5 Nutrisi yang Meningkatkan Kesehatan Jantung yang Optimal (Beberapa Mungkin Mengejutkan Anda)*

Situsartikel92.com, Pedoman umum untuk mempromosikan kesehatan jantung bisa jadi agak kabur. Ya, sering berolahraga dan makan makanan yang seimbang membantu mendukung kesehatan seluruh tubuh, tetapi bagaimana kita bisa menyelam lebih dalam untuk memastikan kita benar-benar mendukung jantung kita?

Ternyata ada beberapa nutrisi penting yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan cara yang ditargetkan dan banyak sekali (beberapa di antaranya mungkin mengejutkan Anda).

Omega-3

Jadi kelompok nutrisi khusus ini dan manfaat kesehatan jantungnya yang komprehensif tidak mengejutkan (omega-3 diakui sebagai pendukung sistem kardiovaskular). Tetapi asam lemak ini sebagian besar kurang dikonsumsi oleh orang Indonesia dan patut mendapat perhatian kita. Terlepas dari itu, mereka adalah pembangkit tenaga sejati dalam hal mendukung jantung yang sehat.

Omega-3 membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan tingkat tekanan darah yang sehat. Faktanya, omega-3 laut dosis tinggi (yaitu, setidaknya 800 miligram EPA + DHA per porsi) dari suplemen minyak ikan terkait dengan hasil kesehatan kardiovaskular yang positif.

Selain itu, omega-3 membantu meningkatkan kadar trigliserida dan detak jantung yang sehat, yang keduanya berkontribusi pada efek kardioprotektif mereka secara keseluruhan. Dengan kata lain, jika Anda mencari nutrisi untuk meningkatkan kesehatan jantung, Anda mungkin ingin memulai dengan suplemen omega-3 berkualitas tinggi.

Folat

Sekarang kita bisa masuk ke nutrisi yang mengejutkan! Folat, alias vitamin B9, vitamin ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan cara yang sangat efektif. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar homosistein, yang tidak menjadi masalah bagi mereka yang memiliki siklus metilasi yang sehat.

Apa itu metilasi, Anda bertanya? Dan apa hubungannya dengan hati? Nah, metilasi adalah proses biokimia penting yang melibatkan transfer gugus metil ke dan dari berbagai senyawa bioaktif dalam tubuh.

Bentuk folat yang dimetilasi (alias bioaktif), 5-MTHF, digunakan untuk berbagai fungsi di seluruh tubuh termasuk menjaga kadar homosistein tetap terkendali (yaitu, dengan menggerakkannya dalam siklus metionin, untuk semua pecinta biokimia). Tingkat homosistein normal berhubungan dengan fungsi jantung yang sehat, itulah sebabnya folat (bentuk folat yang ditemukan dalam suplemen: asam folat, terutama ketika dalam bentuk aktifnya 5-MTHF) sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung, di antara sejumlah bidang kesehatan lainnya.

Vitamin C

Vitamin C membantu mendukung kesehatan jantung dengan berbagai cara, berkat sifat antioksidan kuat yang membantu vitamin esensial memadamkan radikal bebas dan memerangi stres oksidatif.

Selain tindakan antioksidan dan anti-inflamasi, vitamin C mendukung fungsi endotel, integritas pembuluh darah, kesehatan pembuluh darah, dan bahkan meningkatkan tingkat tekanan darah yang sehat semuanya memiliki dampak mendalam tidak hanya pada kesehatan jantung, tetapi juga umur panjang.

Resveratrol

Jika Anda belum pernah mendengar tentang fitonutrien yang luar biasa ini. Ditemukan dalam anggur, cokelat, dan tumbuhan utama (misalnya, ekstrak knotweed Jepang), para peneliti percaya bahwa resveratrol adalah rahasia di balik The French Paradox: penjajaran dari diet standar Prancis, yang tinggi lemak jenuh dan anggur merah, dan tingkat masalah kesehatan jantung yang relatif rendah di antara penduduk Prancis.

Penjelasan ilmiah untuk The French Paradox? Seperti vitamin C, resveratrol membantu mengatur tingkat tekanan darah yang sehat dan mendukung fungsi pembuluh darah dan endotel. Selain itu, resveratrol memiliki sifat antioksidan yang menghambat stres oksidatif pembuluh darah dan membantu menjaga keseimbangan antioksidan yang sehat.

Meskipun resveratrol sangat bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular dan seluruh tubuh kita, tapi bioavailabilitasnya terbatas. Untuk membantu meningkatkan bioaktivitas dan retensi resveratrol dalam formula multivitamin, kami telah menambahkan temannya yaitu fitonutrien, piperine, sehingga keduanya dapat bekerja sama untuk memberikan umur panjang dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Likopen

Lycopene adalah botani pemacu umur panjang yang luar biasa dari multi komprehensif yang memberikan efek jantung sehat ketika dikonsumsi melalui makanan dan suplemen yang telah ditargetkan. Tindakan kardioprotektifnya termasuk memberikan tingkat LDL yang sehat kolesterol, memodulasi produksi sitokin, dan mendukung aliran darah, sementara suplemen secara khusus dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang sehat.

Selain itu, ahli diet terdaftar Jess Cording, MS, RD, CDN sebelumnya mengatakan, bahwa penelitian yang mendukung kemampuan likopen untuk meningkatkan hasil kesehatan jantung untuk individu dengan kebutuhan dukungan kesehatan kardiovaskular terfokus sangat luas. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung Anda, tambahkan beberapa tomat pada makanan Anda minggu ini untuk menuai manfaat kardiovaskular dari likopen.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar