MATERI PJOK PELAJARAN I (BAGIAN II) : VARIASI DAN KOMBINASI GERAK DASAR DALAM PERMAINAN BOLA BESAR


C. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Pada permainan bola basket, setiap regu berebut memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam ring basket lawan. Agar dapat bermain dengan baik, kamu harus belajar variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola basket. Gunakan berbagai sumber bacaan agar kamu memahami informasi variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola basket. Kamu juga dapat menggunakan internet untuk mencari informasi. Ingat, gunakan internet hanya untuk kepentingan pembelajaran sekolah. Informasi yang kamu temukan dapat dijadikan sumber belajar.

1. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket

Amatilah gerakan melempar atau mengoper bola dalam permainan bola basket. Melempar bola basket dapat dilakukan dengan dua tangan atau satu tangan. Dalam gerakan ini, kamu dapat melihat adanya variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak nonlokomotor. 

a. Memegang dan Melempar Bola dengan Meluruskan Lengan

Amatilah Gambar 1.13 dengan cermat. Posisi awal berdiri dengan memegang bola di depan dada. Kemudian, ayunkan lengan dengan melempar bola untuk mengoper bola setinggi dada. Lakukan aktivitas ini bersama temanmu dengan hati-hati.
b. Memegang dan Mengoper Bola Atas dengan Mengayunkan Lengan

Amatilah Gambar 1.14 dengan cermat! Gambar tersebut menunjukkan gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak manipulatif dalam melempar bola melalui atas kepala (overhead pass). Posisi berdiri dengan memegang bola di atas kepala. Kemudian, ayunkan lengan untuk mendorong bola ke arah pasangan. Lakukan bersama temanmu dengan semangat dan hati-hati.
c. Memegang dan Memantulkan Bola dengan Meluruskan Lengan

Amatilah Gambar 1.15 dengan saksama. Gambar tersebut menunjukkan gerak dasar berdiri dan mendorong bola dengan kombinasi mengumpan bola memantul ke lantai (bounce pass). Saat melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut, posisi bola di depan dada. Kedua tangan ditekuk di depan dada sambil memegang bola. Bola didorong ke lantai dengan memantulkan ke arah kanan atau kiri pemain lawan dengan cepat agar bola tidak direbut lawan. Saat mengoper bola, pastikan pantulan bola mengarah tepat ke posisi teman agar mudah ditangkap atau dikuasai. Saat melakukan gerakan mendorong, kaki ditekuk untuk menjaga keseimbangan dan memperkuat dorongan.
d. Memegang dan Melemparkan Bola dengan Meluruskan Lengan

Amatilah Gambar 1.16 dengan saksama. Bagaimana cara melakukan gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerakan manipulatif seperti Gambar 1.16? Carilah informasinya dari buku referensi atau internet mengenai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam mengoper bola menggunakan satu tangan di atas kepala (javaline pass).

2. Variasi Gerak Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Manipulatif

Amatilah Gambar 1.17 dengan saksama. Bagaimana variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam menangkap bola? Variasi gerak dasar nonlokomotor (menekuk kaki dan menekuk tangan) dengan kombinasi manipulatif (menangkap bola melambung) dilakukan menggunakan kedua tangan. Posisi awal berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri ditekuk, kemudian kedua tangan ditekuk. Pada saat bola mengenai telapak tangan, segera pegang bola dengan erat. Bola ditarik mendekat ke badan dengan menekuk siku untuk meredam laju bola.

3. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam menggiring bola? Gerakan ini dilakukan dengan variasi berjalan dan berlari dengan menggiring bola menggunakan satu tangan. Cara menggiring bola dengan memantul-mantulkan bola ke lantai. Gerakan ini bertujuan mencari peluang arah serangan, menerobos pertahanan lawan, serta mengatur tempo permainan. Amatilah variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak manipulatif dalam menggiring bola seperti Gambar 1.19.


Pada saat menggiring bola, lakukan sentuhan dengan jari-jari tangan sambil memantulkan bola. Pantulkan bola setinggi pinggang. Selain posisi tangan, kamu juga harus memperhatikan posisi badan.
Saat menggiring bola, badan sedikit dicondongkan ke depan untuk memudahkan penguasaan bola. 

4. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Bola Basket

a. Menembak Bola ke Ring Basket dengan Melangkah dan Melompat
Dalam permainan bola basket, kamu dapat melakukan variasi (melangkah dan melompat) dengan kombinasi gerak dasar manipulatif (menembak bola ke ring basket). Bagaimana caranya? Amatilah Gambar 1.20 dengan cermat.
Caranya, melangkah diikuti melompat dengan memegang bola di atas kepala dengan kedua tangan. Ikuti gerakan mendorong bola untuk diarahkan ke ring basket (shooting). Lepaskan tangan kiri dari bola dan tangan kanan mendorong bola ke arah ring basket. Dengan cara ini, laju bola membentuk parabola. Posisi akhir, berdiri dan telapak tangan menghadap bawah.

b. Menembak Bola ke Ring Basket dengan Melangkah dan Melompat
Bagaimana variasi gerak menembak bola ke ring basket dengan kombinasi melangkah dan melompat (lokomotor)? Dalam permainan bola basket, variasi dan kombinasi gerak tersebut tampak pada gerakan
lay up shoot. Amatilah variasi dan kombinasi gerak dasar seperti gambar berikut.
Gambar 1.21 menunjukkan gerakan lay up shoot. Gerakan ini dilakukan dari sisi kiri atau kanan ring. Bola dipegang dengan dua tangan di depan dada. Langkahkan kaki pertama dengan lebar, kemudian langkah kaki kedua lebih pendek. Lanjutkan dengan melompat setinggi-tingginya untuk mendekati ring. Saat mencapai titik lompatan tertinggi, tembaklah bola dengan satu tangan. Akhiri gerakan dengan mendarat di bawah ring, kaki mengeper.

c. Melangkah dan Melompat dengan Rebound
Dalam permainan bola basket, dikenal istilah rebound. Rebound adalah gerakan menangkap bola setelah bola mengenai papan pantul atau ring. Bola pantul dihasilkan jika tembakan tidak masuk ring. Pemain akan melakukan variasi melangkah dan melompat untuk menangkap bola pantulan. 

Basket 3 on 3
Basket 3 on 3 disebut street basketball. Pada permainan basket 3 on 3, setiap tim terdiri atas empat pemain. Sebanyak tiga pemain berada di lapangan, sedangkan satu pemain sebagai cadangan. Peraturan yang berlaku dalam basket 3 on 3 mengacu peraturan FIBA 3 × 3 Official Rules. Waktu pertandingan basket 3 on 3 terbagi menjadi tiga babak. Babak pertama adalah babak penyisihan yang berlangsung selama 10 menit. Babak kedua atau babak semifinal berlangsung selama 10 menit. Babak final ditentukan saat bola mati atau saat melakukan lemparan bebas (free throw). Dalam basket 3 on 3, luas lapangan sebagai area pertandingan setengah dari lapangan bola basket. Tim yang berhasil mencetak 33 poin sebelum waktu habis sebagai pemenang.


1. Permainan bola besar meliputi permainan sepak bola, bola voli, dan bola basket dapat meningkatkan kebugaran jasmani jika dilakukan secara rutin. Pada permainan bola besar, terdapat variasi gerak dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

2. Variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola sebagai berikut.
a. Berjalan dan berlari dengan menendang bola.
b. Variasi berlari dan melompat dengan kombinasi menendang bola ke arah gawang (shooting).
c. Variasi berjalan dan berlari dengan kombinasi menggiring bola.
d. Variasi berlari dan melompat dengan kombinasi menyundul bola.

3. Variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola.
a. Menekuk dan menarik kaki dengan menghentikan bola.
b. Berdiri dan meliukkan badan dengan menghentikan bola menggunakan dada.
c. Membungkuk dan mengayun kaki dalam menendang bola.

4. Variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola voli.
a. Berjalan pelan dan berjalan cepat dengan memukul bola dalam servis bawah.
b. Berjalan dan melompat dengan memukul bola dalam servis atas.

5. Variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola voli.
a. Menekuk kaki dan mengayun lengan dengan memantulkan bola dalam passing bawah.
b. Menekuk kaki dan mengayun lengan dengan mendorong bola dalam passing atas.

6. Variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan bola basket.
a. Memegang dan mengoper bola atas dengan Kombinasi meluruskan lengan.
b. Memegang dan mengoper bola dengan kombinasi meluruskan lengan.
c. Memegang dan memantulkan bola dengan kombinasi meluruskan lengan.
d. Memegang dan mengoperkan bola menggunakan satu tangan di atas kepala

7. Variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola basket.
a. Menembak bola ke ring basket dengan melangkah dan melompat.
b. Menembak bola ke ring basket dengan melangkah dan melompat.
c. Variasi gerak lokomotor melangkah dan melompat dengan kombinasi gerak manipulatif rebound.

Posting Komentar

0 Komentar