Jatuh dan Patah Tulang Berkurang dengan Menggunakan Asupan Susu

Makan lebih banyak protein dan makanan kaya kalsium, seperti susu, yoghurt dan keju, dapat mengurangi kemungkinan jatuh dan patah tulang pada orang tua yang tinggal di fasilitas perawatan perumahan, sebuah studi baru menunjukkan.

Orang dewasa yang lebih tua yang tinggal di fasilitas perawatan lanjut usia, kurang mendapatkan cukup protein dan kalsium, yang dapat menyebabkan tulang lemah, meningkatkan risiko jatuh dan patah tulang, menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal.

Para peneliti berangkat untuk melihat apa efek kurang mencapainya asupan harian tersebut, yang telah direkomendasikan yaitu kalsium dan protein. Apakah benar akan menyebabkan jatuh dan patah tulang pada orang dewasa yang lebih tua?.

Intervensi pada 7195 penduduk, yang sampai saat itu tidak memenuhi target protein dan kalsium harian, dikaitkan dengan pengurangan resiko. 33% untuk semua patah tulang, 46% untuk patah tulang pinggul dan 11% untuk jatuh.

“Pengurangan resiko relatif untuk patah tulang mirip dengan yang ditemukan dalam uji coba menggunakan terapi obat ampuh untuk meningkatkan kekuatan tulang pada orang tua dengan gejala osteoporosis”, siaran pers University of Melbourne mengatakan.

Para peneliti mengatakan, meningkatkan asupan kalsium dan protein dengan menggunakan makanan olahan susu adalah 'intervensi yang mudah diakses yang mengurangi risiko jatuh dan patah tulang yang biasa terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.'

Mengapa protein dan kalsium penting seiring bertambahnya usia?. Kalsium sangat penting untuk mengembangkan tulang yang padat, oleh karena itu, kuat di masa kanak-kanak dan remaja sangat baik. Lebih baik lagi jika kepadatan tulang tersebut dipertahankan hingga dewasa dan usia yang lebih tua.

Seiring bertambahnya usia, tulang kita kehilangan kepadatannya sehingga membuatnya lebih rapuh dan rentan patah. Jika kita tidak makan cukup makanan kalsium, tubuh kita akan mengambil apa yang dibutuhkan dari tulang kita. Makan makanan yang kaya kalsium, protein dan melakukan latihan menahan beban adalah hal yang penting dilakukan sepanjang hidup kita. Agar tulang kita tetap padat dan kuat hingga kita tua.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita di atas 50 tahun adalah 1300mg, yaitu sekitar dua gelas susu yang diperkaya kalsium, satu teko yoghurt dan dua potong keju.

Protein adalah nutrisi yang kita butuhkan lebih banyak seiring bertambahnya usia, idealnya tersebar di semua makanan kita sehari-hari. Hal ini penting untuk menjaga otot kita agar kuat dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta penyembuhan luka.

Kelemahan otot, seiring bertambahnya usia, merupakan faktor penyebab jatuh yang besar, jadi mempertahankan kekuatan kita membantu kita tetap mandiri lebih lama.

Direkomendasikan orang berusia di atas 65 tahun makan sekitar satu gram protein per kilogram berat badan. Jadi, seorang wanita 65kg perlu makan 65g protein setiap hari.

Makanan kaya protein termasuk telur, susu, daging, unggas, ikan, tahu, dan kacang-kacangan.

Posting Komentar

0 Komentar