. Contoh : Tomat, Waluh, Cabe dan lain-lain.
  3. Sayuran umbi/akar, sayuran umbi/akar adalah tumbuhan yang bagian utamanya yang diolah menjadi hidangan makanan adalah bagian umbi/akar. Contoh : Wortel, kentang dan lain-lain.
  4. Sayuran kacang-kacangan, sayuran kacang-kacangan adalah tumbuhan yang bagian utamanya yang diolah menjadi hidangan makanan adalah biji yang berupa kacang-kacangan, Contoh : Kacang panjang, buncis, kedelai dan lain-lain.
  5. Sayuran tunas, sayuran tunas adalah tumbuhan dengan bagian utamanya yang diolah sebagai makanan adalah tunas tanaman. Contoh : Rebung.
  • Kesimpulan
Bahan makanan yang berupa sayuran dapat di kelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu : Sayuran daun ; Sayuran buah ; Sayuran umbi/akar ; Sayuran kacang-kacangan ; Sayuran tunas. Sehingga dengan mudah di kenali untuk dapat di kelompokkan.
  • Jawaban Pertanyaan
  1. Dilihat dari TRIGUNA MAKANAN sayuran termasuk Zat pembangun
  2. Termasuk kedalam kelompok makanan.
  • Cabe termasuk sayuran buah karena memiliki bentuk dan ukuran serta warna yang menyerupai buah.
  • Wortel termasuk sayuran buah karena wortel memiliki bentuk dan ukuran serta warna yang menyerupai buah, contohnya singkong. Singkong dimanfaatkan sebagai makanan pengganti karena singkong dimanfaatkan dengan bagian utamanya yang diolah menjadi hidangan makanan dan mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh


Judul Percobaan 3 : Membuat judul menu makanan berdasarkan 4 sehat 5 sempurna

  • Hasil Pengamatan
Menu yang dibuat :
Adapun menu yang akan saya buat antara lain.
  1. Nasi goreng
  2. Susu segar
  3. Nasi kuning
  4. Sambel goreng kering
  5. Perkedel
  6. Es campur

  • Pembahasan
Bahan makanan sayuran adalah segala sesuatu yang dapat di masak dan diolah untuk dihidangkan. bahan makanan di kelompokkan menjadi :
  1. Bahan makanan pokok, bahan makanan pokok adalah bahan makanan yang sudah di masak merupakan makanan utama. Contoh : Nasi, Jagung, Sagu, Ubi, Talas, dan lain-lain.
  2. Bahan makanan lauk pauk, Bahan makanan lauk pauk adalah bahan makanan yang setelah diolah merupakan penyerta dari makanan utama. Contoh : Daging, Telur, Perkedel, dan lain-lain.
  3. Bahan makanan sayuran, bahan makanan sayuran adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang setelah diolah merupakan penyerta makanan utama. Contoh : Sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi/akar, sayuran tunas.
  4. Buah-buahan, buah-buahan adalah bahan makanan dari tumbuhan buah. Contoh : Mentimun, Pisang, Jeruk, dan lain-lain.
  5. Minuman, minuman adalah sejumlah air yang telah dicampur sedemikian rupa sehingga menghasilkan energi atau vitamin, dan juga merupakan cairan pelepas dahaga. baik sementara beraktivitas maupun selesai beraktivitas. Contoh : Susu, Es, Juice, dan lain-lain.
  • Kesimpulan
Zat makanan atau zat gizi adalah komponen-komponen yang terkandung pada bahan makanan. zat makanan yang diperlukan oleh tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
  • Jawaban Pertanyaan
  1. Empat sehat lima sempurna adalah cara sederhana dan mudah untuk menyusun menu seimbang yang berstandar pada nilai gizi dan kebutuhan zat makanan yang dibutuhkan tubuh yaitu : Nasi, Lauk pauk, Sayuran, Buah, dan susu.
  2. Triguna pangan adalah pengelompokkan makanan berdasarkan fungsi fisiologisnya yaitu:
  • Untuk bergerak, merupakan zat tenaga. Misalnya, Karbohidrat, Lemak, dan Protein.
  • Untuk membangun, merupakan zat pembangun. Misalnya, Protein, Mineral, Vitamin, Air.
  • Untuk mengatur, merupakan zat pengatur. Misalnya, Protein dan Air.

Posting Komentar

0 Komentar