Rangkuman Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Tata Surya)

 

Situsartikel92.com, - Berada di luar rumah atau halaman rumah dan memandang jauh ke atas, kita akan melihat langit atau yang di sebut Cakrawala. Pada siang hari sewaktu cerah langit akan tampak berwarna biru bersih. Jika malam hari di langit tampak bintang, bulan dan benda-benda lain yang kedudukannya dapat berubah-ubah dari hari ke hari. Benda-benda tersebut bercahaya yang disebut sebagai Planet.

Bumi juga termasuk salah satu planet. Susunan benda-benda langit yang bergerak pada garis edarnya mengelilingi matahari di sebut Tata Surya. Matahari sebagai pusat tata surya.

A. Matahari

Matahari merupakan poros beredarnya tiap planet. Bumi merupakan salah satu planet berpenghuni yang jaraknya paling dekat dengan matahari. Pada pagi hari matahari memancarkan sinarnya yang lembut dan hangat. Namun pada siang hari panasnya terasa menyengat, dan di waktu menjelang senja kita dapat menikmati hawanya yang sejuk kembali.

Suhu, Susunan dan Massa Matahari

  1. Matahari terdiri dari gas, gravitasi matahari cukup kuat mengikat gas sehingga tak tersebar. Kekuatan gravitasi ini juga untuk menekan pusat nuklir sehingga tidak terjadi ledakan.
  2. Suhu permukaan matahari kira-kira 6.000⁰C. Hal itulah yang menyebabkan permukaan matahari menyilaukan. Makin ke lapisan dalam suhunya bertambah tinggi. Pusat matahari suhunya mencapai 18.000.000⁰C. Suhu pada matahari tidak merata.
  3. Sebagian besar tubuh matahari terdiri dari gas hidrogen. Selain itu terdapat pula gas helium, sedikit zat lemas, oksigen, dan unsur berat seperti besi dan nikel. Pusat matahari setiap detik 600 juta hidrogen di bakar menjadi helium melalui reaksi nuklir. Matahari seolah-olah tidak pernah kehabisan tenaga.
  4. Massa matahari kira-kira 1.989 x 1033 g. Seperti diketahui bahwa matahari sangat besar. Garis tengahnya kira-kira 1.400.000 km. Jarak matahari ke bumi sangatlah jauh, kurang lebih 150.000.000 km (400 x jarak bumi ke bulan).
  5. Para ahli memperkirakan umur matahari sekarang sekitar 4.600.000.000 tahun. Dengan jumlah hidrogen yang dimiliki. Matahari masih akan melangsungkan pembakaran nuklir di pusatnya seperti sekarang selama 5.000.000.000 tahun lagi.

B. Planet

Planet ialah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu dan bergaris tengan lebih besar dari 4.000 km. Planet memantulkan cahaya yang diterima dari matahari.

Dalam tata surya ada 8 planet, yaitu

  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
  5. Yupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Planet ini mempunyai diameter 4.862 km dan merupakan planet terkecil. Jarak planet Merkurius dengan matahari sekitar 58.000.000 km.

Waktu yang diperlukan Merkurius untuk sekali putar mengelilingi matahari adalah 88 hari. Karena letaknya dekat dengan matahari, pada permukaan planet ini banyak terdapat kawah-kawah yang besar, seperti permukaan bulan. Merkurius terlihat paling terang jika di lihat dari Bumi. Kadang-kadang menampakkan diri sebagai titik kecil pada saat matahari terbenam atau pada saat fajar menyingsing. Orang menyebutnya Bintang Senja atau Bintang Pagi

2. Venus

Venus terletak antara orbit Merkurius dan orbit Bumi. Planet Venus mempunyai garis tengah sekitar 12.100 km. Jarak Venus dengan matahari kira-kira 108.000.000 km, dan waktu yang diperlukan untuk berevolusi mengitari matahari selama 225 hari.

Permukaan Venus sangat kering, karena suhu permukaannya dapat mencapai 480⁰C. Venus merupakan planet putih bercahaya terang, nampak indah dan cemerlang. Planet ini nampak menjelang matahari terbit atau beberapa saat sesudah matahari terbenam. Orang sering menamakannya Bintang Fajar atau Bintang Timur atau Bintang Kejora.

3. Bumi

Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang terdapat kehidupan, permukaannya terdiri dari lautan dan daratan. Dari ruang angkasa permukaan bumi dapat dikenali karena berwarna hijau kebiru-biruan. Bumi bentuknya bulat dan bergaris tengah 12.750 km. Jarak bumi dengan matahari lebih kurang 150.000.000 km, dan sekitar 2/3 luas permukaan bumi tertutupi lautan.

Bumi memiliki lapisan udara atau atmosfir. Kandungan atmosfir terdiri dari gas, yaitu oksigen (zat asam) dan nitrogen (zat lemas). Jenis gas lain tidak begitu besar volumenya. Atmosfir berguna untuk melindungi bumi dari sinar radiasi matahari yang membahayakan benda-benda langit yang tertarik oleh gaya gravitasi bumi. Dengan adanya lapisan atmosfir, suhu di bumi pada siang hari tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin. Bumi mempunyai satu satelit yaitu Bulan.

4. Mars

Planet tampak kemerah-merahan. Keadaan Mars memiliki beberapa kemiripan dengan keadaan di Bumi. Sampai saat ini manusia masih terus menyelidiki apakah di Mars terdapat kehidupan.

Planet Mars mempunyai garis tengah sekitar 6.780 km. Jaraknya dengan matahari kira-kira 228.000.000 km. Waktu yang digunakan Mars untuk sekali mengelilingi matahari selama 687 hari. Seperti halnya Venus, permukaan Mars juga kering.

Mars mempunyai lapisan atmosfer yang tipis. Antara Mars dan Yupiter terdapat kumpulan benda langit kecil yang disebut Asteroid atau planetoid. Suhu mars tidak terlalu tinggi, pada siang hari sekitar 30⁰C dan pada malam hari sekitar 70⁰C. Mars mempunyai dua buah satelit, yaitu Demos dan Fobos.

5. Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Garis tengahnya kira-kira 143.000 km atau sekitar 11 kali diameter bumi. Jarak Yupiter dengan matahari sekitar 778.000.000 km. Yupiter memerlukan waktu selama 12 tahun untuk sekali edar mengelilingi matahari.

Atmosfir Yupiter banyak mengandung gas hidrogen dan helium. Permukaan Yupiter dan atmosfirnya mempunyai batas yang kurang jelas, sehingga Yupiter menyerupai bola gas yang sangat besar. Yupiter memiliki satelit berjumlah 16.

6. Saturnus

Saturnus termasuk planet yang besar nomer dua dalam tata surya setelah Yupiter. Saturnus mempunyai keistimewaan, yaitu planet ini dikelilingi suatu system cincin  raksasa, yang terdiri dari debu-debu dan partikel-partikel kecil. Garis tengah saturnus sekitar 120.000 km. jarak saturnus dengan matahari kira-kira 1.428.000.000 km. Waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 29,5 tahun. Saturnus mempunyai sekitar 21 setelit. Titan merupakan setelit terbesar. Suhu permukaan saturnus mencapai -145°C.

7. Uranus

Uranus mempunyai garis tengah sekitar 50.100 km. Jarak uranus dengan matahari kira-kira 2.869.000.000 km. Uranus mengelilingi matahari sekali edar membutuhkan waktu 84 tahun. Permukaan uranus selalu diliputi awan tebal. Suhu permukaan planet tersebut mencapai -180⁰C. Uranus memiliki 5 buah satelit.

8. Neptunus

Jika dilihat menggunakan teleskop Neptunus tampak berwarna kehijau-hijauan. Garis tengah planet ini sekitar 48.600 km. Jarak Neptunus dengan matahari kira-kira 4.495.000.000 km. Suhu permukaan Neptunus lebih dingin dari pada Uranus, yaitu sekitar -190⁰C. Untuk sekali edar mengelilingi matahari, Neptunus memerlukan waktu selama 165 tahun. Keadaan Neptunus belum banyak diketahui. Neptunus mempunyai 2 satelit, yaitu Triton dan Nereid.

Peredaran tiap-tiap planet mengitari matahari membentuk bujur telur atau elips. Pusat lintasan peredaran itu adalah matahari. Peredarannya teratur sehingga tak mungkin terjadi benturan.

Urutan dan jarak planet dari matahari adalah sebagai berikut :

Merkurius (58 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Yupiter (778 juta km), Saturnus (1.428 juta km), Uranus (2.869 juta km), Neptunus (4.495 juta km).

C. Bulan

Bulan adalah satelit Bumi. Keadaan bulan dijelaskan sebagai berikut :

  • Bulan tidak seperti Bumi. Pada bulan terdapat gunung-gunung yang tinggi dan lembah-lembah yang dalam. Semua tandus tidak seperti Bumi. Disana sangat kering, tidak ada air, tidak ada suara. Bulan tidak mempunyai cahaya sendiri, ia menerima cahaya dari matahari. Cahaya yang diterimanya di pantulkan ke Bumi.

  • Jarak bulan dari bumi lebih kurang 384.000 km. Massa bulan kira-kira 1/80 kali massa bumi. Bulan berputar pada porosnya. Bulan beredar mengelilingi bumi. Waktu peredaran bulan mengelilingi bumi selama 29 ½ hari.

  • Pada tahun 1969 orang telah mmendarat di bulan dengan pesawat Apollo 11. Pesawat itu di naiki oleh tiga orang astronot, yaitu Neil Amstrong, Edwin Aldrien dan Michael Collins. Namun Michael Collins tidak menginjakkan kakinya di bulan, dia tetap tinggal di pesawat sambil membantu dan mengawasi teman-temannya serta berkomunikasi dengan orang-orang di Bumi.

Para ahli telah menemukan bahwa Yupiter mempunyai 16 satelit (bulan) Mars dan Neptunus masing-masing 2 satelit, Uranus mempunyai 5 satelit, dan Saturnus mempunyai 21 satelit.

D. Bintang

Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Sifat tersebut yang membedakan dengan planet. Sekumpulan bintang apabila di gabungkan akan memmiliki bentuk tertentu, dan disebut sebagai Rasi Bintang. Ilmu untuk mempelajari cakrawala disebut Astronomi.

  • Bintang-bintang yang tampak pada malam hari adalah benda yang tidak jauh berbeda dengan matahari. karena jaraknya jauh maka cahayanya lemah dan tampak kecil. Matahari juga sebuah bintang. Bintang yang terdekat dengan Bumi kita.

  • Banyak bintang yang lebih besar dari matahari, dan juga yang lebih kecil. Bintang nampak kecil karena amat jauh dari kita. Bintang-bintang tempat yang satu dengan yang lain tampak tak berubah.

  • Rasi Bintang di berikan untuk memudahkan dalam proses pengenalannya.

  • Gubug Penceng, merupakan segugus bintang yang terdiri dari 4 buah bintang menyusun gugus tertentu bentuknya menyerupai dangau (Gubug) dan letaknya condong (Penceng). Rasi Bintang gubug penceng disebut juga rasi bintang pari. Rasi bintang ini dijadikan pedoman arah selatan.

  • Rasi bintang waluku (irion), merupakan rasi bintang yang lain, dan dapat dipergunakan untuk pedoman menunjukkan arah barat.

  • Sebelah tenggara nampak bintang-bintang yang berkelompok membentuk gambar kalajengking, disebut rasi bintang kalajengking (Scorpion).

  • Sebelah utara kadang terlihat rasi bintang biduk atau rasi bintang beruang besar.

E. Komet

Komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari. Lintasan komet berbentuk sangat lonjong dan berbeda dengan lintasan planet. Komet berasal dari bahasa Yunani yang artinya Rambut Panjang.

  • Komet terdiri atas kumpulan debu dan gas yang membeku. Cahaya matahari sering dipantulkan oleh bagian belakang komet, sehingga komet tampak berekor. Panjang ekor komet dapat mencapai jutaan km. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari.

  • Cahaya yang terlihat dari komet sebagian kecil adalah cahayanya sendiri dan sebagian besar merupakan pantulan cahaya matahari. Karena komet sering terlihat berekor, maka komet disebut bintang berekor.

  • Kita mengenal sekitar 50 komet yang muncul tiap 5 hingga 40 tahun sekali. Komet-komet itu dinamai keluarga komet Yupiter. Komet Halley muncul setiap 76 tahun sekali. Komet ini sangat terkenal yang ditemukan oleh seorang ahli sains bernama Edmund Halley pada tahun 1682. Pada tahun 1886 orang Indonesia dapat melihat komet Halley dengan mata telanjang meskipun kurang jelas.

  • Komet yang telah dikenal antara lain komet Encke muncul setiap 3 tahun, komet Ikeya-Seki muncul tahun 1965, komet Kohoutek muncul tahun 1973 dan komet West muncul tahun 1976.

F. Meteor dan Asteroid

Meteoroid merupakan benda langit yang memiliki ukuran yang kecil dan juga mengelilingi matahari serta jumlahnya sangat banyak. Ada beberapa dari meteoroid ini jatuh ke Bumi. Meteoroid yang jatuh ke bumi akan mengalami pergesekan dengan lapisan udara yang terdapat pada bumi sehingga akan membuat meteoroid tersebut terbakar. Meteoroid yang terbakar di lapisan udara disebut Meteor. Cahaya pijarnya sering terlihat sebagai bintang beralih. Batu meteor yang sampai di permukaan Bumi disebut Meteorit. Meteor banyak mengandung Besi dan Nikel.

Asteroid merupakan sejumlah benda-benda langit kecil seperti planet yang bergerak mengelilingi matahari. Asteroid sering juga dikenal dengan nama lain yaitu planet kecil. Asteroid banyak di jumpai di sekitar lintasan Mars dan Yupiter. Dalam tata surya kita diperkirakan ada lebih dari 100.000 asteroid. Asteroid terbesar bernama Ceres. Ceres memiliki garis tengah kurang lebih 685 km.

Gas dan debu yang berada diantara planet-planet disebut zat antar planet. Cahaya zodiak adalah cahaya yang terlihat di tempat gelap seperti pita cahaya yang tipis. Itulah cahaya matahari yang dipantulkan oleh zat antar planet.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Baca juga materi IPA lainnya di bawah ini !

Posting Komentar

0 Komentar