Kebiasaan Kecil Berdampak Besar dan Harus di Lakukan pada Awal Pelajaran

Situsartikel92.com, Ada banyak hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan kebiasaan baik pada siswa kita di awal pelajaran. Itu hal-hal kecil yang terkadang tidak kita sadari, dan terkadang kita lewatkan karena suatu alasan. Padahal, efek yang dirasakan ketika nantinya menjadi kebiasaan bisa sangat bermanfaat. Menanamkan karakter pada siswa harus dimulai saat mereka tiba di awal pelajaran. 

Guru yang baik tidak hanya berbagi pengetahuan, tetapi juga mendidik siswa. Ki Hajar Dewantara juga mengatakan bahwa kita harus mampu membimbing peserta didik sesuai fitrahnya dan membentuk karakternya dengan mengembangkan sikap positif, motivasi, teladan dan kebiasaan kecil yang berdampak besar.

Jadi apa yang bisa saya lakukan di awal pelajaran, memengaruhi kebiasaan dengan cara-cara kecil tapi baik untuk siswa?. Saya akan membagikan beberapa hal yang saya lakukan secara teratur.

Mulailah dengan diri Anda sendiri.

Perilaku guru merupakan faktor penentu kepribadian siswa. Guru tidak hanya pandai mengajar atau berbicara di dalam kelas. Melainkan menjadi panutan bagi siswa. Sebagai siswa, mereka bisa mencontek kebiasan dan perilaku guru maka guru perlu lebih berhati-hati dalam sikap, penampilan, dan perkataan. 

Periksa dan perhatikan diri kita sendiri, cara kita memandang. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi. Berpakaian rapi, sopan dan bersih. Bau pada guru juga dapat mempengaruhi mood siswa. Jangan berlebihan pada penampilan atau riasan. Seorang guru yang berkharisma akan membuat siswa tertarik untuk mempelajari pelajaran.

Biasakan untuk Menyapa.

Saya menanamkan pada siswa saya keyakinan bahwa salam adalah doa. Jadi, dengan menyapa dan menanggapi, kita berdoa untuk diri kita sendiri dan orang lain. Kebiasaan ini bisa dilakukan kepada siapa saja dengan atau tanpa guru.

Sikap yang patut diteladani adalah kesopanan dan saling menghormati. Jadi dengan membiasakan menyapa di kelas, orang menjadi percaya bahwa sapaan dapat digunakan ketika bertemu orang lain, baik dibandingkan dengan rekan mereka yang lebih muda atau yang lebih tua. Harapannya, kesantunan akan muncul dalam diri siswa dan mereka akan lebih menghargai orang lain.

Berdoa Sebelum Belajar

Hal ini dilakukan agar kita selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa, dan ilmu itu datangnya dari Tuhan. Dengan membaca doa juga ada harapan untuk mendapatkan ilmu yang barokah yang bermanfaat untuk mempelajari apa yang sedang dikerjakan. Orang beriman itu bercirikan selalu mengingat Tuhan, maka menurut sila pertama Pancasila menurut saya kebiasaan baik ini wajib dan harus dilakukan sejak awal belajar bersama siswa. 

Keyakinan yang saya tanamkan pada murid-murid saya adalah bahwa Tuhan adalah pemberi. Maka manusia adalah hamba yang penuh kekurangan, Oleh karena itu, kita harus selalu meminta pertolongan kepada Tuhan. Untuk pelaksanaannya, mulailah dengan doa agar siswa mudah mengingat pelajaran. 

Jika siswa tidak bisa, jangan dipaksakan, instruksikan pembacaan doa. Setelah Anda mulai membaca doa, perlahan-lahan tunjuk seorang pemimpin doa. Pemimpin doa dapat dipilih dari siswa yang pertama datang atau dari siswa yang paling antusias. Hal ini dilakukan untuk berterima kasih kepada para siswa tersebut dan untuk menginspirasi siswa lainnya agar selalu semangat datang ke sekolah lebih awal.

Melafalkan Pancasila

Saat ini, banyak orang dewasa yang tidak melafalkan Pancasila, bahkan beberapa Pancasila sering digunakan sebagai "lelucon". Jadi bagaimana kita menghayati nilai-nilainya dalam hidup kita jika tidak melafalkan sila. Langkah mudah dalam proses implementasi adalah mengumumkan yang akan diikuti oleh seluruh siswa di kelas. 

Setelah menyelesaikan kegiatan ini, guru dapat menggambarkan sikap praktik/pengamalan dari salah satu sila, Misalnya, guru dapat menghargai kebiasaan siswa yang rajin belajar, dan semangat sekolah adalah salah satu bentuk mengamalkan sila kedua.

Menyanyikan Lagu Wajib 

Selain menumbuhkan kesadaran nasionalisme siswa, mengembangkan kebiasaan menyanyikan lagu wajib ini juga akan meningkatkan semangat belajar siswa. Kaitkan bahan ajar dengan isi lagu yang dibutuhkan. Misalnya kita akan belajar geografi Indonesia kemudian kita bisa menyanyikan lagu "Dari Sabang Sampai Merauke". Dipimpin oleh guru atau siswa di depan, diiringi dengan tepuk tangan, tentunya para siswa akan bersemangat untuk mulai belajar dan tertarik untuk mengikuti pelajaran yang kita lakukan bersama mereka. Dampak jangka panjangnya adalah menjadikan siswa terbiasa dengan semangat nasionalisme, cinta tanah air, dan menghargai kemerdekaan dalam menuntut ilmu.

Menghafalkan Materi Pelajaran

Siswa kami menghafal pelajaran dengan menghafal materi yang terkait dengan pelajaran. Misalnya, mereka mungkin mengingat tabel perkalian, rumus yang terkait dengan bentuk dan ruang datar, dan karakteristik bentuk tidak bulat. Dengan mendorong perilaku repetitif/berulang di kalangan siswa, diharapkan mereka dapat mengingat materi dalam jangka waktu yang lama.

Siswa yang termotivasi untuk belajar akan mengawali proses pendidikannya. Periode ini sangat penting karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kebiasaan baru. Guru harus memodifikasi kebiasaan yang ada agar sesuai dengan kebutuhan siswanya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan kebiasaan baru berdasarkan kebiasaan yang sudah ada. 

Guru ingin siswa menantikan bagaimana mereka akan mempelajari materi setiap hari. Membuat siswa menantikan pelajaran adalah salah satu tugas guru; mereka dapat melakukannya dengan menanamkan kebiasaan baik yang berdampak besar.

Demikian pembahasan artikel ini, itulah sebagian kecil dari kebiasaan yang tidak pernah terpikirkan jika di lakukan terus menerus akan memiliki pengarus yang sangat besar. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini, salam blogger.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.


Posting Komentar

0 Komentar