Perjanjian Tersebut Mengakui Peningkatan Resiko Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat dari Pemanasan Global dan Memprioritaskan Keadilan Lingkungan

SitusArtikel92.com. Minggu ini, Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) lima tahun. Perjanjian tersebut melanjutkan kolaborasi EPA-WHO pada berbagai masalah lingkungan dan kesehatan yang spesifik dan lintas sektoral, khususnya polusi udara, air dan sanitasi, kesehatan anak-anak, dan risiko kesehatan akibat perubahan iklim. Perjanjian yang diperbarui mencakup tindakan baru yang menarik pada isu-isu lintas sektoral termasuk infrastruktur dan keadilan lingkungan.

Saya bangga memperbarui komitmen EPA untuk bekerja sama dengan WHO untuk melindungi masyarakat dari risiko kesehatan akibat polusi,” kata Administrator EPA Michael S. Regan. “Amerika Serikat berkomitmen untuk bekerja sama dengan WHO, pemimpin global dalam melindungi kesehatan manusia untuk semua, dengan fokus khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang rentan dan kurang terlayani. Saat kita menghadapi tantangan baru dari perubahan iklim dan pandemi COVID-19, kolaborasi dengan WHO ini tidak pernah sepenting ini.

Misi EPA untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan sepenuhnya sejalan dengan tanggung jawab WHO untuk memimpin upaya global untuk mempromosikan kesehatan bagi semua orang, di mana pun. WHO memperkirakan bahwa 24% dari semua kematian global, dan 28% kematian pada anak balita, terkait dengan lingkungan, dan orang-orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah menanggung beban penyakit terbesar.

Pandemi COVID-19 telah menyoroti hubungan erat antara manusia dan lingkungan kita,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO. “Mengatasi tautan tersebut sangat penting untuk mencegah penyakit, termasuk pandemi di masa depan, untuk meningkatkan kesehatan, mendorong pemulihan global, dan mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan perubahan iklim, terutama bagi mereka yang paling rentan. WHO berharap dapat melanjutkan kolaborasi jangka panjangnya dengan EPA AS, dan memanfaatkan keahlian EPA untuk memajukan misi kami guna mendukung negara-negara dalam menghadapi tantangan kesehatan lingkungan.

EPA dan WHO memiliki sejarah panjang kolaborasi dalam masalah kesehatan masyarakat yang paling mendesak saat ini. Selama tiga dekade, kerja sama ini telah mencakup pekerjaan pada perubahan iklim, kualitas udara dalam dan luar ruangan, kesehatan lingkungan anak-anak, bahan kimia dan racun, air dan sanitasi, dan menghitung beban lingkungan dari penyakit.

Selama lima tahun ke depan, EPA dan WHO akan fokus menangani dampak kesehatan dari perubahan iklim. Upaya yang sedang berlangsung akan mengatasi banyak gangguan kesehatan lingkungan yang terkena dampak perubahan iklim, termasuk udara bersih dan air minum yang aman. Kolaborasi ini juga akan terus fokus untuk melindungi anak-anak dengan mengurangi paparan zat beracun, khususnya cat berbahan dasar timbal.

Dalam MOU ini, EPA dan WHO telah membentuk bidang kerja sama baru untuk memajukan prioritas bersama seputar isu-isu lintas sektoral termasuk mengatasi dampak yang tidak proporsional dari tantangan lingkungan pada masyarakat yang kurang terlayani dan rentan.

Melindungi populasi ini dan meningkatkan akses ke pengambilan keputusan adalah inti dari visi Administrator Regan untuk EPA. Target Tiga Miliar WHO menguraikan rencana ambisius bagi dunia untuk mencapai kesehatan yang baik untuk semua. Baik EPA maupun WHO memprioritaskan penggunaan sains sebagai dasar kebijakan dan program untuk mengatasi dampak kesehatan lingkungan.

WHO juga melakukan upaya koordinasi global luar negeri untuk merespons pandemi COVID-19. EPA juga berkontribusi terhadap respons COVID-19 dengan upaya mendaftarkan disinfektan untuk SARS-CoV-2 dan meneliti produk antimikroba serta mempelajari cara mendisinfeksi alat pelindung diri agar dapat digunakan kembali. EPA telah bekerja untuk sistem peringatan dini dengan memantau air limbah untuk keberadaan SARS-Cov-2. Kedua lembaga akan terus memajukan ilmu pengetahuan untuk menanggapi pandemi saat ini dan lebih siap untuk semua biothreats di masa depan.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar