Ayo Berlangganan

Ayo Berlangganan

LATIHAN MODUL 4 PEMBELAJARAN 1 PADA MATA KULIAH PERSPEKTIF GLOBAL

Print PDF

# LATIHAN MODUL 4 PEMBELAJARAN 1 #


  1. Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan hidup semakin bertambah, hal tersebut dapat tertutupi dengan kecanggihan teknologi. Perkembangan, kemajuan dan penerapan teknologi untuk melayani kebutuhan hidup, merupakan ciri peningkatan kualitas kemampuan penduduk sebagai sumber daya manusia (SDM).
  2. Dampak positif dalam penerapan IPTEK pada kehidupan. Dilihat dari segi koneksi kehidupan yang secara rasial, sosial, ekonomi budaya dan politik dapat dikatakan bersifat majemuk, menyebabkan pula tingkat kepentingan yang berbeda-beda. Begitu pula dari dampak negatif. Beberapa contoh dampak negatif dan positif dalam penerapan IPTEK : (a) Bidang informasi dan komunikasi; (b) Bidang pendidikan; (c) Bidang ekonomi dan industri; (d) Bidang Politik; (e) Bidang sosial dan budaya;
  3. Beberapa fenomena dan isu yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari yaitu pembangunan, Hak Asasi Manusia (HAM), keluarga berencana, Migrasi, lingkungan, Sumber daya, kematian, kelahiran, kemakmuran, teknologi, kelaparan dan bahan pangan, dll.
  4. Penduduk Indonesia dikenal dengan berbagai Ras, Suku, Budaya, dll. Perbedaan yang didasarkan dengan Ras adalah perbedaan warna kulit diantaranya, (a) Ras hitam (Negroid) adalah kelompok penduduk yang memiliki warna kulit hitam/gelap; (b) Ras kuning (Mongoloid) adalah kelompok penduduk yang memiliki warna kulit kuning, (Kuning langsat, sawo matang, dll); (c) Ras putih (Kaukasoid) adalah kelompok penduduk yang memiliki warna kulit putih, yang mendominan Bangsa Barat.
  5. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kenyataan yang ditemukan baik yang bersifat global maupun tidak. tetapi memiliki pengaruh terhadap kehidupan penduduk. (1) Pengaruh Baik (Positif); (a) Penerapan IPTEK dilihat dari sisi positifny, khususnya dalam bidang pertanian, rekayasa mekanik, pengolahan tanah, dll; (b) Lingkungan dilihat dari sisi positifnya, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat apabila dijaga dan di lestarikan dengan baik, agar dapat terhindar dari berbagai bahaya; (c) Pembangunan dilihat dari sisi positifnya, dapat memperbaiki kondisi hidup masyarakat, baik kondisi material maupun non material termasuk kebutuhan-kebutuhan fisikal. sedangkan (2) Pengaruh Buruk (Negatif) : (a) Penerapan IPTEK dilihat dari sisi negatifnya, dapat mendatangkan masalah berupa perusakan lingkungan dalam berbagai bentuknya ;  (b) Lingkungan dilihat dari sisi negatifnya, dapat mendatangkan bencana alam jika lingkungan tersebut tidak dijaga dengan baik. (c) Pembangunan dilihat dari sisi negatifnya, dapat menyebabkan pengangguran yang cukup parah bagi penduduk. disebabkan berkurangnya lahan untuk pemukiman penduduk, selain itu pembangunan ini mempersempit pandangan kita akan tempat hijau bagi kelangsungan hidup anak cucu kita nanti.
c331b6abbcc6cc38c719370899a2e3f46c515803ef929cd36e

Posting Komentar

0 Komentar