Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

MATERI BAB 10 : PERILAKU TERPUJI DALAM PERGAULAN SEHARI-HARI KELAS 4

Manusia sebagai makhluk sosial. Kondisi inilah yang juga kamu alami dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, kamu bergaul dengan teman-temanmu. Dalam bergaul, kamu perlu memupuk sikap menolong terhadap teman yang membutuhkan pertolongan. Tanamkan dalam dirimu sikap peduli terhadap sesama.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa paling sempurna. Manusia dibekali akal, pikiran, dan budi pekerti. Oleh karena itu, manusia sering dikatakan sebagai makhluk bermoral sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial yang berakal budi, kamu harus berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. 

Perilaku terpuji adalah perbuatan atau tindakan seseorang yang hasilnya akan bermanfaat bagi orang lain. Perilaku ini hendaknya ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku terpuji yang kamu lakukan  Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perilaku terpuji yang dapat kamu lakukan antara lain menolong, jujur (integritas), disiplin, bertanggung jawab, peduli, berbagi, menghargai, santun, atau percaya diri.

A. Perilaku Terpuji Antar teman Sebaya
kewajiban utamamu adalah belajar dengan tekun. Pada pelaksanaannya, tidak terlepas dari kesulitan dan hambatan. Hanya orang-orang berperilaku terpujilah yang meraih keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya.

Apa sajakah bentuk perilaku terpuji dalam pergaulan dengan teman sebaya? Teman sebaya merupakan kelompok orang seumuran denganmu dan kelompok sosialnya. Misalnya, teman sekolah atau teman bermain di rumah. Dengan teman sebaya, kamu hendaknya membiasakan perilaku terpuji.

1. Perilaku Terpuji Antar teman Sebaya dalam Kegiatan Belajar
Bagaimana bentuk perilaku terpuji dalam kegiatan belajar di sekolah? Sebagai pelajar, kamu perlu menjalin toleransi dengan teman belajar atau sekolah. Dengan cara demikian, kamu berperan menciptakan pembelajaran yang tertib. Kamu juga bersikap disiplin dengan hadir tepat waktu di sekolah. Perilaku yang demikian menunjukkan kamu melaksanakan kewajiban sebagai pelajar.
Apa sajakah perilaku terpuji yang dapat kamu kembangkan dalam bergaul dengan teman belajar? Beberapa perilaku terpuji yang dapat kamu kembangkan sebagai berikut.
1. Mengerjakan pekerja rumah (PR) secara tanggung jawab dan disiplin.
2. Bersikap tertib dan santun saat menerima pembelajaran di kelas.
3. Bermain bersama teman dengan saling menghargai dan menghormati.
4. Belajar dengan tanggung jawab agar makin cerdas.
5. Bersikap menghargai pendapat antarteman saat berdiskusi.

2. Perilaku Terpuji Antarteman Sebaya dalam Aktivitas Olahraga
Tahukah kamu, dalam aktivitas olahraga terdapat istilah fair play? Istilah fair play diartikan semua olahragawan berkesempatan meraih kemenangan melalui sikap sportif, tanggung jawab, dan elegan. Perilaku semacam inlah yang harus muncul dalam aktivitas olahraga.
Pada aktivitas olahraga, kamu dapat membiasakan perilaku terpuji. Bagaimana caranya? Misalnya, saat ada teman yang mengalami cedera, kamu dapat segera menolongnya. Perilaku menolong teman yang mengalami musibah adalah perilaku terpuji. Perilaku terpuji memberi manfaat besar bagi teman yang ditolong. Siswa yang menolong juga merasa bahagia karena memberi manfaat kepada temannya.
Selain menolong atau peduli terhadap teman, dalam aktivitas olahraga diperlukan sportivitas, kejujuran, disiplin, kerja sama, tanggung jawab, saling menghormati, percaya diri, santun, dan rendah hati. Sikap sportif mencerminkan kejujuran terhadap lawan. Artinya, kamu tidak mencurangi atau mencelakakan lawanmu.

3. Perilaku Terpuji dalam Aktivitas Bermain
Dalam aktivitas bermain, kamu belajar mengenai keadilan, menaati aturan, dan bersikap kesatria. Misalnya, saat kamu bermain gobak sodor atau benteng-bentengan. Permainan ini membantumu berpikir strategis. Menolong teman kelompok dalam sergapan kelompok lawan dan membantu kelompok memenangi permainan ini memerlukan kerja sama, kekompakan, dan kecerdasan berpikir. Sikap menolong teman merupakan perilaku terpuji yang memberi manfaat bagi temannya.
Dalam permainan gobak sodor, juga diperlukan sikap jujur, tanggung jawab, dan sportif. Dengan berperilaku jujur, tanggung jawab, dan sportif, kamu dapat bermain dengan baik dalam timmu untuk meraih kemenangan.

Menjaga kesehatan lingkungan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Banyak orang dapat menikmati lingkungan bersih dan sehat. Kesehatan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Bagaimana cara menjaga kesehatan lingkungan?
1. Menjaga kebersihan jalan di lingkungan sekitar.
2. Menjaga kebersihan saluran air di lingkungan sekitar.
3. Menjaga kebersihan fasilitas atau sarana umum.
4. Melakukan penghijauan di lingkungan tandus.
5. Membuang sampah di tempat sampah.

Perilaku terpuji yang dibahas di depan harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku terpuji berpengaruh positif bagi dirimu sendiri dan orang lain. Perilaku demikian dapat ditiru orang lain sehingga menciptakan kehidupan yang harmonis.

B. Perilaku Terpuji dengan Orang yang Lebih Tua dan Lebih Muda
Lingkungan masyarakat menjadi tempat kamu tinggal dan bergaul dengan orang lain. Dalam hidup bermasyarakat, kamu perlu membiasakan perilaku terpuji. Tidak hanya dengan orang lebih tua, perilaku terpuji juga diterapkan dengan orang lebih muda.

1. Perilaku Terpuji dengan Orang Lebih Tua
Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tidak hanya beriteraksi dengan teman sebaya, tetapi juga berinteraksi dengan teman atau orang lebih tua. Kamu juga bermain dengan teman yang lebih tua, bukan? Dengan orang yang lebih tua, kamu harus membiasakan perilaku terpuji. Sikap atau perilaku sopan santun dan hormat perlu kamu utamakan. Selain itu, kamu dapat menumbuhkan sikap peduli atau menolong dengan orang lebih tua. Perilaku tersebut sangat terpuji.
Perbuatan saling menolong tidak memandang usia. Perilaku tersebut sangat terpuji. Sikap gemar menolong orang lain membutuhkan kesadaran yang harus ditumbuhkan sejak dini. Dalam membina hubungan baik, kamu dapat menolong orang lain tanpa pandang bulu. Artinya, kamu harus menghindari sikap tak acuh atau tidak peduli terhadap teman-teman yang ada di sekitarmu.

2. Perilaku Terpuji dengan Orang yang Lebih Muda
Dalam pergaulan sehari-hari kamu akan berteman dengan orang lebih muda. Saat bermain dengan orang lebih muda kamu harus bersikap peduli, saling menolong, dan menghargai. Kamu juga harus menghargai teman berusia lebih muda ketika bermain. Apalagi dalam permainan berkelompok, kerja sama yang baik sangat diperlukan. Saat bermain hendaknya kamu tidak ingin menang sendiri. Sikap terpuji tersebut tetap dipelihara dengan siapa pun ketika kamu bermain.
Perilaku terpuji tersebut hendaknya dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Saat bergaul dengan orang lebih tua atau lebih muda, kamu dapat membiasakan perilaku terpuji. Memang, perilaku terpuji dalam pergaulan sangat beragam. Akan tetapi, jika dilakukan dengan kesadaran, kehidupan sehari-hari menjadi harmonis.

Rangkuman
  1. Perilaku terpuji adalah perbuatan atau tindakan seseorang yang hasilnya akan bermanfaat bagi orang lain sehingga patut di contoh dalam kehidupan seseorang.Perilaku terpuji dapat diterapkan kepada teman sebaya, orang lebih tua, dan orang lebih muda. 
  2. Perilaku terpuji antar teman sebaya sebagai berikut. a. Perilaku terpuji dalam kegiatan belajar. b. Perilaku terpuji dalam aktivitas olahraga. c. Perilaku terpuji dalam aktivitas bermain. 
  3. Perilaku terpuji yang kamu lakukan memberi manfaat yang baik bagi orang lain. Kamu akan merasa bahagia karena dapat memberi manfaat kepada orang lain. 
  4. Perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari antara lain menolong, jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, berbagi, menghargai, santun, atau percaya diri.

Posting Komentar

0 Komentar