VARIASI DAN KOMBINASI GERAK DASAR DALAM BERBAGAI PERMAINAN BOLA KECIL


Kasti termasuk olahraga yang diminati banyak anak. Permainan kasti dimainkan oleh dua regu yang berkompetisi. Keberhasilan memenangi permainan bergantung pada kekompakan anggota regu. Permainan kasti juga meningkatkan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif anak.

banyak jenis permainan bola kecil di antaranya kasti dan rounders. Kasti dan rounders merupakan permainan beregu yang mengutamakan unsur kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan.

A. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Kasti
Kasti (honkbal) termasuk permainan bola kecil tradisional yang berkembang turun-temurun. 

Dalam bermain kasti, kamu melakukan gerakan berjalan, berlari, menarik, mendorong, mengayun, melempar bola, memukul bola, dan menangkap bola. Gerak lokomotor meliputi berjalan, berlari, melompat, dan mengguling. Gerak nonlokomotor meliputi mengayun, membungkukkan badan, memutar badan, mendorong, dan menarik. Gerak manipulatif meliputi gerak melempar, memukul, dan menangkap bola.
 
1. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Melempar Bola Kasti

a. Memegang dan Melempar Bola Lambung dengan Mengayun Lengan
Pada permainan kasti, lemparan melambung dilakukan untuk mengoper bola kepada teman satu regu yang posisinya berjauhan. Amatilah dan praktikkan gerakan melempar bola lambung ke atas seperti pada Gambar 2.2!


b. Memegang dan Melempar Bola Mendatar dengan Mengayun Lengan
Lemparan bola mendatar dilakukan untuk mengoper bola kepada teman satu regu dalam posisi tidak berjauhan. Lemparan ini juga untuk mematikan lawan.

gerakan melempar bola mendatar dengan berdiri dan mengayun lengan seperti berikut.
1. Posisi berdiri, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
2. Pegang bola dengan tangan kanan secara kuat. Bola berada pada pangkal jari-jari.
3. Tarik ke belakang siku tangan kanan, sedangkan posisi tangan kiri lurus di depan dada.
4. Lemparkan bola dengan kuat secara lurus setinggi dada ke arah temanmu.
5. Temanmu akan menerima bola dengan menjulurkan kedua tangan ke depan. Kedua telapak tangan dibuka dan dirapatkan menghadap ke arah datangnya bola.

c. Melempar Bola Bawah dengan Mengayun Lengan dan Menekuk Kaki
Lemparan bola bawah dilakukan pemain yang berposisi sebagai pelambung. Lemparan ini untuk memberikan bola kepada pemukul. Amatilah dan praktikkan gerakan melempar bola bawah seperti pada Gambar 2.4!

cara melakukan kombinasi gerak dasar manipulatif dengan variasi gerak dasar nonlokomotor dalam melempar bola bawah. Posisi berdiri, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Pandangan ke depan. Tangan kanan memegang bola dengan posisi di bawah sebelah pinggul. Tarik tangan ke belakang. Ayunkan tangan dari belakang ke depan, kemudian lemparkan bola menyusur tanah secara pelan.

2. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Memukul Bola Kasti
Memukul bola dalam permainan kasti meliputi pukulan melambung, pukulan mendatar, dan pukulan bawah. Gerakan tersebut dapat dilakukan melalui variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar lokomotor. Cara memukul bola dalam permainan kasti. Amatilah gerakan memukul bola dalam permainan kasti berikut!
Cara melakukan variasi gerak dasar manipulatif dan kombinasi gerak dasar lokomotor dalam memukul bola, Simaklah uraian berikut.
  1. Pegang alat pemukul dengan satu tangan. Posisi awal berdiri, kemudian berjalan dan berlari menuju area pemukul. 
  2. Berdiri dengan posisi badan menyamping. Posisi pemain pelambung atau pengumpan di samping kiri pemukul. 
  3. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Tekuk siku tangan yang memegang alat pemukul. Alat pemukul ditarik ke belakang bersiap untuk memukul bola. 
  4. Pandangan ke arah pelambung dan datangnya bola.
  5. Saat bola dilempar, pukul bola dengan mengayunkan tongkat mengenai bola. Lakukan lecutan pergelangan tangan saat bola berada dalam jangkauan.
  6. Bola dapat dipukul secara melambung, mendatar, atau ke bawah. Setelah memukul, melangkah dan berlarilah menuju pos atau tiang hinggap. Saat menuju tiang hinggap, pemukul dapat meluncur.
3. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Menangkap Bola Kasti

Bagaimana variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam menangkap bola? 
Pada permainan kasti, gerakan manipulatif menangkap bola meliputi menangkap bola melambung, mendatar, dan menyusur tanah. Amatilah dan praktikkan gerakan menangkap bola seperti gambar berikut!





Dalam bermain kasti, setelah berhasil memukul bola, pemain dapat berlari secepatnya menuju pos atau tiang hinggap. Saat berlari, pemukul juga harus menghindari bola yang dilempar mengarah ke badan.

4. Bermain Kasti dengan Peraturan Dimodifikasi

Keberhasilan dalam permainan kasti bergantung pada kerja sama, kedisiplinan, dan ketangkasan anggota regu. Permainan kasti memerlukan lapangan dan peralatan tertentu. Permainan kasti dimainkan dua regu. Satu regu sebagai pemukul dan satu regu sebagai penjaga.

Dalam bermain kasti, kedua regu mendapatkan nilai dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Nilai 1 jika pemukul berhasil memukul bola, kemudian lari ke pemberhentian atau tiang pertolongan, tiang hinggap I, tiang hinggap II, dan area bebas secara bertahap.
2. Nilai 2 jika pemukul berlari melewati tiang pemberhentian (tiang pertolongan, tiang hinggap I, tiang hinggap II) dan kembali ke area bebas atas pukulannya sendiri.
3. Nilai 1 jika regu penjaga menangkap langsung bola lambung yang dipukul regu pemukul.

Kamu telah mempelajari variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor, lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti. Kamu dapat bermain kapan saja bersama teman-temanmu di lapangan. Saat bermain kasti, kembangkan sikap jujur (integritas), sportif, dan gotong royong (kerja sama).

Posting Komentar

0 Komentar